Friday, March 11, 2016

Inilah 7 Perbedaan Etika dan Moral

Posted by Unknown on Friday, March 11, 2016

Perbedaan Etika dan Moral - Perbedaan etika dan moral terlihat jelas dari makna yang terkandung dalam masing-masing istilah tersebut. Namun, keduanya benar-benar mendefinisikan mengenai kepribadian, sikap dan perilaku seseorang. Moral berasal dari bahasa Yunani, yaitu mos yang berarti kebiasaan. Di sisi lain, jika kita berbicara tentang etika, juga berasal dari kata Yunani, yaitu ethos yang berarti karakter. Sekarang mari mengenal lebih lanjut mengenai perbandingan antara etika dan moral.

perbedaan etika dan moral beserta contohnya,perbedaan etika dan moral menurut para ahli,contoh etika dan moral,pengertian etika dan moral,persamaan etika dan moral,

Baca juga: Perbedaan Hak Asasi Manusia Dengan Hak Warga Negara

Perbedaan etika dan moral terlihat dari penerapannya di masyarakat. Etika adalah cabang filsafat yang berhubungan dengan prinsip-prinsip perilaku individu atau kelompok. Etika bekerja sebagai prinsip untuk memutuskan apa yang baik atau buruk. Selain itu, etika adalah standar yang mengatur kehidupan seseorang. Beberapa contoh bentuk etika adalah kebenaran, kejujuran, loyalitas, saling menghormati, keadilan, dan integritas.

Moral adalah keyakinan sosial, budaya dan agama atau nilai-nilai dari individu atau kelompok yang memberitahu kita apa yang benar atau salah. Mereka adalah aturan dan standar yang dibuat oleh masyarakat atau budaya yang akan diikuti oleh manusia saat memutuskan apa yang benar dan yang salah. Ini sekaligus menjadi perbedaan etika dan moral yang utama. Beberapa contohnya, antara lain bertindak jujur, taat, sabar, selalu mengatakan kebenaran dan bermurah hati.

perbedaan etika dan moral beserta contohnya,perbedaan etika dan moral menurut para ahli,contoh etika dan moral,pengertian etika dan moral,persamaan etika dan moral,

Perbedaan etika dan moral seringkali nampak pada hukum moral yang dianggap kontroversial. Moral lebih condong dan mengacu pada keyakinan, suatu aturan yang dianggap tepat untuk situasi apapun. Namun, apa yang benar secara moral mungkin tidak selalu sesuai dengan etika yang dibangun manusia. Misalnya saja, hukum cambuk bagi pelaku zina dalam norma agama merupakan aturan yang benar. Namun, hal tersebut dianggap tidak beretika. Dari sini, dapat kita simpulkan bahwa perbedaan etika dan moral yang paling utama adalah sebagai berikut ini. 

Perbedaan Mendasar Dari Etika Dan Moral

1. Moral berkaitan dengan apa yang benar atau salah. Etika berkaitan dengan apa yang baik atau jahat. Hal ini menjadi perbedaan etika dan moral yang utama.

2. Moral ditentukan oleh masyarakat, budaya atau agama sementara Etika dipilih oleh orang itu sendiri yang mengatur hidupnya.

3. Sebagaimana moral itu terbentuk dan dirancang oleh kelompok, tidak ada pilihan untuk berpikir dan memilih, individu dapat menerima atau menolak. Sebaliknya, orang-orang bebas untuk berpikir dan memilih prinsip-prinsip hidupnya dalam etika.

4. Perbedaan etika dan moral lainnya, yaitu moral mungkin berbeda dari masyarakat ke masyarakat maupun budaya ke budaya. Berlawanan dengan Etika, yang tetap sama terlepas dari budaya, agama atau masyarakat.

5. Moral tidak memiliki penerapan apapun untuk bisnis, sedangkan Etika sangat dapat diterapkan secara luas dalam bisnis yang dikenal dengan nama etika bisnis.
Selain itu, kita juga bisa melihat perbedaan antara etika dan moral dapat dilihat dari dasar perbandingan di bawah ini:

1. Perbedaan etika dan moral berdasarkan artinya

Etika merupakan prinsip-prinsip yang membantu tindakan manusia atau kelompok atau budaya tertentu atau untuk memutuskan apa yang baik atau buruk. Sedangkan moral adalah keyakinan dari individu atau kelompok seperti apa yang benar atau salah. Pada akhirnya moralitas digunakan sebagai kompas pribadi untuk melakukan tindakan yang benar atau salah.

2. Perbedaan etika dan moral berdasarkan konsistensinya

Etika umumnya seragam dan tergantung pada orang lain untuk mendefinisikannya. Prinsip ini cenderung konsisten dalam konteks tertentu, tetapi dapat bervariasi antara konteks satu dengan yang lainnya. Sedangkan moral mungkin berbeda dari satu masyarakat ke masyarakat lainnya maupun suatu budaya ke budaya yang lain. Biasanya aturan ini konsisten, meskipun dapat berubah jika keyakinan dari individu itu sendiri berubah.

Berikut adalah contoh kalimat untuk mengetahui perbedaan etika dan moral, antara lain:
1. Jika ada anak seorang politisi melakukan kejahatan, kemudian ia menggunakan kekuatannya untuk membebaskan anaknya dari konsekuensi hukum, maka tindakan ini tidak bermoral karena politisi sedang mencoba untuk menyelamatkan pelakunya.

2. Sebuah toko kelontong menjual produk tercemar kepada pelanggan dalam rangka untuk mendapatkan keuntungan lebih. Tindakan tidak bermoral dan tidak etis ini terlihat dari kecurangan yang dilakukan kepada pelanggan dan mengkhianati profesinya pada waktu yang sama.

Setiap individu memiliki perbedaan etika dan moral yang membantu dirinya sepanjang hidupnya untuk mengatasi masalah dalam situasi yang merugikan. Itu lebih dikenal sebagai etika. Di sisi lain, dalam moral tidak ada aturan keras dan cepat atau sangat kaku, tetapi merupakan aturan yang mayoritas orang menganggapnya sebagai hak. Itulah sebabnya keduanya dapat diterima secara luas oleh masyarakat. Ini semua untuk membedakan moral dari etika.

Itulah beberapa hal yang bisa digunakan untuk membedakan antara etika dan moral. Semoga pembahasan mengenai perbedaan etika dan moral tersebut membuat kita lebih memahami kedua hal tersebut. Semoga bermanfaat.

Previous
« Prev Post