Selasa, 23 Februari 2016

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro Dalam Ilmu Ekonomi

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro Dalam Ilmu Ekonomi - Tahukah Anda apa saja perbedaan ekonomi mikro dan makro yang sering disinggung dalam kajian ilmu ekonomi? Sebelumnya, kita harus mengetahui ilmu ekonomi terlebih dahulu. Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mengkaji atau mempelajari perilaku manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak ada batasnya, dengan menggunakan sumber daya terbatas dan terkadang menggunakan sumber daya alternatif. Pada titik inilah terdapat perbedaan ekonomi mikro dan makro mulai dari pengertian, bidang kajian dan lainnya. Namun kedua hal tersebut mempunyai keterkaitan di dalam sebuah sistem ekonomi dan saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.

perbedaan ekonomi mikro dan makro berdasarkan ruang lingkupnya,perbedaan ekonomi mikro dan makro beserta contohnya,pengertian ekonomi mikro dan makro,

Baca juga: Persamaan dan Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Pengertian dan Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro tentunya menjadi 2 hal atau kajian yang berbeda. Pengertian ekonomi mikro yaitu cabang dari ilmu ekonomi yang mengkaji kegiatan perekonomian namun ruang lingkupnya sangat kecil. Sedangkan pengertian ekonomi makro dan contohnya adalah merupakan cabang ilmu dalam bidang ekonomi yang mempelajari kegiatan perekonomian manusia secara keseluruhan atau ruang lingkupnya lebih luas. Perbedaan ekonomi mikro dan makro ini secara keseluruhan memang ada, namun kedua hal tersebut termasuk bagian di dalam ilmu ekonomi yang bertugas menjelaskan peristiwa ekonomi dan merumuskan hubungan di dalam bidang ekonomi. Berikut ini terdapat beberapa hal mengenai perbedaan antara ekonomi mikro dan makro dalam lingkup harga, unit analisis dan tujuan analisisnya yang mungkin perlu Anda tahu.

1. Ditinjau dari segi harga

Dilihat dari segi harganya, terlihat sekali perbedaannya. Jika ekonomi mikro di dalam analisis harga yang nilai suatu komoditas hanya dilihat dari barang-barang tertentu saja. Akan tetapi jika pada ekonomi makro, harga merupakan nilai dari sebuah komoditas dilihat secara agrerat atau keseluruhan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan ekonomi mikro dan makro memang signifikan dan terlihat dengan jelas.

perbedaan ekonomi mikro dan makro berdasarkan ruang lingkupnya,perbedaan ekonomi mikro dan makro beserta contohnya,pengertian ekonomi mikro dan makro,

2. Dilihat dari unit analisisnya

Perbedaan ekonomi mikro dan makro dilihat dari unit analisisnya adalah jika ekonomi mikro di dalam unit analisisnya, maka perubahan kegiatan dalam kegiatan ekonomi secara individu sering berlangsung seperti permintaan dan penawaran konsumen, perilaku konsumen, pasar penerimaan biaya, laba atau rugi dan perilaku produsen. Sedangkan perbedaan ekonomi mikro dan makro yang dapat dilihat dari unit analisis bidang kajian ekonomi makro adalah kegiatan ekonominya sering membahas ruang lingkup keseluruhan. Misalnya pendapatan nasional, kesempatan kerja, investasi, neraca pembayaran dan lainnya.

3. Tujuan analisis

Jika pada ekonomi mikro tujuan analisisnya terkonsentrasi pada cara di dalam mengalokasikan sumber daya yang ada agar bisa dicapai menggunakan kombinasi yang tepat. Sedangkan tujuan analisis pada ekonomi makro adalah terkonsentrasi di dalam pengaruh kegiatan ekonomi dalam perekonomian secara keseluruhan. Itulah perbedaan ekonomi mikro dan makro yang sering kita lakukan namun sering kali tidak mengetahui perbedaannya.

Manfaat Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Tentunya di dalam kajian ilmu ekonomi yang akan dipaparkan tidak hanya perbedaan ekonomi mikro dan makro saja, namun terdapat pula manfaat ekonomi mikro dan ekonomi makro yang harus diketahui oleh khalayak umum. Ekonomi mikro bisa memberikan manfaat apabila dipelajari seperti melakukan penghematan di dalam sumber daya yang relatif terbatas, dan mengetahui cara mencapai kepuasan yang maksimal meskipun sumber dayanya terbatas. 

Sedangkan manfaat ekonomi makro diambil dari ciri-ciri ekonomi makro ialah bisa memberikan manfaat berupa pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi secara global dan mengetahui neraca pembayaran nasional. Perbedaan ekonomi mikro dan makro meskipun sempit namun mampu memberikan sumbangan ilmu pengetahuan yang besar.

Dengan adanya garis-garis besar ruang lingkupnya sehingga membuat perbedaan ekonomi mikro dan makro menjadi jelas. Tentunya dengan ini, pembelajaran menjadi sangat baik dan ilmu pengetahuan pun dapat diterima dengan baik oleh siswa atau masyarakat umum. Misalnya contoh ekonomi mikro dan makro sering kali terjadi pengangguran, investasi serta kebijakan ekonomi, pertumbuhan ekonomi dan pendapatan nasional. Beberapa hal penting yang perlu diketahui yakni perbedaan ekonomi mikro dan makro hanya terletak pada ruang lingkup serta cakupan nilai ekonomi. Sehingga ekonomi mikro lebih kecil dari pada ekonomi makro.