Saturday, April 16, 2016

4 Perbedaan Vena dan Arteri Dilihat Dari Letak, Fungsi, Dinding dan Kandungan

Perbedaan Vena dan Arteri - Perbedaan vena dan arteri sering di bahas dalam mata pelajaran biologi baik yang ada di SD, SMP maupun di SMA, meskipun pembahasan pada tingkat sekolah dasar belum mendetail seperti di SMA. Vena dan arteri adalah jenis pembuluh darah yang berada di dalam tubuh manusia. Akan tetapi keduanya mempunyai perbedaan yang signifikan. Perbedaan vena dan arteri dapat dilihat dari beberapa hal, misalnya letak arteri dan vena, fungsi serta kandungan lainnya. Kedua jenis pembuluh darah ini memang berbeda, tidak hanya dilihat dari nama namun dari berbagai segi pun jelas berbeda.

tabel perbedaan arteri dan vena,perbedaan vena dan arteri pada sistem peredaran darah,perbedaan vena dan arteri dalam bentuk tabel,sebutkan perbedaan antara pembuluh arteri dan vena,

Baca juga: Perbedaan Waktu Indonesia dan Jepang Dilihat dari Letak Geografisnya

Perbedaan vena dan arteri penting sekali diketahui oleh calon dokter dan para dokter. Dalam ilmu biologi, arteri dan vena merupakan salah satu bagian dari sistem peredaran darah yang fungsinya membawa darah dari jantung dan disalurkan menuju seluruh tubuh dan sebaliknya. Sementara fungsinya sama membawa darah, namun keduanya mempunyai karakteristik yang cukup berlainan. Di dalam mata pelajaran biologi dijelaskan, arteri dan vena ini terbuat dari jaringan yang cukup berbeda dan masing-masing bagian tersebut mempunyai fungsi khusus yang sangat berbeda pula. Nah, berikut adalah perbedaan vena dan arteri:

1. Dilihat dari letaknya

Perbedaan vena dan arteri dalam tubuh sangat berbeda. Tentunya setiap pembuluh darah mempunyai letak yang berbeda dalam tubuh manusia, meskipun letaknya hanya bersampingan. Dilihat dari letaknya, pembuluh darah vena dan arteri mempunyai letak yang sangat berbeda. Pembuluh darah arteri terletak di bagian tubuh manusia yang dalam dan jauh dari permukaan kulit. Sedangkan pembuluh darah vena letaknya agak keluar, tidak jauh dari permukaan kulit. Jelaslah bahwa perbedaan vena dan arteri dari segi letaknya di bagian tubuh manusia sangat berbeda.

2. Dilihat dari fungsinya

Perbedaan pembuluh darah vena dan arteri pada sistem peredaran darah lainnya adalah, meskipun vena dan arteri mempunyai fungsi yang sama sebagai alat bantu menyalurkan atau mengedarkan darah ke seluruh tubuh namun keduanya mempunyai fungsi yang sangat khusus. Fungsi pembuluh darah vena adalah mengangkut CO2 atau karbon dioksida menunjuk jantung. Sedangkan fungsi dari pembuluh darah arteri adalah mengangkut 02 atau oksigen keluar dari jantung. Jadi kesimpulan dari perbedaan vena dan arteri ini bisa dilihat dari fungsinya, yakni vena mengangkut CO2 sedangkan arteri O2.

3. Dinding pembuluhnya

Perbedaan vena dan arteri dilihat dari dinding pembuluh ini berfungsi untuk melindungi bagian-bagian dalamnya agar tidak rusak atau terluka jika terkena goncangan apapun. Dinding pembuluh vena dan arteri tidak selamanya kuat atau tebal, namun ada perbedaan yang mendasarinya. Misalnya pada dinding pembuluh darah vena, dimana dinding pembuluh darah vena mempunyai dinding yang tipis dan tidak elastis. Sedangkan dinding pembuluh darah arteri mempunyai dinding pembuluh yang elastis dan sangat kuat. Perbedaan vena dan arteri juga bisa dibedakan dari tebal atau tidaknya karena berat kerja dari masing-masing pembuluh darah.

4. Kandungannya

Perbedaan vena dan arteri akan lebih jelas jika Anda juga melihat dari kandungannya. Kandungan pembuluh darah vena mempunyai kaya kandungan karbondioksida kecuali pada bagian vena pulmonalis. Sedangkan pembuluh vena juga mengandung oksigen namun jumlah oksigen tersebut sangat tipis dan sedikit di bagian vena pulmonalis. Perbedaan vena dan arteri ini harus diketahui oleh khalayak umum agar tidak salah dalam menyebutkannya. Selain itu, pembuluh dara arteri juga mengandung karbon dioksida namun jumlahnya sangat sedikit kecuali di bagian arteri pulmonalis, dan sebaliknya.

tabel perbedaan arteri dan vena,perbedaan vena dan arteri pada sistem peredaran darah,perbedaan vena dan arteri dalam bentuk tabel,sebutkan perbedaan antara pembuluh arteri dan vena,

Perbedaan pembuluh darah vena dan arteri yang paling dasar sebenarnya dilihat dari aliran pada darahnya. Aliran darah pada pembuluh darah arteri mempunyai arah yang keluar dari jantung. Sedangkan pembuluh darah vena mempunyai aliran darah yang menuju jantung. Dengan membaca ulasan diatas, sudah cukup paham apa perbedaan arteri dan vena di dalam tubuh manusia? Perbedaan tersebut bisa dilihat dari berbagai sudut yang sangat jelas sekali perbedaannya. Demikian penjelasan mengenai perbedaan vena dan arteri, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.