Selasa, 23 Februari 2016

Persamaan dan Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Persamaan dan Perbedaan Mitosis dan Meiosis - Apa perbedaan mitosis dan meiosis yang sering dibahas dalam pelajaran biologi? Pada dasarnya mitosis dan meiosis adalah proses untuk pembelahan sel. Dimana ada satu sel akan terbagi menjadi sel anak. Istilah khusus mengacu mitosis dan meiosis mengacu kepada proses pembelahan sel. Proses pembelahan sel dimana kromosom sel mengandung salinan informasi genetika organisme terbagi. Perbedaan mitosis dan meiosis berbeda caranya, termasuk di dalam jumlah sel anak yang diproduksi serta jumlah salinan genetika yang ada di dalam setiap sel anak tersebut.

perbedaan mitosis dan meiosis dalam bentuk tabel,tabel perbedaan mitosis dan meiosis,perbedaan mitosis dan meiosis wikipedia,perbedaan mitosis dan meiosis dalam tabel,

Baca juga: Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Pada Bidang Penelitian

Perbedaan Mitosis dan Meiosis Dalam Pengertian

Mitosis akan membantu menghasilkan 2 sel anak identik dengan sel induknya. Mengenai sel induk yang haploid maka sel anak juga akan haploid. Selain itu pembentukan sel anak yang diploid makan sel induknya juga diploid. Perlu Anda tahu pembelahan sel ini memungkinkan organisme multi sel dapat tumbuh dan memperbaiki jaringan yang telah rusak. Perbedaan mitosis dan meiosis tersebut merupakan pengertian dari mitosis. Sedangkan pengertian meiosis merupakan jenis pembelahan sel yang dapat berguna untuk reproduksi seksual. Sehingga perbedaan mitosis dan meiosis pdf bisa memungkinkan pembentukan gamet haploid yang fungsinya membentuk zigot.

Perbedaan Mitosis dan Meiosis Secara Umum

Berikut ini perbedaan antara mitosis dan meiosis secara umum sehingga dapat dipahami dengan mudah:

1. Jumlah divisi dan tujuan

Pada pembelahan jumlah divisi mitosis, mitosis akan mengalami hanya 1 kali divisi, sedangkan ketika proses pembelahan divisi meiosis maka akan mengalami jumlah divisinya sebanyak 2 kali. Tujuan dari pembelahan mitosis adalah berfungsi di dalam proses reproduksi aseksual guna pertumbuhan serta perbaikan sel yang rusak. Sedangkan tujuan pembelahan meiosis adalah untuk rekombinasi serta kegiatan bereproduksi. Sehingga jelas bahwa perbedaan mitosis dan meiosis dari segi jumlah divisi dan tujuan pembelahannya pun berbeda.

perbedaan mitosis dan meiosis dalam bentuk tabel,tabel perbedaan mitosis dan meiosis,perbedaan mitosis dan meiosis wikipedia,perbedaan mitosis dan meiosis dalam tabel,

2. Duplikasi isi dan crossing over

Perbedaan mitosis dan meiosis yang jelas terlihat selanjutnya yakni pada duplikasi isi dan crossing over. Jika pada pembelahan mitosis menduplikasi isi sel dari kromosom serta bahan sitoplasma selama proses pembelahannya. Sedangkan pada pembelahan dari meiosis tidak menduplikasi kromosom di divisi awal. Perlu kita tahu, pembelahan meisosis yang kedua ini sama dengan pembelahan mitosis serta jumlah kromosomnya tidak berkurang. Perbedaan mitosis dan meiosis pada crossing over atau disebut dengan pindah silang hanya terjadi pada proses pembelahan meiosis saja, sehingga pada proses mitosis tidak terjadi pindah silang.

3. Sentromer dan Sitokinesis

Pada tahap sentromer ini tidak terjadi perpisahan selama anafase pertama, akan tetapi ketika anafase tahap 2 dari pembelahan meiosis maka akan berpisah. Sedangkan sentromer pada pembelahan mitosis, terjadi perpisahan selama masa anafase. Sedangkan perbedaan mitosis dan meiosis pada sitokinesis akan terjadi 2 kali di dalam telofase pertama dan ke 2 pada pembelahan meiosis. Namun pada proses pembelahan mitosis hanya memungkinkan terjadinya sitokinesis satu kali.

perbedaan mitosis dan meiosis dalam bentuk tabel,tabel perbedaan mitosis dan meiosis,perbedaan mitosis dan meiosis wikipedia,perbedaan mitosis dan meiosis dalam tabel,

Persamaan Mitosis dan Meiosis Dalam Ilmu Biologi
Tidak hanya perbedaan yang ditemukan di dalam pembelahan mitosis dan meiosis, namun juga terdapat persamaan. Perbedaan mitosis dan meiosis memang lebih banyak dibandingkan persamaannya, namun kedua hal tersebut mempunyai peran masing-masing. Persamaan yang pertama yakni perlunya duplikasi semua isi kromosom sel terlebih dahulu, sebelum pembelahan. Selain itu keduanya juga harus menggunakan mesin sel dari induknya untuk membuat RNA, DNA dan protein baru. 

Persamaan selanjutnya yaitu kedua proses pembelahan mitosis dan meiosis bergantung kepada penggunaan gelendong mitosis guna memisahkan kromosom terbelah menjadi 2 kutub sel. Perbedaan dari mitosis dan meiosis ini memang sedikit rumit untuk dipahami. Memang perbedaan mitosis dan meiosis jika tidak dibaca berulang-ulang sulit untuk dipahami. Akan tetapi kedua proses tersebut mempunyai peran yang penting dan fungsi yang berbeda-beda. Misalnya pembelahan mitosis penting untuk pertumbuhan serta perbaikan sel. 

Sedangkan pembelahan meiosis penting dalam proses reproduksi. Dengan memahami sifat kesamaan dan perbedaan mitosis dan meiosis akan memungkinkan sebuah penelitian dan menghasilkan obat-obatan tertentu. Namun agar mencapai hasil yang diharapkan memang memerlukan pembelajaran yang lebih rinci dan proses yang signifikan dari poin evaluasi dan perkembangannya.