Saturday, April 2, 2016

Pengertian Serta Perbedaan Hak dan Kewajiban Beserta Contohnya

Pengertian Serta Perbedaan Hak dan Kewajiban - Perbedaan hak dan kewajiban adalah hal yang penting untuk diketahui setiap orang. Masalah yang berhubungan dengan hak dan juga kewajiban memang sering kali memancing perdebatan bagi sebagian orang. Untuk itu, setiap orang sebaiknya mengetahui pengertian hak dan juga kewajiban agar tidak terjadi perdebatan yang tidak ada gunanya. Perbedaan antara hak dan kewajiban biasanya sudah disampaikan di bangku sekolah. Pasalnya hal ini memang sangat penting, keterkaitan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari sulit untuk dilepaskan. Bagi Anda yang belum tahu pengertian hak dan kewajiban, simak uraian berikut.

pengertian perbedaan hak dan kewajiban,artikel perbedaan hak dan kewajiban,contoh pelanggaran hak warga negara dalam kehidupan masyarakat,contoh hak dan kewajiban,

Baca juga: Perbedaan Difusi dan Osmosis Pada Tumbuhan dan Hewan

Pengertian Serta Perbedaan Hak dan Kewajiban

Sebenarnya perbedaan hak dan kewajiban dapat dilihat dari pengertiannya masing-masing. Di mana hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang. Untuk penggunaan hak tersebut tergantung dari sang pemilik atau orang yang memilikinya. Apakah ingin menggunakan haknya atau tidak, tidak ada paksaan untuk penggunaannya. Semuanya tergantung dari orang tersebut, apakah ingin menggunakan haknya atau tidak. Namun berbeda dengan kewajiban, mau tidak mau seseorang harus melakukan kewajibannya. Itulah perbedaan hak dan kewajiban secara garis besar, di mana terletak pada penggunaannya.

Kewajiban adalah sesuatu yang wajib atau harus dilakukan oleh orang yang terlibat. Jika orang yang memiliki hak tidak menggunakan haknya maka tidak akan masalah. Namun jika orang yang memiliki kewajiban dan tidak mengerjakan kewajibannya maka ia akan mendapatkan ganjaran atau semacam hukuman. Perbedaan hak dan kewajiban tersebut penting untuk Anda ketahui, jangan sampai salah memahaminya. Untuk membantu Anda memahami perbedaan antara hak dan kewajiban, berikut ini ada beberapa contoh hak dan kewajiban yang dapat Anda simak. Langsung saja, berikut adalah contoh dari hak dan kewajiban:

1. Dalam bidang politik

Dalam bidang politik, setiap orang memiliki hak untuk diperlakukan sama dalam hukum dan juga pemerintah. Perbedaan hak dan kewajiban sangat jelas di dalam bidang politik, keduanya sama-sama dimiliki oleh setiap orang. Kewajiban setiap orang adalah menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan. Maksudnya, setiap orang memiliki hak untuk diperlakukan dengan adil tidak peduli jabatan atau status sosialnya. Begitu juga kewajibannya, tidak peduli jabatan orang tersebut maka ia wajib menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan. Itulah contoh dari perbedaan hak dan kewajiban di dalam bidang politik.

2. Dalam bidang sosial

Dalam bidang sosial, hak setiap orang adalah memperoleh kesempatan mendapatkan pendidikan. Selain itu juga menikmati dan mengembangkan kebudayaan daerah dan nasional merupakan hak setiap orang. Perbedaan hak dan kewajiban juga dapat dilihat dari contoh kali ini, di mana hak setiap orang sama dalam bidang sosial. Untuk kewajiban, setiap orang harus atau wajib mematuhi peraturan dalam bidang pendidikan. Setiap orang juga berkewajiban untuk memelihara kebersihan, ketertiban serta memelihara kebudayaan daerah dan nasional. Contoh perbedaan hak dan kewajiban ini harus Anda pahami untuk kepentingan Anda sendiri.

3. Dalam bidang ekonomi

Jika Anda masih belum paham mengenai hak dan kewajiban dari contoh-contoh sebelumnya, contoh yang satu ini akan semakin membantu Anda. Contoh berikut ini dapat memperjelas apa perbedaan hak dan kewajiban. Dalam bidang ekonomi, setiap orang berhak untuk memperoleh jaminan kesejahteraan ekonomi. Contohnya yaitu tersedianya barang atau jasa untuk keperluan sehari-hari dengan harga yang terjangkau. Sementara setiap orang berkewajiban untuk bekerja keras untuk mengolah sumber daya alam. Setiap orang juga berkewajiban untuk mempertimbangkan hak orang lain, jangan sampai merugikan orang lain.

Keterkaitan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari memang sulit untuk dilepaskan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan hak tergantung dari orang yang memilikinya. Sementara kewajiban adalah hal yang harus dilakukan, akan ada konsekuensi jika seseorang tidak mengerjakan kewajibannya. Konsekuensi tersebut tentu berbeda-beda, tergantung dari aturan yang ada. Berikut adalah contoh adanya hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu Anda dalam memahami perbedaan hak dan kewajiban. 

Berikut adalah Contoh Dari Hak dan Kewajiban Seorang Karyawan

- Hak

Setiap karyawan berhak mendapatkan upah atau bayaran setelah melakukan pekerjaannya.

- Kewajiban

Setiap karyawan berkewajiban mengerjakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian awal yang disetujui oleh karyawan dan atasannya.

Berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari memang selalu memiliki keterkaitan dengan hak dan kewajiban. Oleh sebab itu sebaiknya setiap orang dapat memahami apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban. Penting juga baginya untuk mengetahui perbedaan hak dan kewajiban dalam bidang apapun agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.