Monday, April 18, 2016

Perbedaan AMD dan Intel Melalui Beberapa Faktor

Perbedaan AMD dan Intel dari berbagai aspek - Berbicara mengenai prosesor tentunya mengingatkan kita akan performa perangkat PC atau komputer. Hal ini dikarenakan prosesor merupakan otaknya perangkat komputer. Ada banyak sekali beberapa produsen yang menciptakan prosesor, namun hanya terdapat 2 merek atau vendor saja yang menguasai pangsa pasar di dunia, diantaranya Intel dan AMD. Dimana terdapat beberapa perbedaan antara AMD dan Intel yang perlu kita ketahui. Hal ini tentunya bisa dijadikan referensi ketika kita hendak membeli perangkat komputer.


perbedaan-amd-dan-intel-2015,-perbedaan-amd-dan-intel-atom,-perbedaan-amd-dan-intel-celeron,-perbedaan-amd-dan-intel-core-i3,-perbedaan-amd-dan-intel-pada-laptop,-perbedaan-amd-dan-intel-untuk-game

Baca juga: Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae Beserta Contohnya Dari Segala Aspek

Perbedaan AMD dan Intel sebenarnya tak hanya terdapat pada mereknya saja, melainkan juga terdapat pada keunggulan dan kelebihan kedua merek itu sendiri. Bila Anda pemula yang baru mengenal komputer tentunya hanya mengenal Intel saja namun berbeda bila Anda yang telah lama terjun di dunia komputer, tentunya merek AMD ini juga familiar di telinga. Diantara keduanya, terdapat kelebihan dan kelemahan AMD dan Intel yang begitu terlihat. Sehingga bisa dijadikan pertimbangan ketika Anda hendak memilih sebuah prosesor untuk perangkat komputer Anda. 

Perbedaan AMD dan Intel tentunya dari kepamorannya. Di mana Intel memiliki kepopuleran yang unggul dibanding AMD. Akan tetapi, untuk mengimbangi tingkat popularitasnya, AMD tentunya tak ingin kalah. Hal ini terbukti dengan pihak AMD yang kian meluncurkan produk prosesor generasi terbarunya. Di mana perbedaan prosesor AMD dan Intel dalam hal produk terbarunya sendiri, untuk Intel sendiri mengeluarkan varian Core i7, sedangkan prosesor AMD mengandalkan AMD Bulldozer sebagai prosesor tercepat kini. 

Meskipun sebenarnya orang yang masih awam belum mengetahui prosesor AMD ini beranggapan di mana prosesor AMD ini cepat panas, kinerjanya kurang bagus, harganya murah dan lain sebagainya, padahal itu tidaklah benar. Sebab ada beberapa keunggulan AMD sekaligus yang membuat perbedaan AMD dan Intel. Mungkin AMD di pasaran kalah saing, namun dalam hal teknologi tentunya ia memiliki keunggulan tersendiri.

Kelebihan dan Kelemahan Intel

Beberapa aspek yang membuat perbedaan AMD dan Intel dilihat dari kelebihannya. Di mana pada Intel, temperatur dapat diatur sendiri melalui prosesornya, bila prosesor tersebut terlalu panas dengan begitu kecepatan kinerjanya secara otomatis akan berkurang. Perbedaan AMD dan Intel dalam hal kelebihan Intel ini yakni prosesor Intel tergolong lebih kuat dalam multimedianya. Selain itu, kinerja prosesor ini tak berisik. Di mana pada Intel, memakai teknologi heatsink saja serta tak memakai pendingin layaknya kipas. 

Perbedaan AMD dan Intel berikutnya untuk Intel, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya dimana Intel lebih terkenal di pasaran sebab produk ini lebih dulu ada dibandingkan prosesor AMD. Selain kelebihan, perbedaan AMD dan Intel juga bisa dilihat dari kelemahan Intel. Di mana dari urusan grafis Intel tergolong lebih lemah dibandingkan AMD. Meskipun performanya handal namun tentunya memerlukan biaya lebih mahal. Serta bila terjadi kerusakan biaya pemeliharaan prosesor ini lebih banyak dikarenakan motherboard dan prosesor pada Intel dijadikan satu.

Kelebihan dan Kelemahan AMD

Perbedaan AMD dan Intel juga dapat melirik kelebihan prosesor AMD. Di mana AMD menjalankan teknologi prosesor AMD64 begitu baik untuk menjalankan aplikasi berbasis 64 bit. Untuk urusan grafis sendiri AMD tergolong lebih kuat dibandingkan Intel. Perbedaan AMD dan Intel berikutnya di mana harga jual prosesor ini lebih murah dibandingkan Intel. Teknologi Enhanced Virus Protection pada AMD memudahkan prosesor untuk mendeteksi virus. Di mana bila terdeteksi virus maka prosesor ia tak bisa di proses.

perbedaan-amd-dan-intel-2015,-perbedaan-amd-dan-intel-atom,-perbedaan-amd-dan-intel-celeron,-perbedaan-amd-dan-intel-core-i3,-perbedaan-amd-dan-intel-pada-laptop,-perbedaan-amd-dan-intel-untuk-game
Selain kelebihan, perbedaan AMD dan Intel juga dapat dilihat dari kelemahan AMD. Untuk pencinta gaming, umumnya tak semua prosesor AMD ini kompatibel bersama jenis prosesor ini. AMD tergolong lebih kalah populer dibandingkan Intel, dengan begitu banyak masyarakat lebih memilih prosesor Intel dibandingkan AMD. Selain itu, kekurangan prosesor AMD ini yaitu cepat panas namun tentunya diatasi oleh teknologi dari ice cooler yang terdapat dalam produk Asus. 

Berdasarkan kelebihan dan kelemahan antara prosesor Intel dan AMD di atas, tentunya kita bisa menyimpulkan beberapa faktor Perbedaan AMD dan Intel yang perlu diketahui. Dengan melihat ulasan ini, kita bisa memilih mana prosesor yang tepat untuk kebutuhan Anda. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat!