Inilah Perbedaan Gojek dan Grab yang Perlu Diketahui


Kalian sudah gak asing lagi dengan aplikasi ojek online bernama Gojek dan Grab? Nah, aplikasi yang menyediakan layanan ojek online ini cukup populer di kalangan masyarakat. Gojek dan Grab sendiri gak hanya sekedar menyediakan layanan ojek online namun juga ada beberapa fitur dan jasa lainnya yang ditwarkan, seperti memesan makanan sampai memesan taxi online. Namun, tahukah kalian bahwa Gojek dan Grab memiliki beberapa perbedaan? Ya, meskipun keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang sama, namun dari segi pembayaran, fitur, dan juga layanannya pun ada perbedaan. Maka dari itulah kali ini Carisinyal akan memaparkan beberapa perbedaan Gojek dan Grab yang perlu kalian ketahui. Penasaran? Berikut simak terus ulasannya di Carisinyal ya. 

Inilah Perbedaan Gojek dan Grab yang Perlu Diketahui

4 Macam Perbedaan Gojek dan Grab 

1. Perbedaan Pada Tarif Ojek Online-nya

Perbedaan tarif ialah menjadi salah satu hal yang cukup menarik untuk dibahas antara Gojek dan juga Grab. Untuk perbedaan tarif sendiri sebenarnya gak terlalu signifikan atau memiliki perbedaan yang terlalu menonjol. Berikut Carisinyal memaparkan perbedaan Gojek dan Grab berdasarkan tariff / biaya. 

Tarif Gojek 

Seperti yang telah dipaparkan pada paragraf sebelumnya, meskipun terlihat sama namun baik Gojek maupun Grab memiliki tarif yang berbeda lho. Dilansir berdasarkan informasi Tekno Kompas bahwa Gojek memiliki tarif dasar sebesar 12.000 rupiah untuk perjalanan 1-10KM. 

Nah, jika kalian melakukan perjalanan 11-15KM maka Gojek mematok tarif sebesar 15.000 rupiah. Namun, jika kalian melakukan perjalanan lebih dari 15KM, maka Gojek akan menambahkan biaya 2.000 rupiah untuk tambahan per satu kilometernya. 

Tarif tersebut berlaku pada jam-jam biasa dan bukan jam sibuk. Jika pada saat jam sibuk (rush hour) maka ada biaya yang berbeda. Untuk di jam sibuk, kalian akan dikenakan biaya tambahan sebesar 5.000 rupiah. Artinya, kalian akan membayar tarif lebih mahal jika dibandingkan dengan kalian menggunakan Gojek di jam-jam biasanya. 

Tarif Grab Bike 

Nah, selanjutnya ialah Grab Bike. Layanan Grab Bike ini mematok tarif berdasarkan jarak tempuh. Untuk tarif per kilometer Grab Bike sendiri yakni 1.500 rupiah. Namun, Grab Bike juga menentukan tarif minimum yang harus dibayar yakni Rp 10.000. 

Misalnya, kalian memiliki jarak tempuh hanya 5 kilometer, maka 5 X 1.500 = 7.500. Namun kalian gak akan membayar 7.500 melainkan harus membayar 10.000 rupiah. Sebab, Grab Bike mematok tarif minimum sebesar 10.000 rupiah. Jadi, jika perjalanan kalian memiliki jarak tempuh di bawah 10.000 rupiah, maka kalian akan tetap membayar sesuai dengan tarif minimum yakni Rp 10.000. 

Namun, jika kalian melakukan perjalanan dengan tarif lebih dari 10.000 rupiah maka penggunanya akan membayar sesuai jarak yang ditempuh. Misalnya, kalian melakukan perjalanan 9 kilometer maka 9 X 1.500 = 13.500 rupiah. 

Untuk Grab Bike sendiri juga sama seperti Gojek yakni memberikan harga yang berbeda di jam-jam tertentu. Pengguna Grab Bike harus membayar tarif tambahan sebesar 5.000 rupiah di hari Senin sampai Jumat pada jam 06.00 – 09.00 dan jam 16.00 – 19.00 (rush hour). 

2. Perbedaan Pada Tarif Taxi Online-nya 

Selain memiliki perbedaan pada tarif ojek online-nya, ternyata perbedaan Gojek dan Grab juga terletak pada tarif taxi online-nya lho. Baik Gojek maupun Grab juga memiliki tarif khusus untuk jam-jam sibuk (rush hour). Nah, berikut paparan mengenai perbedaan pada tarif Go-car dan Grab Car. 

Tarif Go-car

Seperti yang diketahui bahwa aplikasi Gojek gak hanya menyediakan jasa ojek online saja, Gojek juga menyediakan fasilitas Go-car dimana kalian bisa memesan taxi secara online. Dalam aplikasinya, Go-car ini memiliki tarif minimum Rp 10.000 untuk perjalanan 1 – 2.85 KM. 

Sedangkan bagi kalian yang menempuh perjalanan lebih dari 2.85 KM, maka akan dikenakan biaya 3.500 per kilometernya. Namun, tarif tersebut hanya berlaku di waktu-waktu biasa saja. Jika kalian menggunakan Go-car di jam sibuk maka akan dikenakan biaya 4.250 per kilometer untuk perjalanan lebih dari 2.35 KM. 

Tarif Grab-car

gak hanya Gojek saja yang memiliki layanan taxi online, Grab juga memiliki layanan taxi online dengan harga yang cukup kompetitif. Dalam layanannya, Grab-car mematok tarif minimum yang sama dengan Go-Car yakni 10.000 rupiah. 

Namun, untuk tarif perkilometernya, Grab-car memiliki tarif sebesar 4.000 rupiah. Jadi, jika kalian melakukan perjalanan 2 KM dengan biaya 8.000 rupiah, maka kalian akan tetap membayar 10.000 rupiah. Untuk di jam sibuk, Grab-Car menentukan tarif berdasarkan persediaan, permintaan lokasi, dan kondisi cuaca. Belum diketahui pasti tarif untuk di jam sibuknya. 

3. Perbedaan Pada Jenis Layanan 

Selain memiliki tarif yang berbeda, ternyata Gojek dan juga Grab juga memiliki jenis layanan yang berbeda. Mungkin bagi kalian pengguna aktif Gojek atau Grab sudah mengetahui beberapa perbedaannya. Nah, berikut akan Kami ulas beberapa perbedaan Gojek dan Grab dalam hal layanannya. 

Jenis Layanan Gojek 

Sampai saat ini Gojek sendiri bukan hanya menyediakan layanan transportasi online saja. Pasalnya, Gojek telah memiliki sekitar 17 jenis layanan yang akan memudahkan penggunanya. Selain Gojek dan Go-car, pada aplikasi Gojek juga terdapat jenis layanan lainnya. 

Layanan yang ada pada aplikasi Gojek sangat bervariasi yakni berupa Go-Bluebird, Go-Food, Go-Send, Go-Pulsam Go-Bills, Go-Shop, Go-Mart, Go-Tix, Go-Box, Go-Massage, Go-Clean, Go-Glam, Go-Auto, Go-Med, dan Go-Busway. 

Dengan semua jenis layanan tersebut, pengguna akan lebih dimanjakan dalam berbelanja, memesan tiket, sampai memperbaiki mobil. Untuk cara menggunakan aplikasi Gojek pun cukup mudah. Namun sayangnya semua layanan tersebut belum bisa dinikmati di semua kota. Hanya beberapa kota saja yang sudah bisa menikmati semua jenis layanan dari Gojek tersebut. 

Jenis Layanan Grab 

Memang Grab gak memiliki layanan selengkap Gojek. Meskipun begitu, Grab juga memiliki beberapa layanan dan fasilitas yang bisa dinikmati oleh para penggunanya. Untuk saat ini, Grab sudah memiliki 3 layanan utama yang siap memudahkan segala jenis aktivitas pengguna Grab. 

Ketiga jenis layanan tersebut dikategorikan sebagai Transport, Food, dan Delivery. Untuk jenis layanan transport, grab membaginya ke dalam empat fasilitas yakni GrabBike, GrabTaxi, GrabHitch (Nebeng) Car, dan GrabHitch (Nebeng) Bike. 

Namun untuk fasilitas (Nebeng) mungkin baru tersedia di beberapa kota saja. Begitupun juga dengan layanan Food dan juga Delivery yang hanya avail di beberapa kota saja. Akan tetapi secara keseluruhan Grab juga ialah sebuah aplikasi yang mudah digunakan, klik di sini untuk baca artikel cara menggunakan Grab. 

4. Perbedaan Pada Fiturnya

Perbedaan Gojek dan Grab gak berhenti sampai jenis layanannya saja. Kedua aplikasi transpotasi online tersebut juga memiliki fitur yang berbeda. Namun, keduanya sama-sama bisa digunakan secara mudah dan gak ribet. Berikut ulasan perbedaan pada fitur Gojek dan Grab. 

Fitur Gojek 

Jika kalian memasuki aplikasi Gojek, maka kalian akan disuguhkan oleh 4 menu utama yakni Home, History, Help, dan My Account. Pada menu Home, kalian bisa memilih jenis layanan yang ada pada Gojek. gak hanya itu saja, menu Home ini juga akan menunjukan saldo Go-Pay dan juga Go-Points kalian. 

Sedangkan pada menu History ialah fitur dimana kalian bisa melihat progress perjalanan atau pemesanan layanan Gojek. Di dalam menu History terdapat dua fitur yakni In-Progress yang artinya layanan Gojek yang kalian pilih belum selesai. Dan yang kedua ialah completed yang artinya semua layanan Gojek kalian sudah selesai 

Pada menu Help terdapat informasi mengenai semua layanan yang ada pada Gojek. Sedangkan pada menu My Account menjelaskan mengenai akun Gojek kalian. Cukup lengkap dan mudha untuk menggunakannya bukan? 

Fitur Grab 

Perbedaan fitur yang ada pada Grab gak jauh dengan fitur yang ada pada Gojek. Pada aplikasi Grab juga memiliki fitur untuk membayar layanan Grab menggunakan Grab-Pay dan juga Cash. Juga, Grab memiliki fitur history untuk melihat layanan yang sudah kalian pesan. 

Uniknya, Grab memiliki sebuah fitur booking. Fitur tersebut bisa digunakan oleh konsumen untuk melakukan booking baik untuk GrabBike atau GrabCar. Jadi, dengan fitur booking, kalian bisa memesan transportasi online untuk kalian gunakan di lain waktu. Tak hanya itu saja, Grab juga memiliki fitur points dimana bisa digunakan untuk voucher atau diskon lainnya. 

Nah itulah 4 perbedaan Gojek dan Grab yang telah dibahas oleh Carisinyal. Baik Gojek dan Grab memiliki fungsi dan tujuan yang sama. Kini, kalian bisa memilih antara Gojek dan Grab sesuai dengan kebutuhan kalian. Mana yang kalian pilih? Gojek atau Grab?