Selasa, 15 Agustus 2017

Pengertian Dan Juga Perbedaan Qada dan Qadar

Pengertian Serta Perbedaan Qada dan Qadar - Bagi Anda yang belum mengetahui apa perbedaan Qada dan Qadar, Anda dapat membaca ulasan berikut ini. Di dalam Islam, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Qada dan Qadar. Kedua istilah ini sering dikaitkan dengan takdir, atau ketentuan dari Allah. Namun sebenarnya keduanya memiliki makna yang berbeda sehingga tidak boleh disamakan. Perbedaan Qada dan Qadar bukan hanya pada tulisan dan pengucapannya saja, tetapi juga pada maknanya. Banyak orang yang masih bingung mengenai perbedaan di antara keduanya.

perbedaan qada dan qadar dan contohnya,pengertian qada dan qadar dan contohnya,perbedaan qada dan qadar beserta contohnya,contoh qada dan qadar,pengertian qada dan qadar,

Baca juga: Perbedaan RNA dan DNA dalam Biologi


Sebagai umat Muslim, sudah pasti Anda sering mendengar istilah Qada dan Qadar. Namun apakah pengertian Qada dan Qadar serta apa perbedaan di antara keduanya? Langsung saja, berikut ini akan membahas apa perbedaan di antara Qada dan Qadar. Untuk mengetahui perbedaan Qada dan Qadar, simak pengertian dari Qada dan Qadar berikut ini:

1. Qada

Qada dapat diartikan sebagai ketentuan atau takdir dari Allah yang sudah ditetapkan sejak zaman azali. Atau dengan kata lain, takdir ini sudah ditetapkan atau sudah diputuskan yang akan menjadi kenyataan. Misal, seseorang menjadi dokter yang hebat maka itu adalah takdir yang sudah ditetapkan untuk dirinya. Ini dapat menjadi poin dari perbedaan Qada dan Qadar yang dapat Anda ketahui. Dimana Qada merupakan takdir yang sudah ditetapkan sejak orang tersebut belum dilahirkan. Atau dengan kata lain, orang tersebut memiliki takdir yang demikian sesuai dengan ketetapan yang sudah ditetapkan Allah.

2. Qadar

Perbedaan Qada dan Qadar juga dapat Anda lihat dari pengertian Qadar itu sendiri. Qadar adalah ketentuan dari Allah yang pasti berlaku bagi umatnya sejak zaman azali. Misal seseorang menderita penyakit tertentu dan sudah berusaha sebisa mungkin dan bahkan ditangani oleh para ahli sekalipun. Orang tersebut tetap meninggal dunia bahkan setelah semua usaha yang telah dilakukan. Hal tersebut merupakan Qadar atau takdir dari Allah yang sudah ditetapkan sejak zaman azali. Di mana tidak ada seorang pun yang akan tahu sebelum hal tersebut terjadi atau menjadi kenyataan. Itulah perbedaan Qada dan Qadar yang dapat Anda ketahui, pahami maksudnya secara seksama.

perbedaan qada dan qadar dan contohnya,pengertian qada dan qadar dan contohnya,perbedaan qada dan qadar beserta contohnya,contoh qada dan qadar,pengertian qada dan qadar,

Untuk membantu Anda memahami perbedaan di antara keduanya, simak contoh berikut ini. Seperti yang sudah disebutkan, Qada adalah takdir dari Allah yang sudah pasti terjadi pada makhluknya. Sementara Qadar adalah takdir dari Allah yang pasti terjadi namun tidak ada seorang pun yang tahu sebelum hal tersebut menjadi kenyataannya. Contoh berikut ini akan membantu Anda memahami perbedaan Qada dan Qadar. Misal seseorang menderita sakit kanker, segala upaya sudah dilakukan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Mulai dari mencari pakar dan mengeluarkan banyak uang, segala usaha sudah dilakukan namun tetap meninggal dunia.

Kenyataan orang yang sakit dan sudah melakukan segala upaya namun tetap meninggal dunia disebut dengan Qadar. Sementara kenyataan bahwa orang tersebut meninggal dunia karena terserang penyakit adalah Qada. Itulah perbedaan Qada dan Qadar, jadi jika orang tersebut tidak meninggal dunia karena sakit kanker ia akan tetap meninggal karena penyakit lain. Hal tersebut disebut dengan Qada, ketentuan Allah yang sudah ditentukan sebelum zaman azali. Sebagian umat Muslim memahami dan mempercayai mengenai perbedaan Qada dan Qadar tersebut. Namun tidak sedikit yang memperdebatkan mengenai Qada dan Qadar.

Bahkan ada seorang ulama yang menyatakan bahwa penggunaan salah satu istilah, baik Qada atau Qadar sudah mewakili keduanya. Di mana keduanya memiliki arti sama yaitu sebagai takdir atau ketentuan Allah. Ulama tersebut juga menegaskan bahwa mencari perbedaan Qada dan Qadar tidak ada untungnya. Mengenai keyakinan ini, memang tidak ada paksaan untuk Anda yang meyakininya. Akan tetapi sebagian besar umat Muslim mempercayai bahwa Qada dan Qadar adalah 2 hal yang berbeda. Sekalipun Qada Qadar Allah adalah sama-sama merupakan takdir dari Allah untuk para umatnya.

Setiap orang memiliki takdirnya masing-masing yang sudah ditetapkan oleh Allah sejak zaman azali. Membahas mengenai takdir memang merupakan hal yang sangat menarik. Sesuatu yang tidak masuk akal bahkan dapat terjadi, itu semua dapat terjadi karena kehendak Allah. Itu juga merupakan Qada dan Qadar dari Allah untuk umat-umatnya. Sekian mengenai perbedaan Qada dan Qadar, semoga Anda dapat memahami ulasan tersebut. Qada dan Qadar sama-sama merupakan ketentuan dari Allah sejak zaman azali untuk umatnya. Namun keduanya memiliki perbedaan, tetapi perbedaan Qada dan Qadar bukan untuk diperdebatkan.