Senin, 04 April 2016

8 Perbedaan Hub dan Switch yang Penting untuk Anda Perhatikan

Perbedaan Hub dan Switch - Apakah Anda sedang mencari perbedaan Hub dan Switch? Jika iya, maka Anda dapat membaca dan menyimak uraian berikut ini. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan 2 perangkat ini, terutama bagi Anda yang pekerjaannya berhubungan dengan IT. Kedua perangkat tersebut sama-sama digunakan untuk melakukan pemecahan jaringan. Baik Hub ataupun Switch lebih banyak digunakan dalam jaringan komputer yang menggunakan topologi star. Lalu, apa adakah perbedaan Hub dan Switch? Keduanya memang memiliki fungsi yang sama namun keduanya tetap memiliki perbedaan.


perbedaan hub dan switch komputer,perbedaan hub dan switch pada jaringan komputer,perbedaan hub dan switch secara teknis,perbedaan bridge dan router,perbedaan hub dan switch dan router,

Baca juga: Spesifikasi dan Perbedaan IPhone 4s dan 5

Jika Anda belum mengetahui apa saja perbedaan diantara keduanya, simak uraian mengenai pengertian Hub dan Switch berikut ini. Baik Hub ataupun Switch, keduanya merupakan perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk membagi koneksi. Di mana pembagian koneksi tersebut bertujuan agar satu komputer dan komputer lain dapat saling terhubung. Secara garis besar, Hub adalah perangkat jaringan yang sederhana. Sementara Switch adalah perangkat jaringan yang memungkinkan adanya distribusi paket data antar komputer dalam sebuah jaringan komputer. Untuk perbedaan Hub dan Switch, simak uraian lengkap berikut ini.

Perbedaan Hub dan Switch Secara Garis Besar

Berikut ini ada beberapa hal yang membedakan antara Hub dan juga Switch. Antara lain:

1. Pengontrol transmisi

Di dalam Hub, hanya ada satu pengontrol transmisi sementara pada Switch terdapat pengontrol transmisi di setiap portnya.

2. Jumlah port mempengaruhi

Perbedaan Hub dan Switch berikutnya dapat dilihat dari pengaruh jumlah port yang ada. Baik pada Hub ataupun Switch, jumlah portnya memang berbeda-beda. Semakin banyak jumlah port pada Hub, maka proses transmisi data akan semakin melambat. Berbeda dengan Switch, jumlah port tidak berpengaruh pada proses transmisi data.

3. Jumlah port pada perangkat

Perbedaan Hub dan Switch lainnya yaitu jumlah port pada Hub sangat terbatas. Umumnya Hub hanya memiliki port sekitar 4 sampai 12, sementara Switch dapat memiliki lebih banyak port.

4. Kecepatan transfer data

Untuk kecepatan transfer data Switch vs Hub, Hub lebih unggul dibanding Switch. Switch memiliki kecepatan transfer data yang lebih rendah dibandingkan Hub.

5. Keamanan

Keamanan juga menjadi salah satu perbedaan Hub dan Switch yang penting untuk Anda ketahui. Hub memiliki keamanan yang lebih rendah dibandingkan dengan Switch. Seperti yang sudah disebutkan, setiap port pada Switch dilengkapi dengan pengontrol transmisi.

6. Lapisan OSI Layer

Perbedaan Hub dan Switch juga dapat dilihat dari lapisan OSI Layer, di mana Hub bekerja di lapisan OSI Layer pertama atau Physical Layer. Sementara Switch bekerja pada lapisan OSI Layer kedua yaitu Data Link. Dilihat dari lapisannya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi dari Switch ternyata lebih kompleks dibanding Hub.

7. Proses pengaturan

Perbedaan Hub dan Switch selanjutnya yaitu terlihat pada proses pengaturan. Di mana pada Hub tidak dapat dilakukan proses pengaturan atau setting. Berbeda dengan Switch yang dapat melakukan penyaringan komputer dengan memblokir komputer yang tidak boleh tersambung. Hal ini juga yang menyebabkan keamanan pada Switch lebih baik dibandingkan pada Hub.

8. Harga

Untuk harga, sudah dapat ditebak dari kemampuan dan keamanannya bahwa Switch lebih baik dibandingkan Hub. Tentunya harga Switch lebih mahal dibandingkan Hub, tidak heran karena sesuai dengan fungsinya.

Itulah perbedaan Hub dan Switch secara garis besar yang dapat dibagikan untuk Anda. Setelah membaca uraian tersebut, sekarang Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing di antara kedua perangkat jaringan komputer tersebut. Jika Anda membutuhkan pemecah jaringan yang sederhana untuk jaringan LAN maka Anda dapat memilih Hub. Seperti yang telah disebutkan dalam perbedaan Hub dan Switch tersebut, Hub cenderung lebih sederhana dibandingkan Switch. Selain itu, harganya lebih murah dibandingkan Switch, cocok untuk pengimplementasian pada jaringan komputer yang sederhana dan ekonomis.

Setelah mengetahui apa itu Hub dan Switch, Anda akan jauh lebih mudah memilih salah satu di antaranya. Jika Anda membutuhkan perangkat untuk membagi koneksi jaringan pada jaringan LAN yang luas seperti perkantoran dan sekolah maka gunakan Switch. Pasalnya Switch mampu memberikan pengamanan yang lebih baik dibandingkan Hub. Sementara instansi-instansi besar umumnya membutuhkan keamanan yang baik pada jaringan komputernya. Untuk pemilihan, pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda karena keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sekian ulasan mengenai perbedaan Hub dan Switch, semoga ulasan ini bermanfaat.