Rabu, 09 Maret 2016

Perbedaan Margarin dan Mentega Berdasarkan 4 Hal

Perbedaan Margarin dan Mentega Berdasarkan 4 Hal - Resep-resep masakan menjadi sesuatu yang sudah tidak asing lagi dan sering dilihat di berbagai tabloid. Resep masakan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi para ibu untuk menyajikan hidangan paling lezat untuk suami dan anak-anak mereka. Di dalam resep tersebut, mungkin Anda akan melihat bahan berupa mentega dan margarin. Bagi orang awam, kedua bahan tersebut seolah-olah sama dan tidak memiliki perbedaan. Perbedaan margarin dan mentega tidak begitu terlihat, apalagi bagi mereka yang jarang menggunakan keduanya.

perbedaan margarin dan mentega serta contohnya,perbedaan margarin dan mentega dan contohnya,merk mentega,resep kue kering,perbedaan margarin mentega dan roombutter,

Baca juga: Perbedaan Massa dan Berat


Apakah Anda ingin mengetahui perbedaan margarin dan mentega? Pengetahuan ini akan membantu Anda untuk menyiapkan bahan-bahan sesuai resep masakan yang disarankan dengan benar. 

DibawahAnda Akan Melihat Beberapa Perbedaan Margarin dan Mentega Serta Contohnya

1. Perbedaan margarin dan mentega berdasarkan komposisi dan kandungannya

Margarin dan mentega dapat dibedakan melalui komposisi bahan yang digunakan untuk membuatnya serta kandungannya. Margarin adalah suatu bahan yang digunakan untuk membuat kue dan masakan lainnya yang terbuat dari campuran lemak nabati dan beberapa bahan tambahan. Margarin ini memiliki kandungan berupa lemak trans. Jenis lemak ini tidak begitu baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan demikian, terlalu banyak menggunakan margarin dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya.

Hal ini berbeda dengan mentega. Mentega mengandung beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, antara lain vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Mentega ini tidak mengandung lemak trans yang berbahaya bagi tubuh. Dengan demikian, produk mentega masih lebih baik daripada margarin. Perlu Anda ketahui bahwa mentega ini juga mengandung kolesterol. Hal ini berarti Anda tetap harus membatasi penggunaan mentega untuk konsumsi sehari-hari. Sehingga, Anda dapat mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Perbedaan margarin dan mentega berdasarkan kandungannya ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk Anda.

perbedaan margarin dan mentega serta contohnya,perbedaan margarin dan mentega dan contohnya,merk mentega,resep kue kering,perbedaan margarin mentega dan roombutter,

2. Perbedaan margarin dan mentega berdasarkan teksturnya

Selanjutnya, Anda juga dapat mengetahui perbedaan margarin dan mentega melalui teksturnya. Jika dilihat dengan seksama, margarin memiliki tekstur yang lebih padat daripada mentega. Hal ini karena untuk membuat margarin ini perlu dilakukan proses pemadatan minyak dengan menggunakan suhu yang cukup tinggi. Dengan demikian, margarin akan tetap padat jika diletakkan di sebuah ruangan dengan suhu kamar.
Berbeda dengan margarin, mentega memiliki tekstur yang lebih lembek. Meskipun lembek, mentega ini tetap banyak disukai di kalangan masyarakat. Hal ini karena mentega dipercaya lebih sehat dibandingkan dengan margarin.

3. Perbedaan margarin dan mentega berdasarkan fungsinya

Anda juga dapat melihat perbedaan margarin dan mentega dari fungsinya. Margarin yang memiliki tekstur lebih padat cocok untuk digunakan sebagai campuran kue, baik kue basah maupun kue kering. Selain itu, margarin juga dapat digunakan untuk menggoreng maupun menumis. Jika Anda menggoreng menggunakan margarin, maka hasil gorengan akan lebih gurih dan renyah. Namun demikian, kue yang menggunakan campuran margarin akan memiliki aroma khas.

Mentega yang memiliki tekstur lembek dan beraroma seperti susu ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kue. Namun, hasil kue yang menggunakan margarin lebih bagus daripada menggunakan mentega. Mentega ini biasanya lebih baik untuk membuat kue kering. Hal ini karena hasilnya akan lebih ringan dan renyah.

4. Perbedaan margarin dan mentega berdasarkan rasanya

Perbedaan margarin dan mentega selanjutnya dapat Anda lihat dari rasanya. Jika Anda coba untuk merasakan menggunakan lidah Anda, margarin akan memiliki rasa asin. Selain itu, jika Anda mencium baunya, Anda akan mendapatkan bau yang agak asam. Hal ini berbeda dengan mentega. Mentega memiliki rasa yang tawar, namun baunya nikmat seperti aroma susu. Perbedaan margarin dan mentega dapat Anda temukan secara jelas saat mendapati keduanya

Demikianlah perbedaan margarin dan mentega yang perlu Anda ketahui. Informasi ini akan membantu Anda agar tidak salah memilih margarin atau mentega sebagai salah satu bahan untuk membuat suatu hidangan. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan hidangan yang paling lezat dan nikmat.