Tuesday, August 15, 2017

Perbedaan Efektif dan Efisien Yang Utama Untuk Pemahaman

Perbedaan efektif dan efisien perlu dipahami lebih mendalam bagi Anda yang berprofesi sebagai manajer atau pimpinan perusahaan. Efektif dan efisien merupakan kedua istilah manajemen yang umum digunakan dalam sebuah perusahaan. Walaupun kedua istilah itu terdengar hampir sama, namun keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Akan tetapi, apakah sebenarnya yang menjadi perbedaan antara efektif dan efisien? Mari kita mempelajarinya lebih mendalam. Perbedaan efektif dan efisien bisa dilihat dari pengertian kedua istilah tersebut. Secara makna, kedua istilah tersebut memang cukup berbeda. Yang satu terkait dengan kemampuan untuk membidik secara tepat sasaran, yang lainnya berkaitan dengan kecepatan dan pemanfaatan sumber daya yang seminimal mungkin. Lantas, seperti apakah perbedaan efektif dan efisien dalam penerapannya di sebuah perusahaan.

perbedaan efektif dan efisien dalam manajemen,perbedaan efektif dan efisien serta contohnya,contoh efektif dan efisien,pengertian efektif dan efisien wikipedia,

Baca juga: Inilah 7 Perbedaan Etika dan Moral

Perbedaan Efektif dan Efisien dari Maknanya

1. Efektif

Efektivitas merupakan tingkat hasil dari tindakan atau kinerja karyawan dan manajer. Karyawan dan manajer yang menunjukkan efektivitas dalam membantu pekerjaan akan menghasilkan hasil yang lebih berkualitas tinggi. Misalnya, seorang karyawan yang bekerja di bagian penjualan. Jika dia efektif, dia akan membuat penjualan secara kontinyu. Jika dia tidak efektif, dia akan berjuang untuk membujuk pelanggan untuk melakukan pembelian. Ini menjadi perbedaan efektif dan efisien yang utama.

Perusahaan sering mengukur tingkat efektivitas para pekerja dengan melakukan penilaian kinerja karyawan. Efektivitas tenaga kerja memiliki dampak yang besar terhadap kemajuan perusahaan, juga kualitas produksi, baik itu berupa barang maupun jasa. Tingkat efektivitas para karyawan inilah yang nantinya juga menentukan reputasi perusahaan di mata para pelanggan serta memberikan pelayanan yang prima demi kepuasan pelanggan. Lantas, apakah perbedaan efektif dan efisien?

perbedaan efektif dan efisien dalam manajemen,perbedaan efektif dan efisien serta contohnya,contoh efektif dan efisien,pengertian efektif dan efisien wikipedia,

2. Efisien

Efisiensi lebih mengacu untuk melakukan hal-hal dengan cara yang benar dalam waktu yang cepat. Efisiensi di tempat kerja adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sesuatu. Inilah perbedaan efektif dan efisien yang sangat mudah dilihat. Seorang karyawan yang efisien akan segera menyelesaikan tugasnya dalam waktu yang singkat. Mungkin ini dipengaruhi adanya jumlah sumber daya yang sangat terbatas, sehingga menuntut karyawan untuk memanfaatkan strategi menghemat waktu tertentu.

Karyawan yang tidak bisa melihat perbedaan efektif dengan efisien pada umumnya akan memilih jalan panjang untuk menyelesaikan pekerjaannya. Misalnya, seorang manajer mencoba untuk berkomunikasi dengan lebih efisien. Dia bisa mencapai tujuannya dengan menggunakan email daripada harus mengirim surat atau mendatangi masing-masing karyawan yang membutuhkan waktu lebih lama. Selain itu, efisiensi dapat meningkatkan produktivitas dan menghemat pengeluaran uang perusahaan.

Efektivitas dan efisiensi pada dasarnya saling berdiri sendiri. Perbedaan efektif dan efisien memang sangat nyata, namun bila keduanya digabungkan dan dilakukan secara benar dalam sebuah perusahaan, maka akan membuahkan hasil yang sesuai dengan harapan. Seorang karyawan yang efektif belum tentu efisien, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, dibutuhkan trik dalam menangani kecenderungan tersebut.

Berikut Adalah Trik Yang Bisa Dicoba

1. Meningkatkan efektifitas

Untuk meningkatkan efektivitas, perusahaan harus mengambil inisiatif untuk memberikan ulasan kinerja secara menyeluruh, dan merinci kelemahan karyawan melalui kritik yang membangun. Manajer harus membuat sebuah titik untuk meningkatkan efektivitas dan menjelaskan bagaimana kinerja karyawan mempengaruhi perusahaan secara keseluruhan. Untuk menghindari kerja karyawan yang tidak efektif, perusahaan harus mencari cara agar karyawan bisa menikmati pekerjaannya. 

Karyawan sering tidak efektif karena mereka tidak peduli tentang pekerjaannya atau mungkin juga mereka tidak mempunyai keterampilan untuk berkontribusi sesuai dengan bagian pekerjaan yang sedang dipegang. Dengan mewawancarai calon karyawan, memanggil referensi dan melakukan tes, perusahaan bisa memilih karyawan yang tepat dan sesuai dengan ketrampilannya. Sehingga dapat menempatkannya ke bagian yang memang cocok terhadap keterampilan yang dimiliki oleh karyawan tersebut. Selain itu, mengenalkan perbedaan efektif dan efisien sejak awal bisa membantu untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

2. Meningkatkan efisiensi

Karyawan maupun manajer sering tidak efisien karena mereka juga tidak tahu bagaimana perbedaan efektif dan efisien, bagaimana menjadi efisien. Bisa juga karena tidak memiliki alat yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas secara efisien. Cara untuk meningkatkan efisiensi termasuk pertemuan dengan manajer dan karyawan untuk menguraikan cara-cara bagaimana menerapkan efisiensi di tempat kerja. Sebagai contoh, sebuah usaha kecil yang tidak memiliki sistem email karyawan menghambat manajer berkomunikasi dengan karyawan secara efisien.

Oleh karena itu, perlu dirumuskan secara bersama-sama sebuah mekanisme yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam perusahaan. Perbedaan efektif dan efisien perlu dipahami untuk menentukan strategi yang tepat. Memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini menjadi salah satu alternatif yang mungkin bisa dicoba. Mengoptimalkan media sosial, email dan berbagai alat komunikasi online lainnya akan meningkatkan efisiensi karyawan. Cara ini juga bisa dicoba untuk meningkatkan efisiensi dalam berkomunikasi dengan customer.

Menerapkan efektivitas dan efisiensi dalam usaha merupakan solusi untuk meningkatkan kinerja karyawan. Perbedaan antara efisien dan efektif bukanlah untuk dibesar-besarkan. Memadukan keduanya dalam satu strategi akan memberikan dampak signifikan bagi kemajuan usaha Anda. Demikianlah sedikit ulasan mengenai perbedaan efektif dan efisien. Semoga bermanfaat.