Rabu, 09 Maret 2016

Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Pada Hewan

Perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna - Pada beberapa jenis hewan, dalam siklus hidupnya ada yang mengalami metamorfosis. Kata metamorfosis sebenarnya sudah tidak asing bagi kita, tapi sering muncul pertanyaan mengenai apa yang dimaksud dengan metamorfosis? Metamorfosis yaitu proses perubahan morfologi, anatomi, dan fisiologi pada suatu makhluk hidup dari telur hingga dewasa. Metamorfosis ini ada 2 jenisnya, yakni metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Kedua jenis metamorfosis tersebut tidaklah sama, perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna bisa dilihat dari proses maupun hasil akhirnya.

perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna beserta contoh,perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna pada insecta,tabel perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna,

Baca juga: Mengulas Pengertian Serta Perbedaan Puisi Lama dan Puisi Baru

Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Berdasarkan Tahapannya

Metamorfosis sempurna disebut pula dengan holometabola adalah perubahan hewan yang melewati 4 tahap pertumbuhan dan perkembangan, sementara metamorfosis tidak sempurna adalah perubahan hewan yang hanya melewati 2 tahap pertumbuhan dan perkembangan. Perbedaan metamorfosis sempurna dan tak sempurna bisa dilihat berdasarkan tahapan-tahapan yang dilaluinya. Tahapan metamorfosis sempurna, yaitu perubahan individu dimulai dari telur, kemudian berkembang menjadi larva, setelah itu menjadi pupa, dan terakhir jadilah individu baru dewasa. Perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna berdasarkan tahapan yang dilaluinya inilah yang menjadi pembeda yang mencolok antara keduanya.

Tahapan metamorfosis tidak sempurna diawali dari tahap telur, kemudian jadi nimfa atau individu muda yang memiliki morfogi mirip dengan individu dewasa, lalu jadilah imago atau individu baru dewasa. Jika Anda masih bingung mengenai perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, mari kita bahas berdasarkan contohnya pada beberapa jenis hewan berikut ini.

perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna beserta contoh,perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna pada insecta,tabel perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna,

Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Berdasarkan Contohnya

Perbedaan metamorfosis sempurna dan tak sempurna bisa kita pahami lebih mudah dengan mengetahui contoh hewannya. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna contohnya adalah kupu-kupu. Siklus hidup kupu-kupu dimulai dari telur, kemudian jadi ulat, setelah itu menjadi kepompong, dan terakhir jadilah kupu-kupu. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang. Siklus hidupnya dimulai dari telur, kemudian menetas jadi belalang kecil, belalang kecil tumbuh jadilah belalang dewasa. Berdasarkan contoh pada hewan tersebut, apakah Anda sudah paham dengan perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna?

Jika Anda masih belum paham dengan perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, mari kita pelajari lagi perubahan bentuk pada tiap tahapan pertumbuhan berdasarkan kedua contoh hewan di atas.

Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna Berdasarkan Perubahan Bentuk

Perbedaan metamorfosis sempurna dan tak sempurna berdasarkan perubahan bentuk pada hewan yang mengalaminya sangat jelas terlihat perbedaannya. Pada metamorfosis sempurna, telur kupu-kupu menetas menjadi ulat. Disini terjadi perubahan bentuk individu, dari kupu-kupu menjadi telur. Kemudian ulat berubah lagi jadi kepompong, bentuknya juga berubah dari yang tadinya bergerak aktif menjadi hewan pasif. Setelah itu keluarlah jadi kupu-kupu yang bentuknya sangat berbeda dari bentuk awalnya, dimana kupu-kupu memiliki sayap untuk terbang. Selanjutnya perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna bisa dilihat dari perubahan hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna contohnya belalang. Belalang dewasa akan menghasilkan telur, disini terjadi perubahan bentuk dari belalang menjadi telur. Telur belalang menetas dan jadilah belalang kecil. Belalang kecil tumbuh jadi belalang dewasa yang bentuknya tidak berubah. Bagaimana, sudah paham bukan dengan Perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna berdasarkan pembahasan tersebut? Jika Anda masih tetap bingung memahami perbedaan tersebut, intinya yaitu pada metamorfosis sempurna terjadi perubahan bentuk pada tiap tahap pertumbuhan, sedangkan pada metamorfosis tidak sempurna perubahan bentuk hanya terjadi pada tahap tertentu saja.

Hewan yang mengalami proses metamorfosis sempurna tidak hanya kupu-kupu, ada juga katak yang mengawali siklusnya dari telur. Telur menetas menjadi kecebong, kecebong tumbuh lalu menjadi katak. Selain katak hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu nyamuk dan lalat. Sementara hewan yang mengalami proses metamorfosis tidak sempurna selain belalang yaitu capung dan kecoa. Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna yang dialami oleh beberapa jenis hewan. Semoga pembahasan ini mampu menjawab kebingungan Anda terkait perbedaan proses metamorfosis pada hewan.