Rabu, 11 Mei 2016

7 Perbedaan Linux dan Windows Secara Umum Paling Mendasar

Perbedaan Linux dan Windows Secara Umum Paling Mendasar - Perbedaan Linux dan Windows mungkin masih terlalu asing bagi kita orang biasa yang tidak mengetahui tentang sistem operasi pada komputer. Linux dan Windows merupakan dua sistem operasi yang biasa digunakan dalam komputer ataupun laptop. Kedua sistem operasi ini sangatlah berbeda dari segi sistem file, virus, spyware, program aplikasi, dan berbagai hal lainnya. Kebanyakan orang hanya tahu tantang Windows saja dan jarang sekali mengetahui tentang Linux. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini akan diberikan perbedaan Linux dan Windows yang paling mendasar.


perbedaan-linux-dan-windows-8,-perbedaan-linux-dan-windows-secara-umum,-perbedaan-linux-dan-windows-server,-perbedaan-linux-dan-windows-xp,-perbedaan-windows-dan-linux-secara-singkat,-
6 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Atau Campuran

Ada 7 perbedaan Linux dan Windows yang paling mendasar, perbedaan ini yaitu:

1. HAKI

Perbedaan Linux dan Windows secara umum bisa dilihat dari HAKI atau hak atas kekayaan intelektualnya. Dilihat dari HAKI, kedua sistem operasi komputer ini sangat jelas berbeda. Windows mempunyai banyak sekali program aplikasi yang mengharuskan kita membayar dengan harga sekitar2 dolar untuk setiap aplikasinya. Dengan kata lain, kebanyakan aplikasi pada Windows berbayar. Untuk mendapatkan sistem operasi Windows yang asli kita juga harus membeli dengan harga sekitar 200 dolar. Perbedaan Linux dan Windows dalam HAKI adalah semua program aplikasi Linux diberikan secara gratis.

2. Sistem File

Perbedaan Linux dan Windows yang cukup menonjol adalah dalam sistem file yang digunakan. Dalam Windows sistem file yang digunakan adalah NTFS dan FAT, sehingga tidak mendukung untuk menggunakan nama file dengan huruf besar dan kecil. Istilah file dalam Windows adalah device dan partisi. Sedangkan Linux sistem file yang digunakan adalah ext2, ext3, dan seterusnya, Hal ini membuat sistem operasi Linux juga bisa masuk ke dalam sistem operasi Windows. Selain itu, dalam Linux juga membedakan nama file dengan huruf besar dan kecil.

3. Virus dan Spyware

Dalam hal virus dan spyware antara Linux dan Windows juga mempunyai perbedaan yang cukup menonjol. Perbedaan Linux dan Windows bisa dilihat dari sistem keamanan yang digunakan kedua sistem operasi komputer ini. Windows masih sangat rentang terhadap virus maupun spyware sehingga mengharuskan para penggunanya menggunakan menambahkan fitur antivirus yang cukup memadai. Berbeda dengan Linux yang mempunyai sistem keamanan yang rumit dan kuat. Keamanan dalam Linux dan Windows inilah yang menjadi salah satu perbandingan Linux dan Windows.

4. Waktu pengoperasian

Waktu pengoperasian juga termasuk salah satu perbedaan Linux dan Windows. Dalam Windows, waktu pengoperasian tidak terlalu memperhatikan user, sehingga ketika pemilik meninggalkan sistem operasi yang sedang berjalan dalam waktu yang lama maka sistem akan otomatis dimatikan. Berbeda dengan Linux yang sangat ketat dalam hal user, identifikasi user dalam Linux sangat detail sehingga user satu dengan yang lainnya mempunyai hak akses yang berbeda.

5. Program aplikasi

Perbedaan Linux dan Windows juga bisa dilihat dari program aplikasi yang digunakan. Kedua sistem operasi komputer ini mempunyai program aplikasi unggulan yang berbeda. Dalam Windows program aplikasi yang lebih unggul adalah aplikasi Office yang sangat membantu dalam hal membuat laporan, presentasi, agenda, dan lain sebagainya. Sedangkan dalam Linux program aplikasi yang lebih unggul adalah webserver, firewall, proxy server, dan sejenisnya. Program aplikasi ini menjadi salah satu kelebihan dan kekurangan Linux dan Windows.

6. Sistem Distribusi

Perbedaan Linux dan Windows yang lainnya yaitu dalam sistem distribusi yang digunakan. Windows hanya mempunyai satu distributor yaitu Microsoft. Sedangkan Linux mempunyai banyak distributor yang disebut dengan karnel Linux.

7. Crash

Crash atau permasalahan dalam sistem operasi sering kali terjadi apalagi jika menggunakan multiple user. Dalam hal crash atau menangani crash, lebih unggul lebih unggul Linux dibandingkan Windows. Linux lebih stabil jika digunakan untuk multiple user dibandingkan dengan Windows. Perbedaan Linux dan Windows dalam hal crash ini akan sangat terasa jelas jika Anda sering menggunakan program aplikasi berbasis web dalam komputer.

perbedaan-linux-dan-windows-8,-perbedaan-linux-dan-windows-secara-umum,-perbedaan-linux-dan-windows-server,-perbedaan-linux-dan-windows-xp,-perbedaan-windows-dan-linux-secara-singkat,-

Dilihat dari perbedaan Linux dan Windows di atas sudah sangat jelas Linux dan Windows adalah dua sistem operasi komputer yang sangat berbeda. Namun masyarakat Indonesia lebih mengenal sistem operasi Windows dibandingkan Linux. Hal ini dikarenakan banyak orang yang cenderung lebih memilih Windows yang sudah familier dibandingkan Linux yang masih asing. Sebenarnya jika diperhatikan dari perbedaan Linux dan Windows, Linux lebih unggul dari segi keamanan dan program. Akan tetapi, tentu saja sistem operasi Linux mempunyai kelemahan dalam hal cara penggunaannya. Bagi orang biasa akan lebih mudah menggunakan Windows dibandingkan Linux.