Monday, August 14, 2017

Perbedaan Jalan dan Lari dalam Atletik

Perbedaan Jalan dan Lari dalam Atletik - Olahraga memiliki berbagai cabang atletik seperti lari dan jalan. Namun ternyata masih banyak orang belum paham perbedaan jalan dan lari. Seperti yang Anda ketahui, jalan dan lari merupakan olahraga yang murah dan pasti menyehatkan. Anda bisa melihat banyak orang melakukannya setiap pagi, atau setidaknya satu Minggu sekali. Mereka senang melakukannya karena jalan santai atau lari santai sambil bercengkerama sungguh menyenangkan. 

perbedaan jalan dan lari terletak pada,fase fase gerakan jalan cepat,perbedaan jalan dan lari dalam atletik,perbedaan jalan dan lari dalam olahraga,perbedaan jalan dan lari secara spesifik,

Baca juga: 5 Perbedaan Kiamat Sugra Dan Kubra Menurut Akidah Islam

Sepintas jika dilihat dari aktivitas seperti itu, memang perbedaan jalan dan lari terlihat begitu sederhana, tapi sebetulnya tidak semudah itu. Jika Anda berjalan pelan-pelan maka mudah saja disebut jalan. Lantas, bagaimana jika yang Anda lakukan adalah jalan cepat, bahkan seperti orang lari, apakah masih bisa disebut jalan? Kelihatannya memang sepele persoalan mengenai perbedaan jalan dan lari. Kebanyakan orang menganggap jalan adalah gerakan kaki yang pelan sedangkan lari cenderung cepat. Persepsi tersebut tidak salah, hanya saja masih kurang tepat. Dalam dunia atletik, olahraga jalan dan lari memiliki definisi tersendiri. 

Jalan adalah gerakan untuk melangkahkan kaki, yang mana gerakan tersebut dapat dilakukan ke semua arah, baik kanan, kiri, depan, belakang, serong dan sebagainya. Gerakan jalan menggunakan tubuh sebagai tumpuan dari kaki. Selain itu dalam gerakan jalan pun, kecepatannya akan konstan. Perbedaan jalan dan lari dapat Anda pahami dengan mudah jika sudah tahu definisi lari. Apa itu lari serta apa perbedaan jalan cepat dan lari. Sebelum membahasnya lebih dalam, ketahui terlebih dahulu arti lari.

Lari menurut ilmu keolahragaan merupakan gerakan yang menggunakan ujung kaki bagian depan sebagai tumpuan. Berdasarkan pengertian jalan dan lari sudah terlihat apa perbedaan jalan dan lari. Hal lain yang identik dan membedakan jalan dan lari adalah kecepatan melangkah kaki tentunya lebih cepat dibandingkan jalan. Namun, kesimpulan mengenai perbedaan jalan dan lari terletak pada kecepatan. Lari tidak selalu identik dengan kecepatan karena lari santai alias jogging pun disebut lari.

Selain itu gerakan jalan yang dilakukan dengan cepat tetap disebut jalan cepat, bukan lari. Maka jalan dan lari bukanlah dua hal yang bisa dibandingkan dengan kecepatan. Perbedaan jalan dan lari sekali lagi bukan terletak pada kecepatannya. Jalan dan kaki sebetulnya dua hal yang sangat jelas berbeda. Tapi jika melihat pada ilmunya sebenarnya bagaimana perbedaan jalan dan lari karena jika segala sesuatu dianalisis tanpa landasan ilmu yang benar, tidak bisa dipertanggungjawabkan. Hal yang membedakan jalan dan lari adalah gerakan keseluruhan dari keduanya.

Ketika Anda berjalan, Anda dapat merasakan kontak langsung antara kaki dengan tanah, rasanya begitu jelas terasa. Namun lain halnya dengan lari, apalagi jika larinya dengan kecepatan super. Ketika Anda berlari, ada kalanya Anda tidak merasakan kontak kaki dengan tanah, rasanya melangkah, terbang dan kemudian jatuh lagi dan bersenggolan dengan tanah. Perbedaan jalan dan lari dari sudut ini pasti sudah bisa Anda pahami bukan.

Perbedaan jalan dan lari selanjutnya dapat terlihat dari anggota badan lain yang ikut serta dalam gerakan yang Anda buat, jalan atau lari. Jalan tidak akan membuat tubuh lain Anda turut bergerak, hanya kaki Anda yang dituntut berjalan. Bahkan ketika Anda melakukan jalan cepat pun, bagian tubuh lain Anda yang bergerak paling hanya tangan, selain kaki. Lain halnya dengan lari. Gerakan lari akan membuat seluruh bagian tubuh Anda turut bergerak. Perbedaan jalan dan lari dilihat dari banyaknya anggota badan lain yang ikut bergerak mudah dipahami bukan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, lari dapat membuat tubuh Anda seolah melayang, pada saat itulah tubuh Anda bergerak seluruhnya.

Jadi, inti dari perbedaan jalan dan lari terletak pada tumpuannya dan anggota badan lain yang ikut bergerak ketika melakukan jalan atau lari. Pada gerakan jalan, titik tumpu gerakan terdapat pada kaki dan anggota badan lain cenderung tidak ikut bergerak ketika jalan, paling hanya tangan. Lain halnya dengan lari, titik tumpu adalah ujung jari kaki depan dan gerakan lari menimbulkan anggota badan lain ikut bergerak. Nah, sekarang Anda paham bukan perbedaan jalan dan lari serta perbedaan lari dan jalan cepat?