Kamis, 12 Mei 2016

Perbedaan Teater dan Drama Adalah... Besrta contohnya

Perbedaan Teater dan Drama Adaah - Mungkin Anda pernah menonton pertunjukkan drama, baik secara langsung atau dalam sinetron, pernah juga melihat pertunjukkan ludruk, sendra tari Ramayana, ketoprak. Lantas, dari berbagai pertunjukkan tersebut masuk kategori teater atau drama. Nah untuk mengetahuinya, kita di sini akan membahas perbedaan teater dan drama. Hal ini tentunya sangat penting, mengingat kaburnya pemahaman yang benar terkait perbedaan keduanya. Sepintas memang mirip atau hampir sama, padahal keduanya sungguh berbeda.
Selain membahas mengenai perbedaan teater dan drama, kita akan mengulas pula persamaan teater dan drama. Terlebih dahulu pahami pengertian masing-masing dari teater dan drama. Perbedaan teater dan drama dapat dilihat dari berbagai sisi karena teater dan drama pun begitu luas serta harus dijabarkan dengan tepat supaya pemahaman Anda benar. Sekali lagi, teater dan drama adalah dua hal yang berbeda.

Sebelum membahas perbedaan teater dan drama, perhatikan betul-betul pengertian teater dan drama. Pengertian teater begitu banyak dan luas, hampir sama dengan drama. Pengertian pertama terkait teater adalah panggung pertunjukkan, gedung, atau auditorium. Hal tersebut merupakan pengertian secara harfiah atau kata, memang teater pada dasarnya merupakan sebuah tempat.

Masih terkait dengan perbedaan teater dan drama, pengertian teater bukan hanya itu saja. Teater dapat berarti kisah hidup atau kisah kehidupan manusia yang diperlihatkan atau dipertunjukkan di hadapan banyak orang. Lantas, apa pengertian dari drama. Drama ini pun memiliki banyak pengertian yang berbeda beda, tergantung versi dan ahli yang menuturkan. Namun ada satu benang merah yang menggarisbawahi pengertian dari drama.

Definisi drama yang pertama adalah segala sesuatu yang dapat dilihat di pentas sehingga bisa menimbulkan perhatian, kehebatan, ketakjuban, dan ketegangan, segala macam situasi. Pentas tersebut disaksikan oleh banyak orang yang mendengar atau yang menonton. Memahami pengertian drama memudahkan Anda mengerti perbedaan teater dan drama. Masih ada lagi pengertian drama, yaitu kesenian yang menggambarkan sifat manusia dan diungkapkan dalam seni gerak dan suara.

Selain itu, masih ada lagi pengertian drama yaitu cerita yang memiliki konflik dalam bentuk dialog menggunakan aksi dan percakapan di depan penonton. Bahkan saat ini drama tidak selalu dipertunjukkan langsung, banyak drama yang dikemas dalam bentuk sinetron dalam layar kaca atau film. Setelah memahami defines teater dan drama, kini Anda sudah bisa membedakan perbedaan teater dan drama.

Guna menambah wawasan serta pemahaman yang lebih mendalam mengenai perbedaan teater dan drama, pada kesempatan ini akan dijelaskan pula perbedaan teater dan drama beserta contohnya. Contoh dari teater antara lain reog, wayang, sulap, ludruk, lenong dan sebagainya. Berbeda dengan drama, apa yang diceritakan banyak mengangkat kehidupan manusia yang dipentaskan dalam bentuk akting dimana ada percakapan, tokoh, cerita, konflik, bahkan setting suasana, tempat, waktu dan pesan di dalamnya, bahkan iringan musik.

Perbedaan teater dan drama sebetulnya tidak terlalu mencolok. Sederhana saja, perbedaan dari keduanya berasal dari asal katanya. Baik drama maupun teater sebetulnya memiliki arti yang sama, hanya saja pengungkapannya berbeda-beda. Kata teater berasal dari bahasa Yunani yaitu Theatron yang berarti gedung pertunjukkan, jelasnya merujuk pada suatu tempat untuk pertunjukkan. Sedangkan kata drama berasal dari bahasa Yunani pula, yaitu dran yang berarti berbuat, berlaku dan beraksi.

Drama lebih diartikan kepada suatu cerita yang di dalamnya terdapat berbagai kejadian atau peristiwa dengan penokohan dan perwatakan, setting, alur, dan pesan di dalam cerita. Biasanya di dalamnya pun termuat prosa, narasi, puisi esai dan sebagainya karena drama begitu kompleks. Keduanya, baik teater maupun drama, sama-sama dipertunjukkan di muka publik. Sampai di sini jelaskan bukan perbedaan teater dan drama.

pengertian-drama-dan-teater,perbedaan-teater-dan-drama-musikal,perbedaan-dan-persamaan-teater-dan-drama,jelaskan-perbedaan-istilah-teater-dan-drama,

Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan letak perbedaan teater dan drama adalah teater dapat tercipta karena adanya drama. Teater lebih diartikan sebagai panggung pertunjukkan. Tanpa adanya drama maka tidak akan ada yang namanya teater. Jadi, teater atau drama bukan dua hal yang terkait atau dapat dijadikan sinonim, karena keduanya jelas berbeda.

Sekarang Anda paham bukan, agar jangan menganalogikan keduanya sama. Demikian ulasan mengenai perbedaan teater dan drama, semoga bermanfaat.