Senin, 18 April 2016

Perbedaan Agama Hindu dan Budha Lengkap

Perbedaan agama Hindu dan Budha secara lengkap - Seperti kita ketahui, dimana agama Budha dan Hindu merupakan kedua agama yang besar dan muncul nyaris bersamaan pada abad ke 6 sebelum Masehi yang ada di India. Jika ditinjau berdasarkan beberapa aspek, terdapat beberapa perbedaan antara agama Hindu dan Budha. Adapun perbedaannya terdapat pada pnn. Pengakuan, asal usul, serta keyakinan akan dewa, kepercayaan pada reinkarnasi, eksklusivitas sistem kasta, dan pelaksanaan kurban yang diperbolehkan atau tidaknya. 

perbedaan agama hindu dan budha dalam bentuk tabel,persamaan agama hindu dan budha,perbedaan agama hindu dan budha yang terdapat di lembah sungai gangga,perbedaan ajaran agama hindu dan budha,

Baca juga: Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Di samping perbedaannya, ternyata persamaan agama Hindu dan Budha terdapat dalam sejarah perkembangannya secara awal, perkembangan, persebarannya, ajarannya sebagai sebuah agama Ardhi dan pengaruhnya pada lingkungan kehidupan masyarakat di masa silam. Untuk lebih jelas, Anda bisa menyimak perbedaan agama Hindu dan Budha yang akan dijelaskan. 

Dimana Ada Beberapa Aspek Yang Membedakan Antara Kedua Agama Besar Ini Seperti Berikut

1. Penggunaan Kasta

Perbedaan agama Hindu dan Budha yang pertama adalah dalam hal penggunaan kasta. Di mana dalam agama Hindu terdapat 5 kasta, yakni Brahmana (pendeta), Ksatria (bangsawan, raja), Waisya (peternak, pedagang, petani), Sudra (pelayan), dan Paria (gelandangan atau pengemis). Sementara perbedaan kasta agama Hindu dan Budha untuk agama Budha sifatnya non eksklusif, dimana agama ini dapat menerima siapa pun serta tak mengenal adanya pembagian kasta pada masyarakat.

2. Tradisi Lokal

Perbedaan agama Hindu dan Budha berikutnya dari tradisi lokal. Masuknya agama Budha dan Hindu tak menghancurkan tradisi dari para leluhur masyarakat. Di mana di Indonesia, khususnya Bali dan Jawa, masuknya agama Hindu bersatu dengan sempurna pada kebijaksanaan para leluhur atau tetua masyarakat lokal. Selain itu, di Tibet sendiri, masuknya Budha tak menghancurkan atau meruntuhkan agama asli dari penduduk di sana, seperti agama Bon justru keduanya bisa menyatu secara sempurna.

3. Istilah

Perbedaan agama Hindu dan Budha juga terdapat dalam istilah yang digunakannya namun memiliki maksud yang sama. Dalam agama Hindu terdapat istilah ahamkara yakni ego, sementara dalam agama Budha juga dikenal istilah dari kemelekatan yang artinya keinginan. Selain itu, dalam kitab Budha sendiri lebih banyak dipakai bahasa Prakrit sebagai bahasa rakyat, berbeda halnya dengan agama Hindu yang memakai bahasa Sansekerta.

4. Perbedaan Kitab

Perbedaan agama Hindu dan Budha sudah jelas terdapat pada kitab yang digunakannya. Di mana dalam agama Hindu terdapat kitab-kitab yang dikenal yakni Reg Veda, Yajur Veda, Sama Veda dan Atharva Veda. Perbedaan agama Hindu dan Budha untuk kitab agama Budha lebih dikenal yang namanya kitab Tripitaka, yakni Sutta Pitaka, Vinaya Pitaka dan Abhidharma Pitaka.

5. Keyakinan

Perbedaan agama Hindu dan Budha terdapat pada tata cara beribadah dan juga kitab yang menjadi pegangannya. Agama Hindu banyak memuja dewa yang sangat di percaya memiliki kuasa dan dalam segi tertentu yang mengurusi kehidupan berbagai makhluk hidup. Sementara perbedaan agama Hindu dan Budha untuk agama Budha sendiri kesempurnaan bisa dicapai untuk tiap orang dengan tidak melalui bantuan kaum Brahmana atau pendeta. 

Tak hanya itu saja, perbedaan agama Hindu dan Budha juga terdapat pada alirannya di mana aliran agama Budha sendiri dipecah menjadi 2, yakni aliran Mahayana dan Hinayana. Hal inilah yang membedakan agama Hindu dan agama Budha.  
perbedaan agama hindu dan budha dalam bentuk tabel,persamaan agama hindu dan budha,perbedaan agama hindu dan budha yang terdapat di lembah sungai gangga,perbedaan ajaran agama hindu dan budha,

Di samping perbedaan agama Hindu dan Budha di atas, terdapat beberapa persamaan antara agama Hindu dan Budha di antaranya terdapat dalam kebenaran ajarannya. Kedua agama ini mengajarkan kebenaran serta mengusahakan pembimbingan kehidupan manusia agar berjalan sesuai dengan pedoman hidup yang benar. Walaupun berasal dari negeri India, tetapi kedua agama tersebut justru lebih cenderung menyebar ke Asia Tenggara dan Asia Timur.

Selain itu persamaan lainnya juga berasal dari awal mula kemunculannya. Di mana kedua agama ini berasal dari negeri India serta muncul pada masa yang hampir bersamaan. Adapun kedua agama tersebut termasuk agama ARdhi artinya muncul dari awal kebiasaan masyarakat yang ada di bumi. Nah, itulah beberapa perbedaan agama Hindu dan Budha dan persamaannya!