Wednesday, April 6, 2016

Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri Beserta Contohnya

Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri Beserta Contohnya - Terletak di mana sajakah perbedaan otak kanan dan otak kiri pada manusia? Sebelum membahas perbedaan, tentunya Anda harus mengetahui bentuk otak manusia terlebih dahulu. Seperti yang kita tahu bahwa otak dibagi menjadi 2 bagian, yakni otak kanan dan otak kiri. Kedua struktur otak ini sangatlah kompleks. Meskipun begitu, teori modern mengatakan bahwa setiap bagian mempunyai peran untuk berbagai jenis pemikiran. Sangat sulit memisahkan kedua struktur dari otak ini, karena beberapa penelitian menunjukkan jika satu sisi bagian otak mempunyai jenis dan pemikiran tertentu. Oleh karena itu, perbedaan otak kanan dan otak kiri mudah untuk diidentifikasi.


tes otak kanan dan otak kiri,cara mengetahui otak kanan dan otak kiri,cara melatih otak kanan,motivasi otak kanan,training otak kanan kiri,dominan otak kiri,kelebihan otak kiri,

Baca juga: Pengertian Serta Perbedaan Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi

Perbedaan kedua fungsi yaitu otak kiri atau kanan akan membentuk karakteristik, sifat serta kemampuan yang berbeda di masing-masing orang. Sehingga orang satu dengan yang lainnya mempunyai sistem kerja otak yang berbeda. Perbedaan otak kanan dan otak kiri, jika belahan otak kanan bisa mengontrol otot pada bagian kiri tubuh. Sedangkan belahan otak di bagian kiri akan mengontrol otot pada bagian kanan tubuhnya. Jika Anda ingin mengamati perbedaan otak kanan dan otak kiri, cobalah mengedipkan mata kanan, maka itu yang bekerja adalah otak kiri. Oleh karena itu, jika terdapat kerusakan di satu sisi otak, maka akan mempengaruhi fungsi tubuh lainnya.

Perlu Anda tahu, secara umum otak kiri lebih dominan di dalam bidang bahasa. Otak kiri meliputi proses dalam pengolahannya misalnya apa yang kita dengar dan akan menangani sebagian besar dari tugas berbicara. Perbedaan otak kanan dan otak kiri adalah bagian otak kiri lebih bertugas mengenai soal logika serta hitungan matematika. Misalnya jika Anda ingin mengungkapkan fakta, maka otak kiri akan menariknya dari memori. Sehingga jika merasa bahwa pandai berhitung matematika maka otak kirilah yang paling dominan. 

Sementara itu, perbedaan otak kanan dan otak kiri lainnya yaitu belahan otak di bagian kanan mempunyai tanggung jawab atas semua kemampuan spasial yang dimiliki oleh semua orang. Kemampuan spesial ini meliputi pengolahan musik dan pengenalan wajah seseorang. Otak di bagian kanan juga dapat melakukan beberapa fungsi operasi bilangan matematika. Akan tetapi hanya perkiraan kasar serta perbandingan dalam matematika. Bagian otak kanan pula yang membantu seseorang memahami citra visual dan yang sering Anda lihat. Perbedaan otak kanan dan otak kiri juga bisa dilihat ketika memilih jurusan dalam bidang pendidikan. 

Orang yang bagian otaknya yang banyak berperan di bagian kanan akan memperoleh kelebihan dari otak kanan. Kelebihan otak kanan adalah lebih cenderung menggunakan sebuah kreativitas di dalam memecahkan sebuah masalah. Sehingga orang yang kelebihan di bagian otak kanannya mampu menciptakan ide-ide kreatif dari pada mereka yang menggunakan otak kiri. Orang yang dominan menggunakan otak kanan lebih cepat menangkap sebuah gambaran di dalam situasi tertentu. Selain itu, mereka mengandalkan intuisinya. Perbedaan otak kanan dan otak kiri ini dapat disimpulkan jika otak kanan lebih melompat-lompat tujuannya.

Perbedaan otak kanan dan otak kiri adalah apabila orang lebih menggunakan otak kiri maka mereka lebih memilih sebuah alasan untuk sesuatu hal. Orang yang dominan menggunakan otak kiri akan lebih berfikir logika dan rasional guna mengidentifikasi penyebab masalah tersebut dan berfikir mengenai cara mengatasi masalah tersebut. Perbedaan otak kanan dan otak kiri lainnya adalah, orang yang mempunyai otak kiri lebih mempunyai tujuan yang sangat jelas. Biasanya orang yang lebih dominan otak kiri dia tidak akan bermain-main atau bersantai-santai ketika menghadapi sesuatu hal.

Perbedaan otak kanan dan otak kiri pertama kali dibuat untuk mengidentifikasi penyebab serta masalah berbicara. Hasil otopsi pasien yang mempunyai gangguan berbicara parah, menunjukkan bahwa adanya tumor besar di bagian otak kiri. Tumor itu yang menimbulkan pasien kehilangan kemampuan berfikir logis meskipun mempunyai kemampuan berbicara. Dari penelitian tersebutlah ditemukan identifikasi perbedaan otak kanan dan otak kiri.