Jumat, 19 Februari 2016

5 Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina yang Sudah Dewasa

Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina yang Sudah Dewasa - Burung anis merah merupakan salah satu burung kicauan yang mempunyai kicauan merdu dan khas. Kicauan dari burung ini juga dilombakan sampai ke tingkat nasional. Untuk para pencinta burung anis merah tentu harus paham benar mengenai perbedaan anis merah jantan dan betina. Mengenali perbedaan anis merah jantan dan betina dewasa memang tidaklah mudah karena secara sekilas burung anis merah jantan dan betina tampak sama. Bagi para pencinta burung anis merah yang sudah lama mengenal burung anis merah ini tentu saja bukan pekerjaan sulit untuk mengenali perbedaan anis merah jantan dan betina.

perbedaan anis merah jantan dan betina dewasa,perbedaan anis merah jantan dan betina trotol,anis merah betina,perbedaan anis kembang jantan dan betina,perbedaan anis merah jantan dan betina anakan,

Baca juga: Melihat dengan Jelas Perbedaan Kacer Jantan dan Betina yang Trotolan

Dalam artikel kali ini akan diberikan 5 perbedaan anis merah jantan dan betina yang sudah dewasa. Perbedaan-perbedaan ini bisa dijadikan salah satu indikator bagi Anda yang akan membeli anis merah. Kelima perbedaan anis merah jantan dan betina.

Berikut Beberapa Beda  Antara Jantan dan Betina

1. Warna bulu

Perbedaan anis merah jantan dan betina yang pertama yaitu pada warna bulunya. Ketika sudah dewasa warna bulu antara anis merah jantan dan betina akan terlihat jelas perbedaannya. Burung anis jantan mempunyai warna bulu yang mengkilap dibandingkan dengan warna bulu yang dimiliki oleh burung anis merah berjenis kelamin betina. Warna bulu dari burung anis merah betina mempunyai warna yang lebih kusam dan kurang menarik dibandingkan dengan burung anis merah jantan, namun warna bulu ini tidak terlalu terlihat jelas ketika burung anis merah masih anakan atau baru menetas.

2. Bentuk tulang kloaka

Perbedaan anis merah jantan dan betina yang kedua yaitu bentuk tulang kloaka yang ada pada burung anis merah. Bentuk tulang kloaka burung anis merah jantan adalah runcing dan rapat. Berbeda dengan burung anis merah betina yang mempunyai tulang kloaka yang lembek dan lebar. Perbedaan anis merah jantan dan betina dalam bentuk kloaka ini bisa Anda lihat dan raba ketika akan membeli burung anis merah di pasar burung. Biasanya penjual akan memberikan arahan di mana letak dari tulang kloaka burung anis merah.

perbedaan anis merah jantan dan betina dewasa,perbedaan anis merah jantan dan betina trotol,anis merah betina,perbedaan anis kembang jantan dan betina,perbedaan anis merah jantan dan betina anakan,

3. Gerakan tubuh ketika berkicau

Suara anis merah dan gerakan burung anis merah juga bisa menjadi indikator pembeda antara anis merah jantan dan betina. Perbedaan anis merah jantan dan betina dalam hal kicauannya ini bisa dilihat jika anis merah jantan dan betina di dekatkan. Burung anis merah akan cenderung berkicau ketika didekatkan dengan burung anis merah betina. Selain berkicau, burung anis merah juga akan mengangguk-anggukkan kepalanya ketika berdekatan dengan burung anis merah betina. Hal ini berbeda dengan burung anis merah betina yang hanya menggetarkan sayapnya dan bersiul ketika bertemu dengan anis merah jantan.

4. Warna bulu sayap

Perbedaan anis merah jantan dan betina yang selanjutnya yaitu dalam warna sayap. Warna sayap burung anis merah betina adalah hitam dengan bintik-bintik kuning. Ketika sudah menginjak usia dewasa biasanya bintik kuning pada sayap anis merah betina akan hilang. Perbedaan anis merah jantan dan betina pada bentuk sayap anis merah jantan, yaitu anis merah jantan tidak mempunyai bintik kuning pada sayapnya.

perbedaan anis merah jantan dan betina dewasa,perbedaan anis merah jantan dan betina trotol,anis merah betina,perbedaan anis kembang jantan dan betina,perbedaan anis merah jantan dan betina anakan,

5. Bentuk fisik

Perbedaan anis merah jantan dan betina yang cukup mudah dikenali adalah bentuk fisik burung. Bentuk fisik burung anis merah adalah ramping dan panjang, sedangkan bentuk fisik burung anis merah betina adalah bulat dan pendek. Anda akan bisa mengenali anis merah jantan dan betina ini ketika keduanya sudah didekatkan. Namun jika burung anis merah masih anakan akan sulit dibedakan dari bentuk fisiknya.

Anis merah atau yang sering disebut dengan burung punglor merah atau punglor cacing ini menjadi salah satu burung kicauan dengan harga yang mahal. Harga anis merah jantan bisa mencapai jutaan rupiah bahkan mencapai puluhan juta rupiah. Biasanya kualitas suara burung sangat mempengaruhi harga dari burung anis merah. Semakin bagus dan gacor burung anis merah maka harganya akan semakin tinggi. Anda bisa melatih burung anis merah agar gacor maksimal sehingga harga jualnya bisa tinggi. Sebaiknya pilih anis merah jantan untuk dilatih kicauannya. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar paham apa saja perbedaan anis merah jantan dan betina.