Wednesday, February 19, 2020

Ini Perbedaan Mesin I-DSI dan I-VTEC (Honda Jazz, CR-V, Accord etc)

Posted by Anonymous on Wednesday, February 19, 2020

Sebenarnya itu perbedaan dalam struktur mesinnya saja yang
buat keduannya punya karakter masing masing

awalnya honda Jazz dibuat untuk city car jadi bukan buat kebut kebutan
mereka pikir mesin pake i-dsi sudah cukup

I-DSI adalah kepanjangan dari
intelligent-double sequential ignition https://hendrayulianto.com/blog/contoh-undangan-aqiqah
jadi dalam satu silinder ada dua busi
( persis kaya motor bsajaj pulsar tds-i )
keuntungannya ya pembakaran jadi lebih sempurna
setelah dibakar dengan busi pertama dibakar lagi dengan busi kedua
menjadikan mesin dengan tenaga yang sama dapat menghabiskan bahan bakar yang lebih sedikit kerugiannya adalah waktu pembakaran mesin menjadi lebih lama dan respon mesin agak lambat


Ini Perbedaan Mesin I-DSI dan I-VTEC (Honda Jazz, CR-V, Accord etc)

Mesin I-DSI

V-TEC adalah kepanjangan dari
variable valve timing and electronic lift control https://hendrayulianto.com/blog/wallpaper-hd-pc
itu adalah mekanisme pengatur katup masuk bahan bakar pada
tiap silinder mesin
gampangnya gini :
setiap mesin punya putaran yang beda2, ada yang putaran rendah, ada yang putaran tinggi, nah selama ini putaran itu hanya bergantung pada putaran engkol mesin ( DOHC ) atau twin cam, nah dengan vtec putaran itu diatur secara mekanis dan elektris jadi tergantung pada besaran tenaga yang dibutuhkan, ga melulu dari putaran mesin
bisa katupnya yang memanjang untuk memberi pasokan campuran bensin dan udara atau memberikan mekanisme pengaturan katup yang berbeda ketika putaran tinggi
keuntungannya adalah respon mesin yang baik dan tenaga yang besar,vtec ini sudah keluar dalam bentuk i-vtec dan sistem vtec ini merupakan saingan berat sistem vvt-i toyota dan vvt-nya suzuki tapi tiap sistem punya keunggulan dan kekurangan masing2


Ini Perbedaan Mesin I-DSI dan I-VTEC (Honda Jazz, CR-V, Accord etc)

Mekanisme Mesin I-VTEC

bahkan honda baru saja keluarin mesin yang lebih edan lagi pake VCM
( Variable Cylinder Management ) yang bisa mengatur brapa silinder saja yang bekerja, misal kalo lagi macet atau pelan cukup pake 2 silinder
tapi kl lagi kenceng pake 4 silinder, ya begitulah.. hehehehe…

masalah perbedaan ga terlalu jauh
itu hanyalah masalah fungsi saja
kl mau ngebut pake i-dsi ya pasti mikir2 dulu
kl mau irit pake vtec juga mikir2 dulu
oya vtec udah pake velg racing dan bukti mobil ini bisa lebih ngebut
udah dipasang rem cakram ama keempat rodanya

Semoga membantu untuk Mania Otomotif.

Newest
You are reading the newest post