Tuesday, February 23, 2016

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Pada Bidang Penelitian

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Pada Bidang Penelitian - Apa saja perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif? Sebelum itu, kita harus mengetahui makna dari pengertian penelitian terlebih dahulu. Penelitian adalah bentuk laporan yang sering digunakan pada penyusunan skripsi. Penelitian digunakan untuk mencari sebuah kebenaran. Di dalam penelitian menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Kedua perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif ppt memang beda, namun pada dasarnya mempunyai tujuan sama, yaitu sama-sama digunakan dalam mengumpulkan data. Selain itu metode kualitatif dan kuantitatif datanya dapat dipertanggung jawabkan karena seorang peneliti akan terjun langsung ke lapangan dan melakukan observasi. Simaklah penjelasan mengenai perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif di bawah ini.

perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif menurut para ahli,contoh penelitian kualitatif dan kuantitatif,kualitatif dan kuantitatif dan contohnya,penelitian kualitatif dan kuantitatif doc,

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Dilihat dari segi pengertiannya terdapat perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum memilih menggunakan metode penelitian yang dirasa tepat. Pengertian penelitian kualitatif adalah penelitian yang dasarnya menggunakan sebuah pendekatan deduktif induktif. Pendekatan deduktif induktif berangkat dari kerangka teori, gagasan, dan pemahaman peneliti yang dikembangkan menjadi masalah dan pemecahannya. Sedangkan pengertian penelitian kuantitatif adalah penelitian yang digunakan untuk mengungkapkan sebuah gejala holistik dan kontekstual dari proses pengumpulan data alami dan memanfaatkan peneliti sebagai kunci instrumen. Oleh sebab itu perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif jelas berbeda dilihat dari pengertiannya.

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Secara Umum

Secara umum terdapat beberapa perbedaan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang sering kali orang tidak bisa membedakannya. Berikut ini beberapa perbedaan yang akan membuat Anda menjadi lebih jelas.

1. Segi data yang diambil

Dilihat dari segi data yang diambil, terdapat perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif pdf, pada hasil data yang akan didapatkan. Misalnya pada penelitian kualitatif, hasil data yang didapatkan berupa catatan observasi, penjelasan, dokumen, angket atau wawancara. Sedangkan pada penelitian kuantitatif hasil data yang didapatkan berupa angka, perhitungan, pemetaan, koding dan lainnya. Dilihat dari segi data yang diambil saja, sudah bisa menemukan karakteristik dari perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif.

perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif menurut para ahli,contoh penelitian kualitatif dan kuantitatif,kualitatif dan kuantitatif dan contohnya,penelitian kualitatif dan kuantitatif doc,

2. Tujuan penelitian

Dari segi tujuan penelitian, kedua metode tersebut mempunyai perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Di dalam metode kualitatif, penelitian dilakukan guna mengembangkan konsep namun sebelumnya sudah ada. Selain itu juga, metode kualitatif bertujuan membuat orang lebih paham sebuah teori dan pengembangan teori yang ada. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif mempunyai tujuan guna melakukan pengujian sebuah teori. Selain itu penelitian kuantitatif dapat menghasilkan pemetaan dan gambaran seperti angka dan statistik. Maka jelaslah bahwa perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif dilihat dari tujuannya menghasilkan output mengembangkan teori dan pengujian teori.

3. Dilihat dari segi sampling

Dari sisi sampling metode penelitian kualitatif dan kuantitatif mempunyai perbedaan yang nyata dan jelas. Jika metode penelitian kualitatif samplingnya dilakukan dengan menggunakan metode non representatif, hal ini akan memungkinkan peneliti dapat langsung melakukan observasi melalui telepon atau lainnya. Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif pada sampling ini sedikit lebih sulit. Namun pada penelitian kuantitatif, samplingnya dilakukan dengan menggunakan metode representatif, yang mana lebih luas dengan jumlah responden yang banyak. Maka dari itu, dapat dihasilkan data valid di dalam melakukan sebuah pemetaan.

4. Dilihat dari pengumpulan data

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif dapat dilihat dari segi pengumpulan data yang akan dilakukan. Sebab metode penelitian yang bersifat kualitatif lebih kepada bidang pengujian dan pengembangan sehingga pengumpulan datanya dapat dilakukan dengan wawancara. Contoh penelitian kualitatif dan kuantitatif, jika metode kualitatif memungkinkan seseorang melakukan observasi secara aktif. Akan tetapi pada metode penelitian kuantitatif lebih bersifat pembuktian sehingga metode pengumpulan datanya bisa menggunakan eksperimen. Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif lainnya yaitu pada metode penelitian kuantitatif dapat menggunakan survei.

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif sangat jelas berbeda sehingga banyak penelitian yang akan menggunakan metode penelitian diantara keduanya untuk mengolah data yang tepat. Misalnya pada metode kuantitas mengukur fakta obyektif, menekankan relibilitas, bersifat bebas nilai, teori data terpisah. Sedangkan metode kualitatif menggunakan pendekatan menyusun realitas sosial, merujuk makna budaya. Itulah perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif.