Sabtu, 20 Februari 2016

Melihat dengan Jelas Perbedaan Kacer Jantan dan Betina yang Trotolan

Melihat dengan Jelas Perbedaan Kacer Jantan dan Betina - Burung merupakan hewan peliharaan yang saat ini sedang menjadi trend di masyarakat. Burung yang memiliki suara yang khas nan lucu mampu menghibur pemiliknya dengan lengkingan suaranya tersebut. Pemilik burung akan berusaha sekeras tenaga untuk melatih burungnya agar memiliki suara yang indah. Salah satu burung yang sering dipelihara adalah burung kacer. Burung ini memiliki suara yang khas dan body yang mungil lucu. Anda dapat melihat perbedaan kacer jantan dan betina dari ciri-ciri yang terdapat di tubuhnya.

perbedaan kacer jantan dan betina dewasa,perbedaan murai jantan dan betina,perbedaan kacer jantan dan betina trotol,perbedaan kacer jantan dan betina muda,perbedaan kacer poci jantan dan betina,

Baca juga: Perbedaan iPhone 5 dan 5s Berdasarkan Segi Fisik dan Spesifikasi

Pengetahuan tentang perbedaan kacer jantan dan betina ini sangat penting saat Anda ingin membeli burung kacer. Terkadang, orang yang masih awam dengan perbedaan kacer jantan dan betina dapat tertipu oleh informasi dari pedagang yang nakal. Kacer betina bisa saja dikatakan sebagai kacer jantan, dan Anda baru akan menyadarinya saat kacer telah tumbuh dewasa. Untuk itu, jika Anda mengaku sebagai salah satu penggemar burung, Anda harus benar-benar paham akan ciri-ciri burung kacer jantan dan betina tersebut.
Apakah Anda penasaran dengan perbedaan kacer jantan dan betina? Di bawah ini Anda akan melihat beberapa hal yang membedakan kacer jantan dan betina.

Perbedaan Berdasar Pada Ciri-Ciri Fisik

1. Perbedaan kacer jantan dan betina dari bentuk paruhnya

Untuk membedakan kacer jantan dan betina, Anda perlu melihat paruh burung kacer tersebut. Bagaimana bentuk paruh burung kacer jantan? Kacer jantan yang trotolan atau anakan memilik bentuk paruh yang lancip atau menyerupai bentuk “V” terbalik. Paruh burung kacer jantan ini biasanya berwarna hitam. Anda juga dapat melihat ciri kacer jantan yang bagus dengan melihat paruhnya tersebut.
Hal ini berbeda dengan kacer betina. Burung kacer betina memiliki paruh yang tebal. Ukurannya pun lebih pendek daripada burung kacer jantan. Jika dilihat dari warnanya, paruh burung kacer betina berwarna abu-abu atau putih.

perbedaan kacer jantan dan betina dewasa,perbedaan murai jantan dan betina,perbedaan kacer jantan dan betina trotol,perbedaan kacer jantan dan betina muda,perbedaan kacer poci jantan dan betina,
Baca juga: Ini Dia Trik dan Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor

2. perbedaan kacer jantan dan betina dari warna bulunya

Selanjutnya, Anda dapat mengidentifikasi apakah kacer yang akan Anda beli jantan atau betina dengan melihat bulunya. Kacer trotolan jantan biasanya memiliki bulu yang berwarna hitam legam dibagian sayap serta punggungnya. Untuk kacer trotolan betina, warna bulunya tidak segelap kacer jantan. Warna bulunya cenderung abu-abu atau coklat.

3. Perbedaan kacer jantan dan betina dari bentuk kepalanya

Perbedaan kacer jantan dan betina juga Anda lihat dengan melihat bagaimana bentuk kepala burung kacer tersebut. Jika kacer tersebut memiliki bentuk kepala yang cenderung persegi, maka bisa dipastikan bahwa kacer tersebut adalah jantan. Namun, jika bentuk kepalanya agak bulat, maka burung tersebut adalah kacer betina. Mungkin Anda juga perlu mengetahui tentang ciri kacer betina yang bagus.

4. Perbedaan kacer jantan dan betina dari gayanya berdiri

Dari gayanya berdiri pun sebenarnya Anda juga dapat menentukan apakah burung tersebut kacer betina atau jantan. Kacer jantan biasanya berdiri atau katuranggan dengan sikap yang tegap. Dia menunjukkan sikap siap dan dada bidang. Hal ini berbeda dengan kacer betina. Kacer betina ini gayanya berdiri tidak tegap. Anda malah akan melihat bahwa saat berdiri kacer ini akan terlihat bulat.

perbedaan kacer jantan dan betina dewasa,perbedaan murai jantan dan betina,perbedaan kacer jantan dan betina trotol,perbedaan kacer jantan dan betina muda,perbedaan kacer poci jantan dan betina,

5. Perbedaan kacer jantan dan betina dari bentuk tubuhnya

Perbedaan kacer jantan dan betina juga dapat Anda lihat pada bentuk tubuhnya. Burung kacer jantan biasanya memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping namun tetap terlihat kokoh. Bentuk badan ini akan membuat dia merasa ringan dan bebas bergerak. Dadanya pun nampak bidang seakan-akan dia dalam posisi siap serang. Namun, untuk kacer betina, tubuhnya cenderung bulat dan gemuk. Bentuk dadanya lebih montok dan menonjol. Meski demikian, burung ini tetap terlihat cantik.

Demikianlah perbedaan kacer jantan dan betina yang dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi burung kacer jantan dan betina. Perbedaan yang dibahas di atas merupakan perbedaan untuk burung kacer trotolan atau anakan. Perbedaan kacer jantan dan betina dewasa mungkin akan sedikit berbeda. Jika Anda memang concern dalam pengembangbiakan burung kacer, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri kacer jantan dan betina yang sudah dewasa. Sehingga, Anda tidak akan terka dalam memilih burung kacer untuk peliharaan Anda.