Rabu, 27 April 2016

Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban Dalam Masyarakat Beserta Contohnya

Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban Dalam Masyarakat - Kehidupan telah berkembang dari dahulu hingga sekarang. Perbedaan tempat berkembangnya kehidupan tersebut pada akhirnya menimbulkan kebudayaan dan peradaban yang berbeda-beda. Hingga saat ini kita bisa melihat kebudayaan yang beraneka ragam dari setiap negara di belahan dunia. Kebudayaan tersebut muncul karena adanya pengaruh tingkah laku nenek moyang dari masyarakat tersebut. Hingga pada akhirnya terciptalah sebuah peradaban yang aman dan tentram. Jika kita perhatikan baik-baik, kata kebudayaan dan peradaban sering dikaitkan. Lalu, apa sebenarnya perbedaan kebudayaan dan peradaban tersebut?

Kebudayaan dan peradaban sebenarnya adalah dua hal yang sangat berbeda. Namun, karena penggunaannya yang sering disandingkan, maka perbedaan kebudayaan dan peradaban tersebut seolah-olah kabur dan tidak terlihat. Untuk itu, kita perlu menggali lebih dalam perbedaan dan Hubungan peradaban dan kebudayaan tersebut.

Berikut Beberapa Hal Dalam Membedakannya

1. Perbedaan kebudayaan dan peradaban berdasarkan ide yang mendasarinya

Pertama, kita akan mengupas perbedaan kebudayaan dan peradaban dari segi ide yang mendasarinya. Kebudayaan terbangun karena adanya ide-ide yang berkaitan dengan pemikiran yang kemudian diubah menjadi suatu ilmu tertentu. Selain itu, suatu kebudayaan juga muncul akibat adanya ide berupa tujuan, nilai-nilai, agama, dan seni yang berkembang di dalam suatu masyarakat tertentu.

Hal ini berbeda dengan ide dasar adanya suatu peradaban. Suatu peradaban muncul dan berkembang karena adanya ide dan keinginan untuk melakukan sebuah perkembangan dan kemajuan dalam suatu kumpulan masyarakat tertentu. Perkembangan dan kemajuan yang akan digalakkan tersebut tentu tidak bertentangan dengan kebudayaan yang selama ini mereka pegang teguh.

2. Perbedaan kebudayaan dan peradaban berdasarkan aspek hubungannya

Yang kedua, Anda juga akan dapat melihat perbedaan kebudayaan dan peradaban berdasarkan aspek hubungannya. Kebudayaan biasanya merupakan warisan dari nenek moyang suatu masyarakat tertentu. Pada dasarnya, kebudayaan itu berhubungan dengan IPTEK (Ilmu pengetahuan dan teknologi) dan alam. Selain itu, kebudayaan juga berhubungan dengan sesuatu yang faktual, konkret, material, dan relevan. Pernyataan ini juga disampaikan oleh Albion Small.

Hal ini berbeda dengan peradaban. Peradaban biasanya berhubungan dengan kualitas hidup dan kemanusiaan. Selain itu, peradaban juga berhubungan dengan sesuatu yang bersifat intelektual dan pengetahuan praktis. Peradaban dikaitkan dengan suatu usaha untuk memperbaiki kondisi batin manusia dan sesuatu yang memiliki sifat kualitatif. Dari sini persamaan kebudayaan dan peradaban seolah-olah tidak ada.

3. Perbedaan kebudayaan dan peradaban berdasarkan pendapat para ahli

Perbedaan kebudayaan dan peradaban juga akan nampak dari pendapat para ahli mengenai kebudayaan dan peradaban tersebut. Menurut Albion Small, peradaban adalah suatu kemampuan yang ada pada diri manusia. Kemampuan tersebut berupa pengendalian atas keinginan dasar kemanusiaan yang dimilikinya. Menurut Albion Small, Peradaban memiliki tujuan, yaitu untuk melakukan peningkatan atas kualitas hidup dari manusia tersebut.

Perbedaan kebudayaan dan peradaban juga disampaikan oleh Alfred Weber. Ia menyampaikan bahwa peradaban lebih condong pada intelektualitas dan pengetahuan. Peradaban di sini merupakan sebuah sekumpulan cara teknis untuk mengendalikan alam.

Albion Small juga memberikan pendapatnya terkait kebudayaan. Menurutnya, kebudayaan cenderung condong pada kemampuan untuk mengendalikan alam yang dimiliki oleh manusia. Manusia akan mengendalikan alam tersebut dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini telah berkembang.

Kebudayaan menurut Alfred Weber adalah serangkaian prinsip normative, nilai, dan ide. Menurutnya, peradaban lebih siap untuk disebarluaskan dari pada kebudayaan.

4. Perbedaan kebudayaan dan peradaban berdasarkan faktor dan komponen pemicunya

Perbedaan kebudayaan dan peradaban juga dapat diidentifikasi melalui faktor dan komponen pemicunya. J. J. Hoenigman menyatakan bahwa wujud kebudayaan dapat dibedakan menjadi aktivitas, gagasan, dan artefak. Komponen yang mendasarinya terdiri atas kebudayaan material dan kebudayaan nonmaterial. Berbeda dengan kebudayaan, peradaban dinilai lebih kompleks. Adanya suatu peradaban biasanya dipicu karena adanya beberapa faktor, antara lain: sistem ekonomi, sistem pemerintahan, dan IPTEK.

perbedaan-kebudayaan-dan-peradaban-beserta-contoh,-perbedaan-kebudayaan-dan-peradaban-dalam-masyarakat,-perbedaan-kebudayaan-dan-peradaban-menurut-koentjaraningrat,-

Demikianlah perbedaan kebudayaan dan peradaban yang diringkas dalam 4 pokok pembahasan. Anda juga perlu mencari tahu tentang perbedaan kebudayaan dan peradaban dalam Islam. Pengetahuan ini akan benar-benar membuka mata Anda betapa kebudayaan dan peradaban sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia dari zaman dahulu hingga sekarang.