Sabtu, 16 April 2016

Perbedaan Waktu Indonesia dan Jepang Dilihat dari Letak Geografisnya

Perbedaan waktu Indonesia dan Jepang tergolong sangat unik - Negara Jepang yang ternyata pernah menjajah Indonesia beberapa tahun yang lalu, ternyata memiliki selisih waktu yang tidak terlalu jauh. Bahkan ada salah satu zona waktu di negara Indonesia memiliki waktu yang sama dengan negara Jepang. Perbedaan waktu yang hampir sama atau tidak jauh berbeda inilah yang menunjukkan kalau negara Jepang memiliki letak yang tidak jauh dari negara Indonesia. Perbedaan waktu Indonesia dan Jepang penting diketahui masyarakat jika kerabatnya di sana tetap bisa melakukan hubungan meskipun terhalang oleh jarak.

perbedaan waktu antar negara,perbedaan waktu indonesia dan inggris,perbedaan waktu akibat rotasi bumi,perbedaan waktu dunia dan akhirat,perbedaan waktu wita dan wib,perbedaan waktu antara wib dan wit,

Baca juga: Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta Dalam Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Berapa lama perjalanan dari Indonesia ke Jepang? Jika Anda menggunakan pesawat terbang tentunya tidak akan berbeda jika dibandingkan dengan menggunakan jalur darat dan laut. Harusnya masyarakat Indonesia mengetahui perbedaan waktu Indonesia dan Jepang, khususnya bagi yang berencana liburan ke negara sakura ini. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki 3 zona waktu yang mempunyai selisih berbeda, namun selisihnya tidak terlalu jauh. Mengenai perbedaan waktu Indonesia dan Jepang lebih mendetail Anda bisa melihatnya pada penjelasan selanjutnya. 

Perlu Anda tahu, Jepang memiliki standar waktu yang sama untuk semua daerahnya dan sering disebut dengan Japan Standart Time atau JST. Karena Jepang mempunyai standar waktu yang sama maka perbedaan waktu Indonesia dan Jepang pun signifikan. Japan Standart Time inilah yang mengusung sistem waktu UTC +9 namun tidak didukung dengan delight saving time. Ini artinya Jepang tidak mengenal waktu berbeda saat musim panas terjadi. Sebenarnya perbedaan waktu Indonesia dan Jepang ini sangat logis jika perbedaannya tidak banyak karena wilayah Jepang yang berdekatan dengan negara Indonesia mungkin menjadi faktor utamanya. 

Adapun perbedaan waktu Indonesia dan Singapore akan menjadi pokok pembahasan selanjutnya. Negara lain memiliki waktu musim panas yang relatif lebih lama pada siang hari, hal ini berbeda di negara Jepang. Sedangkan Jepang tidak mengenal musim panas yang lebih lama di siang hari. Yang membedakan negara Jepang dengan negara lainnya yakni semua musim di Jepang mempunyai waktu yang sama dan tidak berubah. Apabila dilihat dari UTS Jepang yakni UTC +9 ditemukan bahwa perbedaan waktu Indonesia dan Jepang pun tidak terlalu jauh. 

Selanjutnya, waktu Jepang sama dengan waktu Indonesia bagian timur atau WIT yang menggunakan sistem UTC +9. Sehingga jika diamati perbedaan waktu Indonesia dan Jepang hanya terjadi selisih 2 jam. Misalnya di Jakarta yang menggunakan zona WIB jam 8 pagi maka di Jepang masih jam 6 pagi. Sedangkan zona waktu WITA juga berselisih 1 jam dengan Jepang. Perbedaan waktu Indonesia dan Jepang memang sangat unik. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke negara Jepang maka tidak akan menemui jet leg layaknya berpergian jauh yang memiliki zona waktu yang berbeda. 

Perbedaan waktu Indonesia dan Jepang yang tidak terlalu jauh dan hampir sama membuat kita akan mudah beradaptasi di sana ketika berkunjung di Jepang. Karena perbedaan waktu di Jepang yang menggunakan zona waktu WITA di Indonesia, maka Anda tidak perlu kebingungan mengenai waktu shoat Jepang hari ini. Terlepas dari uniknya perbedaan waktu Indonesia dan Jepang, di dalam menentukan waktu di Jepang ini pun terbilang cukup unik. Pada awalnya memang pemerintah Jepang telah menggunakan planetarium untuk menentukan waktu di Jepang. Hal ini karena di Jepang mempunyai observatorium sebagai zona waktu Jepang.

perbedaan waktu antar negara,perbedaan waktu indonesia dan inggris,perbedaan waktu akibat rotasi bumi,perbedaan waktu dunia dan akhirat,perbedaan waktu wita dan wib,perbedaan waktu antara wib dan wit,

Bagaimana, sangat unik bukan perbedaan waktu Indonesia dan Jepang? Memang Jepang dan Indonesia memiliki waktu jeda atau beda yang tidak terlampau jauh. Meskipun demikian tidak hanya perbedaan waktu saja yang berbeda, akan tetapi perbedaan berbeda juga dilihat dari sejarah penentuan waktu. Di Jepang ini, sejarah penentuan waktunya sangat unik. Oleh karena itu, sekarang Anda tidak perlu kesusahan di dalam menghitung perbedaan waktu Indonesia dengan Jepang karena waktunya sama dengan zona waktu Indonesia WIT. Demikian penjelasan mengenai perbedaan waktu Indonesia dan Jepang dan semoga bermanfaat.