Monday, April 4, 2016

Perbedaan Difusi dan Osmosis Pada Tumbuhan dan Hewan

Perbedaan Difusi dan Osmosis Pada Tumbuhan dan Hewan - Molekul yang ada di dalam sel bisa masuk dan keluar sel melalui mekanisme transport membran. Sistem transport membran bisa terjadi melalui difusi dan osmosis. Persamaan difusi dan osmosis yaitu sama-sama termasuk sistem transport pasif, tetapi keduanya juga memiliki perbedaan. Selama ini masih banyak orang yang bingung mengenai perbedaan difusi dan osmosis, khususnya untuk para siswa yang sedang mempelajari materi transportasi pada membran sel. Perbedaan difusi dan osmosis merupakan salah satu materi yang harus dikuasi oleh para siswa karena termasuk materi pokok, jadi sangat penting untuk mengetahui perbedaannya.

perbedaan difusi dan osmosis beserta contohnya,perbedaan difusi dan osmosis dalam bentuk tabel,contoh difusi dan osmosis,tabel perbedaan difusi dan osmosis,

Baca juga: 8 Perbedaan Hub dan Switch yang Penting untuk Anda Perhatikan

Pengetahuan mengenai perbedaan difusi dan osmosis sebenarnya tidak hanya penting untuk para siswa, namun juga untuk semua orang. Dengan mengetahui pengertian, persamaan, serta contoh perbedaan difusi dan osmosis, maka siapapun dapat mengaplikasikan pengetahuan ini dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Perbedaan Difusi dan Osmosis

Perbedaan difusi dan juga osmosis bisa dicermati berdasarkan pengertiannya masing-masing. Pengertian difusi adalah perpindahan suatu zat terlarut, dari yang konsentrasinya pelarutnya rendah ke bagian yang konsentrasi pelarutnya lebih tinggi. Sementara itu pengertian osmosis adalah perpindahan molekul air melalui membran yang selektif permeable dari yang konsentrasi pelarutnya tinggi ke bagian yang konsentrasi pelarutnya rendah. Berdasarkan pengertian tersebut, sebenarnya sudah tampak perbedaan difusi dan osmosis. Perbedaan difusi dan osmosis adalah bahwa pada difusi yang mengalami perpindahan adalah molekulnya, sementara pada osmosis yang mengalami perpindahan adalah airnya atau pelarut.

Contoh Perbedaan Difusi dan Osmosis

Mungkin jika membaca pengertian saja, orang masih sulit menafsirkan maksud dari perbedaan difusi dan juga osmosis diatas. Oleh karena itu mungkin dengan adanya contoh difusi dan osmosis akan membantu Anda memahami kedua peristiwa tersebut. Contoh difusi adalah air teh yang diberi gula maka rasanya menjadi manis, contoh lain yaitu misalnya kita menyemprotkan parfum maka aromanya akan menyebar kemana-mana. Contoh osmosis yaitu ketika merebus wortel dalam air garam, maka kandungan air dalam wortel akan keluar dan wortel mengkerut. Berdasarkan contoh tersebut, Anda tentu lebih mudah memahami perbedaan difusi dan osmosis.

Jika contoh di atas sifatnya kasat mata, contoh lain yang tidak dapat diamati yang tidak dapat diamati secara langsung yaitu mengenai perbedaan difusi dan osmosis terkait dengan transport di dalam sel. Contoh difusi adalah perpindahan molekul glukosa dari luar membran menuju ke dalam membran melalui selaput permeable. Contoh osmosis pada tumbuhan adalah peristiwa penyerapan air oleh akar tumbuhan dari dalam tanah, dan contoh osmosis pada manusia yaitu bisa dilihat pada orang yang sedang sakit dan diberi infus. Cairan di dalam infus harus seimbang dengan cairan darah atau disebut isotonis.

Perbedaan Difusi dan Osmosis Berdasarkan Kecepatan Transportnya

Perbedaan difusi serta osmosis bisa dilihat berdasarkan kecepatan transportnya. Proses difusi berjalan lebih cepat, dan osmosis berjalan lebih lambat. Hal itu karena pada difusi molekul zat terlarut yang mengalami perpindahan, sehingga prosesnya bisa berjalan cepat karena tidak melalui membran selektif permeabel. Sementara pada osmosis pelarutnya yang berpindah sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama karena pelarut harus melewati membran selektif permeable dulu untuk disaring. Proses penyaringan ini bertujuan agar hanya air saja yang dapat melintasi membran, sehingga tidak ada unsur lain yang turut terbawa masuk.

Selain itu, perbedaan difusi dan osmosis yang lain yaitu berdasarkan ketersediaan air. Proses difusi tidak bergantung pada ketersediaan air untuk membantu menjalankan molekul zat terlarut yang akan berpindah. Proses osmosis hanya bisa terjadi di dalam air, sehingga jika tidak ada air maka tidak bisa terjadi osmosis. Proses difusi dan osmosis ini sangat penting bagi makhluk hidup agar kebutuhan sel-selnya tercukupi. Pada manusia proses osmosis memegang peranan cukup vital karena membantu penyebaran nutrisi dan membantu membuang limbah dari dalam sel.

Itulah tadi perbedaan difusi dan osmosis pada hewan dan tumbuhan berdasarkan pengertian, contoh, dan kecepatan transportasinya. Semoga pembahasan ini dapat membantu Anda untuk memahami perbedaan antara kedua proses transportasi di dalam membran sel.