Jumat, 08 April 2016

4 Perbedaan Syair dan Pantun Beserta Contohnya

Perbedaan Syair dan Pantun Beserta Contoh - Perbedaan syair dan pantun akan dibahas pada kesempatan berikut ini. Sebenarnya baik pantun ataupun syair, keduanya sudah sering dibahas di bangku sekolah. Untuk membantu mengingatkan Anda mengenai syair dan pantun, Anda dapat menyimak ulasan kali ini. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan syair ataupun pantun, keduanya dapat Anda temui di mana saja. Ada banyak contoh syair dan pantun yang bagus-bagus dengan makna yang dalam. Bagi Anda yang masih belum bisa membedakan mana syair dan mana pantun, simak uraian lengkap berikut ini.

sebutkan kriteria atau syarat-syarat teks syair yang baik,perbedaan pantun dan syair beserta contohnya,perbedaan pantun dengan gurindam,perbedaan gurindam dan karmina,

Baca juga: Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi Secara Garis Besar

Sebelum membahas mengenai perbedaan syair dan pantun, ketahui terlebih dahulu pengertiannya. Pantun adalah salah satu bentuk dari puisi lama yang setiap baitnya terdapat 4 baris dan bersajak a-b-a-b. Pada pantun, 2 baris pertama merupakan sampiran dan 2 baris terakhir merupakan isi. Pantun terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari pantun jenaka, pantun agama, dan lain sebagainya. Mengenai perbedaan syair dan pantun sebenarnya dapat dilihat dari pengertian masing-masing. Syair sendiri juga merupakan salah satu bentuk puisi lama dan juga terdiri dari 4 baris setiap baitnya. 

Selain Terdapat Perbedaan Syair dan Pantun, Keduanya Memiliki Persamaan

- Baik pantun dan syair merupakan bentuk puisi lama
- Keduanya juga sama-sama terdiri dari 4 baris untuk setiap baitnya
- Setiap baris baik pantun atau syair terdiri dari 8 hingga 10 suku kata
- Syair dan pantun sama-sama terikat irama sajak

Untuk Perbedaan Syair dan Pantun Sendiri Bisa Anda Lihat Ini

1. Sajak

Perbedaan yang pertama yaitu terletak pada sajaknya, pada pantun bersajak a-b-a-b. Sementara pada syair, sajaknya yaitu a-a-a-a sehingga dapat terlihat jelas perbedaannya.

2. Baris

Perbedaan syair dan pantun selanjutnya yaitu dapat dilihat dari isi baris-barisnya. Pada pantun, 2 baris pertama adalah sampiran dan 2 baris terakhir adalah isi dari pantun tersebut. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa isi dari pantun terletak pada 2 baris terakhir. Sementara pada syair, 4 baris yang ada adalah isi semua dan tidak ada sampirannya. Dalam 1 bait, 4 baris tersebut merupakan isi keseluruhan dari syair.

3. Bahasa

Bahasa yang digunakan juga menjadi salah satu perbedaan syair dan pantun. Di mana bahasa yang digunakan untuk membuat pantun dapat dicampur-campur. Sementara bahasa yang digunakan untuk membuat syair harus sama.

4. Asal

Perbedaan utama syair dan pantun yaitu dapat dilihat dari sajaknya. Untuk perbedaan lainnya, pantun merupakan puisi lama yang merupakan asli dari Indonesia dan berasal dari Arab-Persia. Sementara syair merupakan puisi lama asli Indonesia.
Itulah perbedaan syair dan pantun, setelah membaca pembahasan tersebut tentu Anda sudah tahu bagaimana membedakan pantun dan syair. Berikut ini ada contoh yang dapat membantu Anda memahami perbedaan syair dan pantun. 

- Pantun nasihat
Naik sepeda ke jalan yang landai
Pergi ke pasar bermain komedi putar
Kalau ingin jadi anak yang pandai
Maka harus rajin belajar
- Syair
Ketika daku pergi suatu saat nanti
Bagaimana dengan urusan hati?
Rasa rindu akan selalu menemani
Kasih, sabarkah dikau menanti?
Dari contoh tersebut dapat dilihat perbedaan syair dan pantun, keduanya memiliki sajak yang berbeda. Jika sajaknya adalah a-b-a-b maka itu adalah bentuk puisi lama berupa pantun. Di mana 2 baris pertama merupakan sampiran, dapat dilihat dari contoh tersebut. Bagi Anda yang bertanya apakah perbedaan pantun dengan syair maka pahami contoh tersebut. Dalam pantun, isi disampaikan pada 2 baris terakhir. Yaitu jika ingin menjadi anak yang pandai maka harus rajin belajar. Sementara pada syair, tidak ada sampiran dan keseluruhannya merupakan isinya.

Jika Anda ingin mengetahui perbedaan syair dan pantun, memang akan lebih mudah jika melihat contoh langsung. Ada banyak sekali contoh-contoh puisi lama, baik pantun ataupun syair yang dapat Anda temui. Untuk mengetahui apakah itu pantun atau syair, lihatlah terlebih dahulu sajak dari puisi lama tersebut. Setelah melihat sajaknya, Anda dapat membaca secara keseluruhan dan membedakan mana sampiran dan mana yang isi. Sebenarnya untuk membedakan mana pantun dan mana syair sangat mudah untuk dilakukan. Demikian yang dapat disampaikan, semoga ulasan mengenai perbedaan syair dan pantun ini dapat bermanfaat.