Rabu, 27 April 2016

Perbedaan Jarak dan Perpindahan serta Contohnya

Perbedaan jarak dan perpindahan - Pernahkah Anda memperhatikan berbagai benda di sekitar lingkungan Anda? Jika dikelompokkan berdasarkan pergerakannya, ada benda yang bergerak dan juga ada benda yang diam. Lalu pertanyaan selanjutnya kapankah sebuah benda bisa dikatakan bergerak? Jawabannya ketika benda tersebut mengalami perpindahan posisi atau kedudukan selama rentang waktu tertentu. Dampak dari adanya gerak ini yaitu munculnya jarak dan perpindahan. Mendengar kata jarak dan perpindahan ini masih banyak orang yang bingung dalam menentukan persamaan jarak dan perpindahan serta menentukan perbedaan jarak dan perpindahan.

pengertian jarak dan perpindahan,perbedaan jarak dan perpindahan pada gerak lurus,penjelasan perbedaan jarak dan perpindahan,menjelaskan perbedaan jarak dan perpindahan,

Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban Dalam Masyarakat Beserta Contohnya

Cukup banyak orang yang beranggapan bahwa jarak dan perpindahan adalah sua hal yang sama, sebab pada keduanya sama-sama terjadi perpindahan posisi serta satuannya juga sama. Sebenarnya untuk mengetahui perbedaan jarak dan perpindahan yang perlu dilakukan pertama adalah mengetahui pengertian keduanya. Pengertian jarak yaitu angka yang menjadi representasi dari perubahan posisi yang dialami oleh suatu benda pada lintasan tertentu. Sedangkan pengertian perpindahan yaitu jarak yang paling pendek dari posisi terakhir dan posisi awal yang dialami oleh suatu benda. Berdasarkan pengertian tersebut, sudahkah Anda paham perbedaan jarak dan perpindahan?

Berikut Perbedaan Antara Kedua

Memahami perbedaan jarak dan perpindahan jika hanya berdasarkan pengertian mungkin cukup susah untuk dimengerti. Oleh karena itu, mungkin dengan adanya contoh jarak dan perpindahan akan membuat Anda lebih mudah memahami perbedaan jarak dan perpindahan. 

Berikut ini adalah contoh jarak

Pada suatu pagi, Dimas ingin pergi ke sekolah. Untuk sampai di sekolah dia harus berjalan kaki ke arah barat sejauh 3 meter, setelah itu belok ke utara sejauh 4 meter, dan belok ke barat 3 meter. Berdasarkan contoh tersebut, maka jarak yang ditempuh Dimas yaitu 3 meter + 4 meter + 3 meter = 10 meter. 

Contoh Perpindahan

Selanjutnya untuk memahami perbedaan jarak dan perpindahan, sekarang perhatikan contoh perpindahan berikut ini.

Pada suatu pagi, Dimas ingin pergi ke sekolah. Untuk sampai di sekolah dia harus berjalan kaki ke arah barat sejauh 3 meter, setelah itu belok ke utara sejauh 4 meter, dan belok ke barat 3 meter. Berdasarkan contoh tersebut, maka perpindahan yang dialami Dimas yaitu sejauh 4 meter ke utara.

Berdasarkan contoh perbedaan jarak dan perpindahan dapat diketahui bahwa perbedaan jarak dan perpindahan yaitu:

Pada jarak yang dihitung adalah seluruh panjang lintasan yang dilalui oleh Dimas untuk sampai di sekolahnya. Sedangkan pada perpindahan yang dihitung adalah lintasan terpendek dari posisi awal Dimas hingga ke posisi terakhirnya, selain itu pada perpindahan juga terdapat arah perpindahannya.

Oleh karena itu, sesuai dengan contoh diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Dimas harus menempuh jarak sejauh 10 meter untuk memperoleh perpindahan sejauh 4 meter. Contoh pada perbedaan jarak dan perpindahan di atas tidak berlaku jika selama menempuh jarak, Dimas kembali lagi ke posisi awalnya. Contohnya ketika Dimas berjalan mengelilingi sebuah lapangan bulu tangkis, Dimas memperoleh jarak tetapi dia tidak memperoleh perpindahan sebab dia kembali lagi ke posisi awalnya. Setelah memahami kedua contoh di atas, sekarang sudahkah Anda paham dengan perbedaan jarak dan perpindahan?

pengertian jarak dan perpindahan,perbedaan jarak dan perpindahan pada gerak lurus,penjelasan perbedaan jarak dan perpindahan,menjelaskan perbedaan jarak dan perpindahan,

Selain berdasarkan contoh di atas, perbedaan jarak dan perpindahan juga bisa ditinjau berdasarkan ilmu fisika. Menurut fisika, jarak termasuk besaran skalar, sedangkan perpindahan termasuk besaran vektor. Besaran skalar yaitu besaran yang hanya memiliki nilai saja, sedangkan besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan juga memiliki arah. Yang termasuk dalam besaran skalar selain jarak adalah suhu, waktu, massa, volume, kelajuan, energi, dan daya. Sedangkan yang termasuk besaran vektor selain perpindahan adalah kecepatan, percepatan, momentum, momen, gaya, berat, dan medan listrik. 

Itulah tadi pembahasan mengenai perbedaan jarak dan perpindahan serta contohnya. Berdasarkan pembahasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan jarak menunjukkan seluruh panjang lintasan yang sudah dilalui. Sedangkan, perpindahan menunjukkan selisih antara posisi terakhir dengan posisi awal beserta arahnya. Semoga pembahasan ini bisa menjawab sebagian pertanyaan Anda terkait dengan jarak dan perpindahan. Teruslah belajar, karena ilmu pengetahuan semakin berkembang.