Friday, March 11, 2016

Perbedaan Hak Asasi Manusia Dengan Hak Warga Negara

Posted by Unknown on Friday, March 11, 2016

Perbedaan Hak Asasi Manusia Dengan Hak Warga Negara - Perbedaan hak asasi manusia dengan hak warga negara saat ini masih diperdebatkan. Sebenarnya, kedua hak dasar tersebut memang memiliki karakteristik sendiri. Pada dasarnya hak asasi manusia dan hak warga negara dirancang untuk berdampingan satu sama lain, sehingga orang dapat memilih kehidupan mereka sendiri tanpa rasa takut akan mendapatkan penganiayaan, dan hak-hak ini berlaku untuk setiap orang di mana pun mereka hidup di dunia.

perbedaan kewajiban asasi dengan kewajiban warga negara,mengapa terjadi pelanggaran ham,penyebab terjadinya pelanggaran ham,jaminan ham dalam pancasila,

Baca juga: Inilah 4 Perbedaan iPhone 5 dan iPhone 5s Yang Utama

Perbedaan hak asasi manusia dengan hak warga negara bisa dilihat dari bentuk hak tersebut. Setiap individu berhak untuk mendapatkan hak-hak dasar tertentu, baik yang melekat atau diperoleh melalui konstitusi. Hak asasi manusia adalah hak yang berhak dinikmati oleh individu karena ia adalah manusia. Tidak ada pemerintah, lembaga, kelompok atau orang yang bisa menghilangkan hak asasi manusia untuk individu. Beberapa hak dasar manusia adalah hak untuk hidup, pendidikan, jejak yang adil, perlindungan dari penyiksaan dan kebebasan berekspresi.

Hak asasi manusia secara luas diterima oleh semua bagian negara setelah PBB mengumumkan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada tahun 1948 untuk memastikan bahwa kekejaman tersebut tidak terulang lagi. Deklarasi ini menetapkan sejumlah hak dan kebebasan yang semua orang berhak menerimanya, tak peduli apa kewarganegaraannya. Ini juga menjadi perbedaan hak asasi manusia dengan hak warga negara yang utama.

Hak-hak sipil adalah hak seorang individu berdasarkan kewarganegaraannya. Hak-hak sipil dilindungi oleh hukum negara tersebut. Perbedaan hak asasi manusia dengan hak warga negara adalah hak warga negara untuk melindungi individu dari diskriminasi dan tindakan yang tidak dapat dibenarkan oleh orang lain, pemerintah atau organisasi apapun. Memiliki dasar filosofis dan hukum, hak-hak sipil adalah perjanjian antara negara dan individu. 

Perbedaan hak asasi manusia dengan hak warga negara lainnya adalah hak asasi manusia tidak berbeda dari satu negara ke negara lain, sedangkan hak-hak sipil berbeda-beda, tergantung dari negara masing-masing. Hak-hak sipil pada dasarnya tergantung pada hukum negara. Sedangkan hak asasi manusia yang diterima terlepas dari kebangsaan, agama dan etnis universal. Meskipun ada perbedaan antara hak asasi manusia dan hak warga negara, keduanya adalah senjata utama untuk melindungi setiap manusia.

Berikut Perbedaan Hak Asasi Manusia Dengan Hak Warga Negara

1. Hak asasi manusia adalah hak-hak yang individu menikmati karena menjadi manusia. Hak-hak sipil adalah hak seorang individu menikmati berdasarkan kewarganegaraan.

2. Perbedaan hak asasi manusia dengan hak warga negara lainnya, yaitu tidak ada pemerintah lembaga, kelompok atau orang bisa menghilangkan hak asasi manusia untuk individu.

3. Hak-hak sipil melindungi individu dari diskriminasi dan tindakan yang tidak dapat dibenarkan oleh orang lain, pemerintah atau organisasi apapun.

4. Perbedaan hak asasi manusia dan hak warga negara yang lain, yaitu hak-hak sipil berkaitan dengan konstitusi masing-masing negara, sedangkan hak asasi manusia dianggap sebagai hak universal.

5. Hak asasi manusia yang diterima terlepas dari kebangsaan, agama dan etnis universal. Di sisi lain, hak-hak sipil dalam batas-batas hukum suatu negara, dan berkaitan dengan standar sosial, budaya, agama dan tradisional, dan aspek lainnya.

Dari perbedaan hak asasi manusia dengan hak warga negara diatas, bisa kita simpulkan bahwa hak-hak sipil berkaitan dengan konstitusi masing-masing negara, sedangkan hak asasi manusia dianggap sebagai hak universal. Sementara hak asasi manusia adalah hak dasar yang melekat dengan kelahiran, hak-hak sipil adalah penciptaan masyarakat. 

Perbedaan hak asasi manusia dengan hak warga negara lainnya, yaitu beberapa hak asasi manusia tidak bersyarat dan ada pula beberapa pembatasan yang berlaku. Hak atas perlindungan dari penyiksaan adalah hak mutlak, tetapi hak-hak tertentu yang telah ditetapkan terbatas. 

Contohnya adalah:

1. Hak untuk kebebasan dapat dibatasi jika seseorang telah dihukum karena kejahatan dan dijatuhi hukuman penjara. 

2. Hak untuk kebebasan berekspresi juga dapat dibatasi jika seseorang ditemukan menghasut kebencian rasial melalui tindakan mereka. 

Meskipun ada beberapa perbedaan hak asasi manusia dengan hak warga negara, namun pada dasarnya hak-hak sipil dan hak asasi manusia hidup berdampingan dan saling melengkapi satu sama lain untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih harmonis dan setara. Gerakan ini adalah kekuatan utama di balik kemenangan untuk hidup tanpa rasa takut diskriminasi warna kulit, ras, agama, jenis kelamin dan usia. 

Perbedaan hak asasi manusia dengan hak warga negara semestinya tidak menjadi penghalang ditegakkannya hak-hak tersebut untuk setiap individu. Karena, tanpa penegakan hak-hak manusia dan hak sipil warga negara, diskriminasi dan pelecehan kepada orang lain tanpa takut konsekuensi hukum akan merajalela. Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan hak asasi manusia dengan hak warga negara. Semoga bermanfaat.

Previous
« Prev Post