Rabu, 11 Mei 2016

6 Perbedaan Musik Tradisional dan Modern Secara Umum

Perbedaan Musik Tradisional dan Modern Secara Umum - Bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan musik tradisional dan modern, Anda dapat membaca pembahasan berikut ini. Musik adalah salah satu bentuk seni yang terbentuk dari susunan suara sedemikian rupa. Musik mengandung lagu dan irama yang menciptakan keharmonisan tersendiri. Musik sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya yaitu terdapat musik tradisional dan musik modern. Terdapat beberapa perbedaan musik tradisional dan modern, jika Anda belum tahu maka simak uraian berikut. Musik tradisional dan musik modern dapat dibedakan dari ciri-ciri utamanya.


contoh-musik-tradisional-dan-modern,-perbedaan-musik-daerah-dan-musik-nusantara,-yang-membedakan-musik-daerah-dengan-musik-nusantara,-
Perbedaan Perubahan Fisika dan Kimia
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perbedaan musik tradisional dan modern, ketahui terlebih dahulu pengertian keduanya. Dengan mengetahui pengertian dari musik tradisional dan musik modern maka Anda akan lebih mudah untuk mencari perbedaan di antara keduanya. Apa yang dimaksud dengan musik tradisional yaitu musik yang lahir dan juga berkembang di daerah-daerah yang ada di Indonesia. Ciri khas utama musik daerah yaitu menggunakan bahasa daerah setempat. Itulah yang menjadi perbedaan musik tradisional dan modern paling menonjol. Di mana musik modern umumnya menggunakan bahasa Indonesia dan bukan bahasa daerah.

Indonesia sendiri merupakan sebuah negara yang terdiri dari beberapa pulau yng setiap daerahnya memiliki tradisi yng berbeda-beda. Selain penggunaan bahasa, isi lagu dan juga instrumen atau alat musik juga menjadi perbedaan musik tradisional dan modern. Dimana lagu tradisional umumnya menggunakan alat musik tradisional. Walaupun saat ini tidak jarang musik-musik tradisional yang dimainkan menggunakan alat musik modern. Sementara pengertian musik modern sendiri yaitu musik yang terdapat sentuhan teknologi sehingga lebih maju. Umumnya musik modern memiliki tempo yang lebih cepat dibandingkan musik tradisional.

Untuk mengetahui apa saja perbedaan musik tradisional dan modern, ini dia perbedaan di antara keduanya:

1. Tangga nada

Musik tradisional umumnya menggunakan jarak nada yg tidak sama sehingga menciptakan tangga nada pentatonik. Sementara musik modern biasanya menggunakan jarak nada yg sama berdasarkan frekuensi yg tetap sehingga menciptakan tangga nada diantonis dan juga kromatik.

2. Tempo



Seperti yg sudah disebutkan sebelumnya, perbedaan musik tradisional dan modern dapat dilihat dari temponya. Musik tradisional umumnya memiliki tempo lambat dan musik modern memiliki tempo yg lebih cepat.

3. Instrumen

Perbedaan musik tradisional dan modern berikutnya yaitu terletak pada instrumen atau alat musik yg digunakan. Alat musik tradisional di antaranya yaitu angklung, kecapi, ukelele, rebana dan lain sebagainya. Sementara alat musik modern diantaranya yaitu gitar, bass, drum, piano dan lain sebagainya.

4. Bahasa

Perbedaan musik tradisional dan modern yg paling menonjol yaitu bahasa yg digunakan. Jika Anda perhatikan, hampir semua musik tradisional menggunakan bahasa tradisional atau bahasa daerah setempat. Walaupun ada beberapa musik modern yg menggunakan bahasa daerah. Perbedaan di antara musik tradisional dan modern ini yg mudah untuk Anda pahami dan ingat.

5. Keragaman

Musik tradisional di Indonesia sangat beragam, seperti yng Anda ketahui bahwa Indonesia memiliki banyak daerah dengan tradisi berbeda-beda. Misalnya saja musik daerah Jawa dan musik daerah Bali, memiliki ciri khas masing-masing. Perbedaan musik tradisional dan modern juga dapat dilihat dari genrenya. Musik tradisional terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya yaitu musik tradisional Aceh, musik tradisional Batak, musik tradisional Jawa dan lain sebagainya. Sementara genre musik modern di antaranya yaitu Pop, Rock, Jazz, Metal dan lain sebagainya.

6. Pembaharuan

Perbedaan musik tradisional dan modern berikutnya yaitu pada musik modern terdapat pembaharuan. Di mana karena perkembangan zaman maka musik modern ikut diperbaharui, tidak seperti musik tradisional. Dengan adanya pembaharuan pada musik modern maka semua orang dapat mengerti dan memahami musik modern tersebut.

contoh-musik-tradisional-dan-modern,-perbedaan-musik-daerah-dan-musik-nusantara,-yang-membedakan-musik-daerah-dengan-musik-nusantara,-
Itulah perbedaan seni musik tradisional dengan musik modern yng dapat disampaikan. Setelah membaca pembahasan tersebut, tentu Anda semakin mudah membedakan musik tradisional dan musik modern. Musik tradisional dikenal memiliki karakter khas dari tradisi daerah-daerah yang ada di Indonesia. Musik tradisional juga dikenal sebagai musik yng ramah dan sopan yng berisi nilai-nilai kebersamaan. Namun karena pengaruh dari berbagai faktor, musik tradisional saat ini kurang diminati dibandingkan musik modern. Sekian yang dapat disampaikan mengenai apa saja perbedaan musik tradisional dan modern, semoga bermanfaat.