Rabu, 06 April 2016

Perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dengan mudah - Ketika Anda sedang mempelajari Biologi tentunya akan menemukan pembahasan tentang pembelahan sel. Ketika menjumpai pembelahan sel ini, Anda juga akan menemukan beberapa istilah asing di dalamnya. Sebagai contohnya adalah Mitosis dan juga meiosis. Dilihat dari namanya tentu Anda sudah menebak jika keduanya merupakan istilah yang berbeda.

Dari istilah yang berbeda tersebut tentunya Anda juga sudah dapat memprediksi jika memiliki pengertian yang berbeda juga. Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis yang terutama memang terletak pada pengertian masing-masing istilah tersebut. Pengertian mitosis sendiri merupakan sebuah proses pembagian genom yang sudah digandakan oleh sel untuk dua sel identik yang dihasilkan oleh pembelahan sel.

Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis juga memiliki perbedaan dengan pengertian dari meiosis sendiri. Pengertian meiosis sendiri merupakan sebuah proses yang di mana reproduksi sel keturunannya memiliki separuh jumlah kromosom induknya. Berbeda dengan mitosis yang prosesnya diikuti oleh sitokinesis yang akan membagi sitoplasma dan juga membran sel. Dari perbedaan pengertian tentunya sudah dapat dilihat perbedaan lainnya, bukan?

Untuk pembelahan sel secara meiosis sendiri terjadi pada fase reproduksi atau juga disebut pada jaringan nutfah. Di mana pada meiosis sendiri akan terjadi berpasangan dari kromosom homolog dan juga akan terjadi pengurangan jumlah kromosom induk kepada sel anak. Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis juga terdapat pada tahap-tahap atau fase pembelahan sel tersebut yang juga berbeda satu sama lainnya.

Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis juga terletak pada tujuannya. Untuk proses pembelahan sel secara meiosis, memiliki tujuan agar dapat mempertahankan kepemilikan diploidnya. Berbeda dengan tujuan dari proses pembelahan sel secara mitosis di mana tujuannya memiliki jangka waktu yang cukup panjang karena digunakan untuk masa pertumbuhan organisme. Tidak mengherankan jika kedua proses ini memiliki perbedaan dalam tujuannya.

tabel perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis,pengertian pembelahan mitosis dan meiosis,perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan,perbedaan spermatogenesis dan oogenesis,

Selain tujuan dari proses pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis, ada juga perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis yang lainnya. Yaitu jumlah pembelahan selnya. Di mana dalam proses pembelahan sel secara meiosis, setiap 1 sel yang dibelah akan dapat menghasilkan 4 anak sel. Berbeda dengan proses pembelahan sel secara mitosis. Di mana proses ini hanya akan menghasilkan 2 anak sel saja untuk 1 selnya.

Tahap pembelahan sel juga akan berbeda satu sama lainnya. Di mana untuk tahap pembelahan sel secara mitosis hanya akan terdapat satu tahap pembelahan saja dalam 1 siklus pembelahan sel. Berbeda dengan pembelahan sel secara meiosis yang terjadi dalam 2 tahap yaitu tahap meiosis I dan juga tahap meiosis II. Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis juga merupakan perbedaan yang harus diketahui ketika sedang meneliti tentang pembelahan sel ini.

Hasil akhir dari proses pembelahan sel secara mitosis akan menghasilkan sel anak yang akan identik dengan sel induknya. Sedangkan untuk pembelahan sel secara meiosis akan berbeda antara sel anak dan juga sel induk. Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis ini disebabkan karena baik pembelahan sel secara mitosis dan meiosis memiliki tujuan yang berbeda satu sama lainnya. Sehingga tentunya akan menghasilkan hasil akhir yang berbeda juga.

Untuk pembelahan sel secara meiosis ini hanya terjadi ketika memiliki tujuan untuk mengurangi jumlah kromosomnya agar memiliki generasi selanjutnya yang berjumlah tetap. Sangat berbanding terbalik pada proses pembelahan sel secara mitosis yang memiliki tujuan untuk memperbaiki sel yang rusak dan juga pembiakan untuk organisme yang memiliki satu sel. Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dalam hal tujuan ini tentunya juga akan memudahkan Anda ketika membedakannya.

Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis juga dapat terlihat dari terdapat atau tidaknya pasangan kromosom homolog. Pada proses pembelahan sel secara mitosis tidak adanya pasangan kromosom homolog. Di mana yang berpisah adalah kromatid yang melakukan gerakan menuju kutub yang berbeda. Berbeda dengan meiosis yang memiliki pasangan kromosom pada tahap meiosis I. Lalu pasangan kromosom tersebut akan bergerak ke kutub yang berbeda.

Pemisahan kromatid pada proses pembelahan sel secara meiosis, baru akan terjadi tahap meiosis II. Walaupun mitosis dan meiosis ini memiliki perbedaan, namun pada kenyataannya mereka juga memiliki persamaan. Persamaan yang paling utama adalah sama-sama dapat memproduksi sel. Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis ini memang terjadi pada tahap prosesnya sehingga sangat mudah dibedakan satu sama lainnya.

Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis memang penting untuk diketahui. Karena dengan mengetahui tentang proses pembelahan sel ini tentunya akan membuat banyak sekali perbedaan satu dengan yang lainnya. Dengan perbedaan-perbedaan ini tentunya akan semakin memudahkan Anda ketika tengah kebingungan apa yang membuat mitosis dan meiosis ini berbeda walaupun memiliki kemiripan.