Senin, 18 April 2016

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen - Akuntansi adalah salah satu ilmu yang berhubungan erat dalam dunia bisnis beserta dinamika perusahaan. Akan tetapi, ilmu akuntansi sendiri terbagi ke dalam akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Di mana terdapat beberapa perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen itu sendiri. Maka dari itulah, kedua bidang ilmu ini tak bisa disamakan jika dilihat dari beberapa faktor. 

persamaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen,perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen menurut mulyadi,perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan menurut para ahli,

Baca juga: Perbedaan AMD dan Intel Melalui Beberapa Faktor

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen dalam ilmu akuntansi sendiri mencakup beberapa faktor. D mana keduanya ini muncul dikarenakan berkaitan dengan dinamika perusahaan terhadap ilmu akuntansi. Adapun perbedaan pokok akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yakni terletak dalam informasi, pengguna laporan akuntansi beserta tujuannya, lingkup informasi, rentang waktu, dan kriteria informasi akuntansi.

Untuk Lebih Jelasnya, Anda Bisa Menyimak Ulasan Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen Menurut Faktor-Faktornya

1. Pengguna Laporan Akuntansi

Perbedaan ilmu akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yang pertama terdapat pada pengguna laporan akuntansi itu sendiri. Pada akuntansi manajemen biasanya lebih fokus pada kebutuhan informasi sesuai keperluan atau kebutuhan pengguna internal. Sementara, perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen untuk akuntansi keuangan sendiri lebih fokus pada kebutuhan informasi dalam pengguna eksternal.

2. Pembatasan Masukan dan Proses

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen terdapat pada pembatasan masukan dan proses. Pada akuntansi manajemen sendiri tak bergantung terhadap prinsip dasar ilmu akuntansi yang telah diterima pada umumnya. Sementara perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, untuk akuntansi keuangan mempunyai lembaga khusus berperan untuk mengatur aturan, format, isi dan sebagainya. Selain itu, untuk akuntansi keuangan ada yang namanya regulasi, sementara akuntansi manajemen tak mempunyai regulasi. Untuk akuntansi manajemen, informasi dan sistem ditentukan manajemen langsung.

3. Sifat Informasi

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen selanjutnya pada sifat informasi. Di mana untuk akuntansi manajemen umumnya mempunyai sifat informasi lebih subjektif, sementara akuntansi keuangan bersifat lebih objektif. Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen lainnya, pada akuntansi manajemen biasanya mempertimbangkan segala hal secara akurat, valid dan relevan. Sementara akuntansi keuangan memiliki sifat informasi yang konsisten, bisa di audit, reliabel, dan tepat.

4. Berdasarkan Cakupan

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen juga terdapat cakupannya. Di mana akuntansi keuangan memiliki cakupan tentang laporan organisasi dengan menyeluruh. Sementara, pada akuntansi manajemen sendiri memberitahukan keputusan dan tindakan apa yang harus di ambil.

5. Waktu

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen berikutnya terdapat pada waktu. Jika dilihat berdasarkan garis besar, dimana akuntansi keuangan mempunyai orientasi waktu secara historis atau terlambat. Adapun fungsi akuntansi jenis ini yaitu untuk menuliskan berbagai kegiatan yang telah terjadi. Sementara pada akuntansi manajemen sendiri orientasi waktunya yaitu saat ini dan orientasi untuk masa depan. Adapun tujuannya untuk memfokuskan penyediaan informasi serta kegiatan di masa mendatang.

6. Tipe Informasi

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen terdapat pada tipe informasi. Dimana akuntansi keuangan tipe informasinya hanya mengukur tentang keuangan saja. Berbeda halnya dengan akuntansi manajemen yang tipe informasinya mengukur operasional dan keuangan juga supplier, pengukuran fisik, kompetitor, pelanggan dan teknologi.

persamaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen,perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen menurut mulyadi,perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan menurut para ahli,

Dapat di simpulkan berdasarkan ulasan di atas, di mana kriteria informasi dari akuntansi manajemen tak dibatasi dari prinsip-prinsip dasar akuntansi. Akuntansi manajemen akan menghasilkan sebuah informasi untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan yang berkaitan terhadap kebijakan perusahaan, pengorganisasian, pengendalian, pengarahan dan perencanaan. Jadi, akuntansi manajemen tak hanya mengandalkan dalam satu ilmu saja seperti ilmu akuntansi, tetapi juga berperan dalam pengambilan disiplin ilmu manajemen perusahaan. 

Berbeda dengan akuntansi keuangan dimana membutuhkan tingkat ketepatan tinggi, bersifat akurat, objektif serta bisa diuji kebenarannya. Sebab para pengguna bidang ilmu ini yaitu pihak-pihak di luar perusahaan dengan memakai laporan keuangan untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Agar memperoleh tingkat ketepatan inilah perusahaan biasanya memakai jasa yang berasal dari pihak ketiga di luar perusahaan yang bertujuan agar memberikan pendapat mengenai laporan keuangan yang ada di perusahaan yakni auditor. Itulah perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen!