Kamis, 07 April 2016

Mengintip Perbedaan Simpati dan Empati dengan Cara Mudah

Mengintip Perbedaan Simpati dan Empati dengan Cara Mudah - Dalam menjalin sebuah hubungan antar sesama manusia, terkadang akan muncul beberapa perasaan yang timbul di dalam hati, seperti rasa sayang, empati, simpati, dan lain sebagainya. Perasaan tersebut akan tumbuh berdasarkan keadaan sahabat atau seseorang yang memiliki hubungan dengan kita. Perasaan tersebut yang pada akhirnya akan mempengaruhi perilaku Anda pada orang tersebut. Namun, terkadang kita salah mengartikan antara rasa simpati dan empati. Kita salah menyimpulkan perasan yang sebenarnya tengah Anda rasakan saat itu. Perbedaan simpati dan empati memang sangat tipis.

perbedaan simpati dan empati dalam psikologi,perbedaan simpati dan empati dalam hubungan sosial,perbedaan simpati dan empati dalam keperawatan,perbedaan simpati dan empati beserta contohnya,

Baca juga: 4 Perbedaan Syair dan Pantun Beserta Contohnya

Jika kita membahas perbedaan simpati dan empati, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian empati dan simpati tersebut. Mulai dari pengertian tersebut, kita dapat mulai membuka tabir yang membedakan keduanya. Kita mulai dari pengertian simpati. Simpati merupakan sebuah rasa yang timbul karena adanya ketertarikan seseorang kepada pihak lain, baik dalam hubungan persahabatan, rumah tangga, kekeluargaan, maupun hubungan dengan tetangga. Rasa tertarik ini biasanya timbul karena tingkah laku yang baik atau perjuangan yang keras.

Selanjutnya, pengertian empati adalah suatu perasaan simpati yang mendalam karena seseorang sedang merasakan kesusahan atau penderitaan. Sikap empati ini akan membuat seseorang merasa kasihan atau sejenisnya kepada orang lain. Seakan-akan ia merasakan apa yang orang tersebut rasakan. Perbedaan simpati dan empati ini memang terkadang susah untuk diidentifikasi. Apalagi jika identifikasi tersebut dilakukan oleh orang yang bersangkutan.

Berdasarkan Pengertian di Atas, Maka Anda Dapat Mengetahui Perbedaan Simpati dan Empati Serta Contohnya di Bawah ini

1. Perbedaan simpati dan empati berdasarkan tindakan selanjutnya atau respon selanjutnya

Hal pertama yang menunjukkan perbedaan simpati dan empati adalah dari respon yang terjadi setelah perasaan tersebut muncul. Jika Anda merasa simpati, Anda tidak akan segera melakukan tindakan apapun. Anda kemungkinan hanya akan diam dan berusaha bersikap sewajarnya. Namun demikian, jika Anda merasa simpati pada seseorang Anda akan semakin respect dengan orang tersebut.

Namun, jika Anda berempati pada seseorang, Anda akan segera melakukan tindakan nyata. Tindakan nyata yang biasa dilakukan adalah berusaha menghibur atau menenangkan hati orang tersebut, memberikan bantuan, dan lain sebagainya. Perbedaan simpati dan empati ini tentu dapat Anda lihat dengan mudahnya.

2. Perbedaan simpati dan empati berdasarkan fungsinya

Selanjutnya, perbedaan empati dan simpati adalah terletak pada fungsinya. Kita mulai terlebih dahulu dari fungsi rasa simpati. Rasa simpati memiliki fungsi untuk membuat seseorang mampu mengerti dan memahami pendapat dan tindakan seseorang. Selain itu, rasa simpati juga mampu mendorong seseorang yang melakukan perbuatan buruk untuk segera memperbaiki perilakunya tersebut.

Hal ini berbeda dengan fungsi empati. Rasa empati sangat bermanfaat untuk membuat kita dapat melihat atau memandang suatu hal dari sisi berbeda. Rasa empati juga akan mendorong kita untuk membantu seseorang menyelesaikan masalahnya dan tidak mempersalahkannya. Masih banyak lagi fungsi atau manfaat dari memiliki rasa empati. Rasa empati ini sangat baik untuk ditumbuhkan sejak kecil. Empati dapat menumbuhkan kepedulian akan sesama manusia serta mendorong untuk selalu menjaga hubungan baik dengan orang lain. Sampai di sini, apakah Anda sudah lebih mengerti tentang perbedaan simpati dan empati?

3. Perbedaan simpati dan empati berdasarkan faktor pendorongnya

Anda juga dapat mengetahui perbedaan simpati dan empati dengan melihat faktor pendorongnya. Apa yang dimaksud dengan faktor pendorong? Faktor pendorong disini maksudnya adalah faktor-faktor yang menyebabkan munculnya rasa simpati dan empati. Rasa simpati muncul atau timbul karena beberapa faktor, diantaranya adalah adanya kesamaan cara pandang, adanya kesamaan rasial, adanya kesamaan histori, dan adanya kesamaan kepentingan.

perbedaan simpati dan empati dalam psikologi,perbedaan simpati dan empati dalam hubungan sosial,perbedaan simpati dan empati dalam keperawatan,perbedaan simpati dan empati beserta contohnya,

Hal ini berbeda dengan empati. Rasa empati yang muncul secara alamiah tanpa adanya pamrih tertentu ini dapat timbul karena beberapa faktor yang berkembang pada diri seseorang. Faktor-faktor tersebut, antara lain kematangan psikis seseorang, jenis kelamin, sosialisasi dengan lingkungan, dan kebutuhan. Perbedaan simpati dan empati berdasarkan faktornya ini tentu akan memperjelas perbedaan keduanya.

Demikianlah perbedaan simpati dan empati berdasarkan 3 hal yang berbeda. Setelah mengetahui perbedaan di atas. Anda pasti akan dapat membedakan antara perasaan empati dan simpati yang muncul dalam hati Anda.