Rabu, 06 April 2016

Pengertian Serta Perbedaan Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian Serta Perbedaan Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi - Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi. Mungkin untuk sebagian orang pembangunan serta pertumbuhan ekonomi adalah sama. Atau dapat juga disebut secara terbalik. Padahal, keduanya memiliki arti yang berbeda dan juga memiliki tujuan yang berbeda walaupun keduanya memiliki kesinambungan. Dimana pertumbuhan ekonomi akan mempengaruhi pembangunan ekonomi suatu negara. Oleh sebab itu akan dijelaskan beberapa hal yang membedakan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi.

cara mengukur pertumbuhan ekonomi,indikator keberhasilan pembangunan ekonomi,faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi,persamaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi,

Baca juga: Perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Pengertian pembangunan ekonomi sendiri merupakan sebuah proses dari peningkatan pendapatan perkapita serta pendapatan total dari sebuah negara. Dimana tentu saja akan memperhitungkan pertumbuhan penduduk dan juga pemerataan pendapatan untuk penduduk negara tersebut. Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi memang memiliki keterkaitan tetapi juga memiliki perbedaan yang cukup mudah untuk dibedakan.

Teori pertumbuhan ekonomi sendiri memang merupakan sebuah kunci untuk dapat membentuk pembangunan ekonomi sebuah negara. Pertumbuhan ekonomi sendiri merupakan sebuah tolak ukur dari ukuran kuantitatif atau dapat juga proses dari peningkatan produksi yang akan membantu meningkatkan pendapatan nasional dalam kurun waktu tertentu. Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi ini memang memiliki pengertian yang berbeda.

Tujuan pembangunan ekonomi sendiri adalah untuk membuat kehidupan masyarakat sebuah negara akan semakin meningkat. Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi juga tidak dapat dilepaskan dari tujuan pembangunan ekonomi tersebut. Tanpa adanya pertumbuhan ekonomi tentunya tidak akan terjadi pembangunan nasional karena pertumbuhan ekonomi akan memperlancar proses pembangunan nasional. Begitu pula dengan sebaliknya di mana pembangunan ekonomi akan secara otomatis mendorong adanya pertumbuhan ekonomi.

Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi memang dapat dikatakan secara umum memiliki perbedaan dalam hal sifat kualitatif dan kuantitatif. Dari maksud pertumbuhan ekonomi sebuah negara tentunya akan menentukan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi. Karena secara langsung pertumbuhan ekonomi akan menaikkan pendapatan nasional. Pertumbuhan ekonomi yang meningkat ini juga membentuk pembangunan nasional.

Keberhasilan pertumbuhan ekonomi memiliki sifat yang lebih kuantitatif. Di mana kenaikan dalam ukuran standar pendapatan serta tingkat dari hasil produksi yang sudah dihasilkan. Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi juga berbanding dengan pembangunan ekonomi yang memiliki sifat kualitatif. Dimana bukan bentuk pertambahan produksi saja yang menentukan tetapi juga memiliki banyak sekali perubahannya.

Perubahan dalam pembangunan ekonomi akan terjadi dalam struktur produksi serta alokasi pemasukan yang berasal dari berbagai sektor perekonomian. Dalam hal ini contohnya sebuah lembaga, sosial, teknik dan juga pengetahuan. Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi ini cukup jelas untuk membedakannya. Karena sifat keduanya memiliki tujuan yang memang berbeda satu sama lainnya.

Faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi secara umum dikelompokkan menjadi dua, yaitu faktor ekonomi dan faktor non-ekonomi. Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi yang disebabkan oleh faktor pengaruh pembangunan ekonomi juga akan memberikan perbedaan dalam hubungannya dengan pertumbuhan ekonomi. Untuk faktor non-ekonomi sendiri dapat dipengaruhi dari kultur sosial yang ada di dalam masyarakat. Dapat juga berupa keadaan politik sebuah negara, kelembagaan serta sistem yang berlaku.

Untuk faktor ekonomi sendiri dapat disebabkan dengan adanya sumber daya alam, sumber daya manusia, keahlian, kewirausahaan serta sumber daya modal sendiri. Tentunya dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi harus dilakukan dari beberapa faktor yang dapat mendukung terjadinya pembangunan ekonomi. Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi inilah yang menyebabkan perbedaan keduanya terlihat dengan jelas.

Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi dalam sudut pandang pertumbuhan ekonomi sendiri akan memiliki perbedaan dalam proses menaikkan produk per kapita dalam waktu jangka panjang. Oleh sebab itu, pertumbuhan ekonomi tidak memperhatikan tentang pemerataan pendapatan. Jika hal tersebut terjadi, pertumbuhan ekonomi belum tentu dapat meningkatkan standar hidup masyarakat dan juga belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi.

Sedangkan perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi dalam sudut pandang pembangunan ekonomi sendiri memiliki proses perubahan yang akan terjadi secara kontinu untuk menuju perbaikan atau meningkatkan produk per kapita. Biasanya juga pembangunan ekonomi akan membantu taraf hidup masyarakat karena akan memperhatikan pemerataan pendapatan. Dan yang terutama adalah pembangunan ekonomi akan selalu dibarengi dengan adanya pertumbuhan ekonomi.

Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi di atas tentu saja sudah sangat cukup untuk dapat membandingkan perbedaannya. Walaupun terdengar serupa, kedua memiliki tujuan yang berbeda satu sama lainnya. Namun pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi ini tentunya memiliki hubungan kesinambungan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Oleh sebab itu pertumbuhan ekonomi tidak dapat terjadi jika tidak adanya pembangunan ekonomi.