Jumat, 19 Februari 2016

Ciri-Ciri dan Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Ciri-Ciri dan Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan Betina - Sudahkah Anda mengetahui perbedaan cucak jenggot jantan dan betina? Seperti yang kita tahu bahwa burung cucak jenggot adalah salah satu burung kicau yang sangat populer dan mempunyai peminat yang cukup banyak. Sama dengan burung kicau jenis lainnya, burung cucak jenggot juga merupakan burung yang sering dilombakan dan mempunyai suara yang sangat lantang, indah dan menghibur penggemarnya. Maka tidak mengherankan semakin banyak pecinta burung mania yang memelihara burung ini. Oleh karena itu, bagi Anda penggemar burung cucak jenggot dan ingin membudidayakannya, maka ketahui terlebih dahulu perbedaan cucak jenggot jantan dan betina.

perbedaan cucak jenggot jantan dan betina om kicau,perbedaan kapas tembak jantan dan betina,perbedaan cucak ijo kalimantan dan banyuwangi,cucak jenggot jantan vs betina,

Baca juga: 5 Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina yang Sudah Dewasa

Cucak jenggot jantan dan betina memang mempunyai perbedaan yang signifikan jika dilihat dari segi apapun. Perbedaan cucak jenggot jantan dan betina memang hampir sama tetapi banyak pemula yang kesulitan untuk membedakan burung cucak jenggot antara jantan dan betina. Terlebih golongan burung cucak jenggot dilihat dari fisiknya yang hampir sama. Bahkan peternak burung kicau sering salah dalam mengidentifikasi perbedaan cucak kombo jantan dan betina. Memang dibutuhkan pengalaman dan ketrampilan yang cukup dalam membedakan cucak jenggot jantan dan betina. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbedaan cucak jenggot jantan dan betina.

perbedaan cucak jenggot jantan dan betina om kicau,perbedaan kapas tembak jantan dan betina,perbedaan cucak ijo kalimantan dan banyuwangi,cucak jenggot jantan vs betina,

Berikut ini Beberapa Identifikasi Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan Betina

1. Bentuk tubuh

Burung cucak jenggot jantan dan betina mempunyai ciri-ciri yang bisa dilihat hanya dari fisiknya. Hal ini bisa dilihat dari perbedaan cucak jenggot jantan dan betina. Dimana burung cucak jenggot jantan mempunyai ciri yang menonjol seperti mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dan terlihat simetris apabila dilihat dari kepala hingga ekornya. Ukuran lebih besar di sini bukan berarti gendut. Sedangkan pada ciri ciri cucak jenggot betina mempunyai ukuran tubuh yang relatif kecil dari pada burung cucak ijo jantan.

2. Dari segi suara

Para kicau cucak jenggot mania tentu menginginkan burungnya mempunyai suara yang khas. Akan tetapi suara burung cucak jenggot jantan dan betina jelas sangat berbeda. Karena itulah perbedaan cucak jenggot jantan dan betina penting diketahui. Burung cucak jenggot betina tidak mempunyai suara yang lebih bervariatif atau beragam. Oleh sebab itulah burung cucak jenggot betina jarang sekali ikut diperlombakan. Berbeda dengan burung cucak jenggot jantan yang memiliki suara variatif. Itulah perbedaan cucak jenggot jantan dan betina jika dilihat dari ciri khas suaranya.

perbedaan cucak jenggot jantan dan betina om kicau,perbedaan kapas tembak jantan dan betina,perbedaan cucak ijo kalimantan dan banyuwangi,cucak jenggot jantan vs betina,

3. Segi bulu di dagu

Perbedaan cucak jenggot jantan dan betina selanjutnya yang harus diketahui oleh pemula pecinta burung cucak jenggot. Hal ini bertujuan agar memudahkan pemilik burung jika ingin menernakkannya. Perbedaan tersebut juga bisa dilihat dari bulu yang ada pada dagu burung cucak jenggot jantan dan betina. Perbedaan cucak jenggot jantan dan betina dilihat di bagian dagu sangat jelas sekali. Misalnya burung cucak jenggot jantan di bagian bawah dagunya terdapat jenggot. Sedangkan burung cucak jenggot betina bulu jenggot di dagunya tidak terlihat.

4. Dilihat dari makanannya

Setiap pemilik burung kicau tentu akan memberikan pakan yang terbaik untuk burung kesayangannya. Hal tersebut bertujuan karena pemilik burung kicau cucak jenggot ingin burungnya tetap sehat dan selalu aktif bergerak. Dengan begitu, burung bisa gacor dan memungkinkan untuk memenangkan lomba. Burung cuak jenggot jantan lebih menyukai buah pepaya dan voer sedangkan untuk burung cucak jenggot betina yang akan bertelur lebih menyukai makanan ekstra fooding. Itulah perbedaan cucak jenggot jantan dan betina dilihat dari segi makanan.

Cucak jenggot jantan dan betina bagus mana? Inilah yang sering menjadi pertanyaan banyak orang awam yang ingin mengetahui perbedaan dari keduanya. Pada dasarnya semua burung jenggot jantan dan betina bagus semuanya untuk dipilih. Namun jika Anda membelinya di pasaran, khususnya bagi pemula, lebih baik mengajak orang yang sudah berpengalaman dalam beternak burung kicau cucak jenggot. Atau yang paling utama dalam membeli burung yakni pilihlah burung cucak jenggot yang aktif bergerak sehingga burung dijamin lebih sehat. Demikian ulasan mengenai perbedaan cucak jenggot jantan dan betina, terima kasih.