Rabu, 11 Mei 2016

6 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Atau Campuran, Dengan Cara Melihatnya Paling Mudah

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu - Sudah tahukah Anda bagaimana cara melihat Cara Membedakan madu asli dan palsu? Sekarang ini masih marak produk madu palsu yang ada di pasaran. Oleh karena itu, Anda harus tetap selektif dalam memilih madu. Madu yang terlihat asli terkadang ternyata adalah madu palsu, jangan percaya langsung dengan madu yang masih meragukan. Lakukanlah beberapa tes untuk melihat Cara Membedakan madu asli dan palsu. Cara membedakan madu asli dan palsu tidaklah terlalu sulit, Anda hanya perlu mengetahui caranya saja.

cara-melihat-madu-asli,-cara-membedakan-madu-asli-dan-palsu-dengan-air,-cara-membedakan-madu-asli-dan-palsu-dengan-semut,-cara-membedakan-madu-asli-dan-palsu-kaskus,-cara-membuktikan-madu-asli,-
6 Perbedaan Musik Tradisional dan Modern Secara Umum

Berikut ini beberapa Cara Membedakan madu asli dan palsu dan cara melihatnya yang paling mudah dan bisa Anda praktekkan sendiri di rumah:

1. Kandungan air

Cara Membedakan madu asli dan palsu yng pertama yaitu kandungan air yng ada di dalamnya. Madu asli tidak mengandung air atau jika mengandung air hanya sedikit saja karena madu asli terbuat dari nektar asli. Berbeda dengan madu palsu yng sudah dicampur dengan air sehingga kandungan airnya lebih banyak dan lebih encer. Cara membuktikan madu asli dengan menggunakan kandungan airnya ini bisa dilihat ketika madu dicampur dengan air. Madu yng asli tidak akan mudah bercampur dengan air, sedangkan madu palsu dengan mudahnya tercampur dengan air.

2. Pengkristalan madu

Cara Membedakan madu asli dan palsu yng kedua yaitu dengan cara melihat pengkristalan madu ketika diletakkan di atas kaca. Madu asli jika diletakkan di atas kaca untuk beberapa saat maka madu akan langsung mengental dan mengkristal pada bagian bawahnya. Sebaliknya jika madu asli tidak akan ada proses pengkristalan dan tidak akan ada endapan pada bagian bawah kaca.

3. Kelengketan

Tingkat kelengketan madu juga bisa menjadi salah satu indikator Cara Membedakan madu asli dan palsu. Madu jika terkena kulit memang akan sangat sulit dilepaskan atau lengket dan sulit untuk dihapus. Berbeda dengan madu palsu yg tidak terlalu lengket, namun ada juga madu palsu yg sudah dicampur dengan gula sehingga menjadi agak lengket. Cara melihat Cara Membedakan madu asli dan palsu dari kelengketannya ini bisa Anda tes dengan merekatkan dua jari yg sudah diolesi madu, dimana jika jari sulit dilepas madu adalah asli. Namun jika madu mudah dilepas dan ketika dilepas terdapat lendir yg elastis, maka madu tersebut bisa dikatakan palsu.

4. Rasa madu

Cara Membedakan madu asli dan palsu juga bisa dilihat dari rasanya. Rasa baik yg palsu maupun yg asli tentu saja manis. Namun jika Anda perhatikan rasa manis madu asli dan palsu berbeda. Manis dari madu asli lebih kuat dibandingkan dengan manisnya madu palsu. Anda juga bisa melihat ciri madu palsu dari aromanya. Aroma madu palsu biasanya akan hilang jika tutup madu dibuka terlalu lama. Berbeda dengan madu asli yg aromanya tidak akan hilang walaupun tidak ditutup.

5. Kejernihan

Anda juga bisa melihat Cara Membedakan madu asli dan palsu dari kejernihan. Yang asli warnanya lebih pekat dan terdapat serbuk dari di dalamnya atau rumah lebah yg hancur. Biasanya kotoran ini sangat sulit dihilangkan karena melekat dengan madu. Berbeda dengan madu palsu yg warnanya lebih jernih dan sangat encer. Jika terdapat kotoran pada madu palsu sangat mudah untuk disaring.

6. Tingkat kelembaban

Cara Membedakan madu asli dan palsu juga bisa dilihat dari kelembabannya. Untuk tes kelembaban madu bisa menggunakan batang korek api yang masih menyala. Masukkanlah batang korek api yang menyala ke dalam madu lalu lihat dengan seksama. Jika api langsung padam maka madu tersebut palsu tapi jika batang korek api tenggelam dan api padam ketika berada di dalam madu dengan perlahan maka bisa dipastikan bahwa madu tersebut asli. Cara Membedakan madu asli dan palsu dalam hal kelembaban juga bisa dites dengan cara mengoleskan madu ke kertas, jika kertas berlubang maka madu palsu tapi apabila kertas tidak rusak maka madu tersebut asli.


cara-melihat-madu-asli,-cara-membedakan-madu-asli-dan-palsu-dengan-air,-cara-membedakan-madu-asli-dan-palsu-dengan-semut,-cara-membedakan-madu-asli-dan-palsu-kaskus,-cara-membuktikan-madu-asli,-
Dengan mengetahui Cara Membedakan madu asli dan palsu ini diharapkan Anda tidak tertipu lagi dengan produk madu yng menambahkan pemanis terlalu banyak di dalamnya. Harga juga bisa menjadi salah satu patokan untuk membedakan mana madu palsu dan madu yang asli. Biasanya harga madu asli lebih mahal dibandingkan dengan madu yang palsu. Madu asli harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah sedangkan madu yang palsu harganya hanya puluhan ribu rupiah saja. Ingat, jangan sampai salah pilih madu agar bisa mendapatkan manfaat madu yng sebenarnya.