7 Perbedaan IPhone Dan Android Yang mesti kalian Tahu


Sepertinya Phone semakin banyak digemari Benar gak sih ?

Jika kalian termasuk mereka yang penasaran akan hal itu, tentu kalian sedang mencari apa kiranya dibalik fenomena tersebut. Banyak yang bertanya apa kelebihan iPhone sehingga Smartphone Ini sangat populer saat ini.

Terkadang ada keinginan untuk ikut-ikutan membeli iPhone, namun masih mempertimbangkan adakah perbedaan yang akan didapatkan nanti. Mengingat harga iPhone yang mahal tentu sangat menyesal jika manfaat yang didapatkan gak seimbang dengan uang yang dikeluarkan.

7 Perbedaan IPhone Dan Android Yang mesti kalian Tahu

Untuk itulah hal ini mesti benar-benar dipahami jika kalian berada dalam situasi tersebut. Mengerti perbedaan iPhone dan Android sehingga keputusan yang kalian ambil nantinya benar-benar baik. Bukan karena ikut-ikutan, bukan karena gaya-gayaan tapi benar kena manfaatnya.Beda iPHone dan android

Mengetahui perbedaan iPhone dan Android juga penting sebab bisa jadi terdapat sesuatu yang kalian benci dan itu ada di iPhone jika sebelumnya kalian nyaman dengan Android dan kalian akan mengurungkan niat untuk ikut membeli iPhone. Ataupun sebaliknya dengan mengetahui perbedaan iPhone dan Android bisa jadi yang selama ini kalian benci di Android gak akan kalian dapatkan di iPhone dan kalian akan mantap memilih iPhone.

Segaknya ada 7 perbedaan Android dan iPhone. 7 Perbedaan yang akan membuat pemahaman tentang iPhone menjadi jelas, dan mengetahui bagaimana iPhone itu bekerja, bagaimana aplikasi-aplikasi di iPhone, mengapa harganya mahal, dan sebagainya.

1. IPhone ialah Merek Perangkat, Sedangkan Android ialah Nama Sistem Operasi

Inilah yang salah kaprah sebenarnya, iPhone gak semestinya disandingkan dengan Android. Karena iPhone ialah merek yaitu merk dari sebuah smartphone yang diproduksi oleh Apple sedangkan Android ialah sebuah sistem operasi atau software yang di buat Google.

Jika kita ingin berbicara tentang Android maka pesaingnya ialah iOS (yang hanya ada di iPhone), Windows Phone, Ubuntu ,Java ,Symbian, Bada dan lainnya.

Gambaran jelasnya jika kalian pengguna komputer maka akan menemui windows, ubuntu, linux, Mac, Chrome dan lainnya.

Kemudian Jika kita ingin membicarakan iPhone maka sejajar dengan Samsung Galaxy, Lumia, HTC, Evercross, Smartfren dan sebagainya.

Bedanya, iPhone hanya menjalankan iOS sedangkan selain iPhone menjalankan Android ada juga Windows Phone ada juga Java dan gak pernah menjalankan iOS karena iOS ialah khusus untuk iPhone.

2. IPhone Exlusive, Android Open

Sejauh ini hanya iPhone yang saya tahu merupakan gadget yang diproduksi oleh 1 pabrik yaitu Apple. Jadi gak ada dan gak pernah iPhone diproduksi oleh pabrik selain Apple. Dan gak pernah juga apple membuat smartphone selain iPhone.

Sehingga hal itu menyebabkan iPhone berada dalam satu manajemen yang eksklusif semua kebijakan diatur dan diawasi oleh Apple begitu juga dengan peningkatan kinerja yang selalu dipantau. Hal ini menyebabkan iPhone selalu mendapat perhatian penuh oleh apple karena iPhone ialah satu-satunya smartphone yang di buat apple. Baik itu bahan yang digunakan, aplikasi yang di ijjinkan, sampai keamanan. Setiap hari mereka hanya bekerja untuk iPhone.

Beda dengan pabrik lain, misal samsung. Selain dia mesti merawat samsung galaxy, tapi dia juga mesti merawat tipe samsung windowsphone, ada juga samsung Bada, ada lagi tipe low end nya. Belum sampai disitu tipe galaxy juga sangat banyak.

Dari situ paham ya…

Apple akan fokus ke satu gadget saja dan menyebabkan iPhone sangat terawat. Jadi gak heran kalau iPhone akan mendapat support lebih lama bisa sampai 5 atau 8 tahun.

Bandingkan dengan Android,

Android diproduksi oleh puluhan pabrik smartphone sehingga proses pengawasan terhadap support dan kualitas menjadi pilihan setiap pabrik pembuat. Dimana setiap pabrik memiliki standar masing-masing.

Keuntungan dari hal ini ialah harganya bisa sangat murah tergantung kebijakan setiap vendor.

Jadi antara iPhone dan Android ialah hal yang berbeda. Di produksi oleh pabrik yang berbeda dan gak pernah pabrik yang membuat Android akan membuat iPhone begitu juga apple yaitu pabrik iPhone gak pernah membuat Android.

3. IOS Berbeda Dengan Android

iOS ialah iOS dan Android ialah Android antara keduanya berbeda iOS hanya digunakan oleh iPhone dan Android digunakan oleh banyak smartphone.

gak pernah bisa aplikasi Android di install iPhone begitu juga sebaliknya.

…lalu Apakah aplikasi yang ada di Android gak ada di iPhone?

gak demikian, karena si pembuat aplikasi akan membuat dua versi aplikasi sehingga aplikasi yang ada di android biasanya juga ada di iPhone.

Bagaimana dengan harga aplikasi di iPhone? apakah berbayar semua?

gak, hanya saja karena iPhone hanya di kuasai oleh apple maka gak akan gampang membuat aplikasi gratis dan ecek-ecek untuk bisa di install di iPhone. Semua mesti melalui apple, apple akan mengecek satu-satu dan menampilkannya di toko aplikasi apple jika memang layak di tampilkan. Gratis jika mesti gratis dan berbayar jika aplikasi itu sangat bernilai.

Tapi untuk aplikasi populer seperti facebook, BBM, Twitter dkk tetap gratis.

Perbedaan ini juga menyebabkan kebutuhan akan spesifikasi juga berbeda. Jadi jika kalian membandingkan kenapa RAM iPhone kecil dan dibandingkan dengan android yang memiliki RAM berlipat-lipat maka itu salah. iOS membutuhkan konsumsi RAM yang lebih sedikit berbeda dengan android. Jadi memang beda.

4. Punya IPhone Seolah Wajib Punya Komputer

Kenapa?

…meskipun belakangan ini Cloud computing menjadi populer, namun karena harganya relatif mahal komputer desktop masih menjadi pilihan backup data. Mengapa iPhone sangat tergantung dengan komputer komputer?

Komputer disini bisa berbagai macam baik itu Windows atau-pun Mac. Karena iPhone memiliki sahabat sejati yaitu iTunes.

iTunes sebagai perantara perpindahan data baik itu music, video , books, podcast dan lainnya dari dunia luar ke iPhone. Jadi normalnya jika kalian ingin memindahkan music dari PC ke komputer, gambar, dan dokumen lainnya maka kalian memerlukan PC yang ter-install iTunes. Meskipun tanpa iTunes bisa tapi itu merupakan jalan pintas.

kalian bisa melakukan pencarian di menu search di website ini untuk menemukan cara memindahkan media tadi.

Tentu akan beda jika kalian merupakan pengguna cloud computing. kalian hanya perlu koneksi internet untuk mem-backup data dan memindahkan dokumen yang kalian inginkan.

5. IPhone Tanpa Memory External Dan gak Bisa Menjadi Storage External

iPhone gak memiliki slot memory external jadi saya sarankan untuk membeli iPhone minimal dengan kapasitas memory 16 GB atau 32 Gb lebih besar lagi lebih baik.

Lalu apa maksudnya iPhone gak bisa sebagai storage exsternal?

Pernah menyambungkan android ke komputer? tentu hasil mount nya sangat familiar. Memory android kita baik itu internal dan external akan terlihat seperti folder biasa dan kita dapat memasukkan file tipe apapun ke dalamnya dan untuk membukanya di android kita hanya butuh aplikasi explorer dan file terletak persis seperti dimana kita meletakkannya.

Ini berbeda jika di iPhone.

Ketika kalian menyambungkan iPhone ke komputer, maka gak ada memori yang akan tampil kecuali folder foto. Maka proses perpindahan file dari komputer ke iPhone gak bisa dilakukan sebagaimana melakukan di Android. Bisa dibilang memori yang ada di iPhone gak bisa kita gunakan untuk menyimpan berbagai macam file kecuali jika kita melakukan oprek pada iPhone.

Terkadang ini menjadi alasan beberapa orang gak mau membeli iPhone, padahal masalah memori ini bisa di tangani dengan memori external iPhone. kalian bisa membeli dan harganyapun terbilang standar.

6. Semua IPhone Dapat Update IOS Terbaru, Android Jarang

Jika kalian pengguna android pasti sangat paham akan gak bisa update ke sistem operasi yang terbaru android. Dan saya sangat paham banyak sekali pencarian mengenai bagaimana cara update android terbaru.

Hal yang berbeda jika kalian pengguna iPhone. kalian akan mendapat update iOS terbaru  versi berapapun iPhone yang kalian miliki. Asalkan iPhone tersebut masih dalam rentang umur penggunaan. Dan cara update-nya pun sangat gampang. kalian hanya perlu koneksi wifi dan update iOS pun dapat dilakukan selayaknya mendownload aplikasi biasa.

7. Spare Part IPhone Sangat Mahal, Dan gak Bisa Beli Di Sembarang Counter

Jika kalian mencari spare part iPhone yang asli maka kalian akan tercengang akan harganya. Sebagai contoh sebuah earphone asli untuk iPhone standar di hargai Rp 400rb, sebuah kepala charger dan kabel USB dihargai Rp 250rb, dan jika kalian mencari accessories untuk iPhone dengan merek ternama maka kalian akan menemui harga di atas 1jt rupiah.

Untuk membeli accessories yang asli kami sarankan kunjungi reseller autorized apple di kotamu.

Tentu itu akan berbeda jika device kalian ialah android.

Kebanyakan accessories tersebut memang ada di beberapa counter hp namun gak ada jaminan keasliannya. Untuk itu jika kalian ingin mendapatkan accessories iPhone dengan label asli maka tempat membelinya ialah di reseller resminya.

Itu dia 7 perbedaan iPhone dan android yang mesti kalian ketahui. Panjang dan sedikit membingungkan, namun gak ada tujuan lain dari penulis selain supaya memberi pencerahan. Maka jangan sungkan untuk komentar jika belum clear. Semoga bermanfaat.