Rabu, 09 Maret 2016

Perbedaan Massa dan Berat

Perbedaan Massa dan Berat - Bagi orang yang masih awam mengenai fisika, mereka sering beranggapan bahwa antara massa dan berat adalah sama. Kesalahan yang paling sering terjadi yaitu menyebut massa sebagai berat, padahal antara keduanya berbeda. Perbedaan massa dan berat sebenarnya cukup banyak, hal itu menunjukkan bahwa antara keduanya memang tidak bisa disamakan dan sangat jelas perbedaannya. Akan sangat fatal jika seorang fisikawan sampai tidak mengetahui perbedaan massa dan berat, sebab ini merupakan pengetahuan dasar yang akan melandasi penerapan berbagai hukum fisika dalam kehidupan sehari-hari.

tabel perbedaan massa dan berat,perbedaan massa dan berat beserta contoh,kegunaan jangka sorong,perbedaan massa jenis dan berat jenis,jelaskan perbedaan antara massa dan berat,

Baca juga: Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Pada Hewan

Berikut ini Adalah Beberapa Hal Yang Menunjukkan Perbedaan Massa dan Berat

1. Pengertian massa dan berat

Perbedaan massa dan berat memiliki pengertian yang berbeda, dengan adanya perbedaan pengertian ini sebenarnya sudah cukup menunjukkan bahwa keduanya tidak sama. Massa adalah ukuran yang menunjukkan kelembaman atau kuantitas suatu zat yang terkandung pada suatu benda, sementara berat adalah sementara berat adalah besarnya gaya tarik bumi yang bekerja pada suatu benda. Dengan mengetahui perbedaan massa dan berat tersebut, maka dapat diketahui bahwa gaya tarik bumi memiliki pengaruh terhadap berat suatu benda.

2. Pengaruh gravitasi terhadap massa dan berat

Perbedaan massa dan berat selanjutnya bisa dilihat dari pengaruh gravitasi bumi. Massa suatu benda tidak terpengaruh oleh gaya tarik gravitasi bumi, sementara pada berat gravitasi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi gaya berat. Dengan mengetahui perbedaan massa dan berat ini, maka dapat diketahui bahwa massa nilainya relatif konstan atau tetap, sementara berat memiliki nilai yang tidak tetap.

tabel perbedaan massa dan berat,perbedaan massa dan berat beserta contoh,kegunaan jangka sorong,perbedaan massa jenis dan berat jenis,jelaskan perbedaan antara massa dan berat,

3. Jenis besaran pada massa dan berat

Jenis besaran adalah salah satu poin yang bisa menunjukkan perbedaan massa dan berat. Massa termasuk dalam besaran skalar, sementara berat termasuk dalam besaran vektor. Besaran skalar maksudnya besaran yang hanya memiliki nilai, sementara besaran vektor maksudnya adalah besaran yang memiliki nilai dan juga memiliki arah. Jenis besaran ini juga menunjukkan adanya perbedaan massa jenis dan berat jenis yang ada di suatu benda.

4. Pengaruh gaya terhadap perpindahan posisi benda

Perbedaan massa dan berat selanjutnya bisa dilihat dari pengaruh gaya yang bekerja pada suatu benda terhadap perpindahan posisi benda tersebut. Pada massa, semakin besar massanya maka semakin sulit pula benda tersebut untuk digerakkan. Sementara pada berat, besar atau kecilnya berat yang ada di suatu benda tergantung pada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Perbedaan massa dan berat tersebut bisa dilihat berdasarkan rumus fisika berikut ini: w= m x g. w adalah gaya berat, satuannya Newton. M adalah massa benda, satuannya kilogram. Dan g adalah percepatan gravitasi, satuannya m/s2.

5. Alat ukur

Alat ukur bisa menjadi pembeda antara massa dengan berat. Alat untuk mengukur massa adalah neraca, neraca ini bisa neraca yang banyak dipakai di pasar atau neraca untuk Ohaus. Selanjutnya untuk mengukur berat satuannya adalah neraca pegas. Neraca yang digunakan untuk mengukur besarnya nilai massa pada suatu benda bisa menggunakan neraca biasa atau neraca Ohaus jika ukuran benda tidak terlalu besar. Karena jenis timbangan yang digunakan untuk mengukur massa dan berat berbeda, maka satuan dari kedua nilai tersebut juga berbeda. Massa satuannya adalah Kg, dan berat satuannya adalah Newton (N).

6. Contohnya

Membahas mengenai perbedaan massa dan berat, tak lengkap rasanya jika tidak diberi contoh. Contohnya adalah seorang astronot. Astronot ketika masih berada di bumi maka tubuhnya lebih berat sehingga tubuhnya menempel di permukaan tanah, tetapi ketika tubuh tersebut jauh dari bumi maka tubuhnya seolah tidak memiliki berat sehingga bisa dengan mudah melayang-layang, hal itu karena dia jauh dari gravitasi bumi.

Demikianlah pembahasan mengenai 6 perbedaan massa dan berat. Setelah mengetahui mengenai perbedaan massa dan berat beserta contohnya tadi, semoga dapat menambah pengetahuan kita dan kita bisa membedakan antara keduanya. Setelah mengetahui bahwa massa dan berat sebenarnya dua hal yang tidak sama, maka jangan sampai Anda keliru ketika menyebutkan antara massa atau berat.