Jumat, 15 April 2016

4 Perbedaan TV LCD dan LED Serta Perbandingannya

Perbedaan TV LCD dan LED Serta Perbandingannya - Tahukah Anda apa saja perbedaan TV LCD dan LED? Jika belum, pastikan Anda membaca uraian berikut ini secara lengkap. TV merupakan salah satu alat elektronik yang digunakan oleh hampir semua orang di dunia. Dunia pertelevisian sendiri mengalami perkembangan yang cukup pesat dari jaman ke jaman. Saat ini bahkan sudah hadir TV LED sebagai TV terbaru yang menawarkan berbagai keunggulan. Namun apa sajakah perbedaan TV LCD dan LED yang mengharuskan Anda untuk memilih secara tepat? Simak uraian berikut yang akan membahas mengenai perbedaan di antara TV LCD dan LED.

perbedaan tv lcd dan led dan plasma,perbedaan tv lcd dan led serta plasma,

Baca juga: 4 Perbedaan Vena dan Arteri Dilihat Dari Letak, Fungsi, Dinding dan Kandungan

Ringkasan Serta Perbedaan TV LCD dan LED

Banyak orang yang menanyakan mengenai perbedaan TV LCD dan LED karena bingung dalam memilih di antara keduanya. Pada kenyataannya, TV LED merupakan TV LCD terbaru yang menggunakan teknologi yang lebih baik. Jadi sebenarnya TV LED masih menggunakan teknologi yang hampir sama dengan TV LCD. Hanya saja teknologi yang ada pada TV LED lebih baik dibandingkan TV LCD terdahulu. Inilah merupakan perbedaan TV LCD dan LED yang tidak diketahui oleh sebagian orang. TV LCD dan LED bukanlah 2 TV yang berbeda, keduanya masih menggunakan teknologi yang hampir sama.
Jadi dengan kata lain, TV LED merupakan TV LCD yang menggunakan teknologi terbaru. Untuk perbedaan TV LCD dan LED, di antaranya yaitu:

1. Penerangan

TV LCD masih menggunakan CCFL, sementara TV LED sudah menggunakan array yang lebih sedikit dalam penerangan layar. TV LED menawarkan warna yang lebih dalam dan lebih terang, TV LED lebih unggul dibandingkan TV LCD dalam hal penerangan. TV LED menawarkan kontras yang lebih baik dibandingkan TV LCD.

2. Ketebalan

Perbedaan TV LCD dan LED berikutnya yaitu ketebalan TV tersebut, dimana TV LED lebih tipis dibandingkan TV LCD. Semakin majunya dunia pertelevisian memang membuat banyak orang semakin nyaman dalam menonton TV. TV-TV saat ini umumnya memiliki ukuran yang tipis sehingga tidak menghabiskan banyak tempat. Dibandingkan dengan TV LED, TV LCD ternyata masih lebih tebal. Jika ingin memiliki TV yang tipis maka Anda dapat memilih TV LED. Itulah beda TV LCD dan LED yang membuat banyak orang memilih TV LED.

3. Hemat energi

Siapa yang tidak ingin menggunakan alat elektronik yang hemat energi? Jika Anda ingin menggunakan TV yang hemat energi, maka pilihlah TV LED. Ini juga menjadi salah satu perbedaan TV LCD dan LED yang membuat banyak orang memilih TV LED. Karena TV LED menggunakan array yang lebih sedikit dan ukurannya cukup tipis, TV ini memerlukan energi yang lebih sedikit. Jika Anda menggunakan TV LED, Anda dapat menghemat energi dan tidak perlu takut tagihan listrik membengkak. Keunggulan LED dibanding LCD yang satu ini tidak perlu diragukan lagi.

4. Harga

Sesuai dengan teknologi yang ada, TV LED memang menggunakan teknologi terbaru sehingga memiliki banyak kelebihan. Namun sayangnya TV LED ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dibandingkan TV LCD. Hal ini menjadi salah satu faktor kenapa banyak orang yang berpikir 2 kali untuk membeli TV LED. Mengenai perbedaan TV LCD dan LED dalam hal teknologi, TV LED memang menang. Namun mengenai harga, TV LCD ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Itu sebabnya beberapa orang lebih memilih TV LCD dibandingkan LED bahkan setelah mengetahui perbedaan TV LCD dan LED tersebut.

Sebagai tambahan, berikut ini ada ringkasan yang dapat membantu Anda agar lebih paham mengenai TV LCD dan LED. Berikut adalah ringkasannya:
- TV LCD dan LED masih menggunakan teknologi yang hampir sama dalam penciptaan gambar dan warna.
- TV LED merupakan TV LCD dengan teknologi terbaru.
- TV LED menggunakan LED (Light Emitting Dioda) dan TV LCD menggunakan lampu neon untuk lampu latar atau backlight.
- TV LED mengonsumsi daya lebih rendah hingga 70% dibandingkan TV LCD.
- TV LED memiliki ukuran yang lebih tipis menjadi perbedaan TV LCD dan LED yang patut diperhitungkan.
- Saturasi dan keseimbangan warna pada TV LED lebih baik.
- TV LED ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dibanding TV LCD.
Dari uraian yang sudah disampaikan tersebut, kelemahan TV LED memang hanya terletak pada harganya saja. Jika Anda memiliki dana yang cukup maka Anda dapat membeli TV LED untuk mendapatkan TV berteknologi terbaik. Namun jika Anda memiliki dana yang terbatas, Anda dapat memilih TV LCD. Sekian yang dapat disampaikan mengenai perbedaan TV LCD dan LED, semoga uraian ini bermanfaat.