Jumat, 08 April 2016

Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi Secara Garis Besar

Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi Secara Garis Besar - Bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan teks laporan dan teks deskripsi, baca dan pahami ulasan berikut. Di bangku sekolah, Anda mungkin sudah pernah mendapatkan materi mengenai hal ini. Namun jika Anda masih kurang paham atau lupa mengenai materi yang diberikan oleh guru Anda, silakan baca uraian berikut. Baca dan pahami apa saja perbedaan teks laporan dan teks deskripsi berikut ini. Namun sebelum membahas mengenai perbedaan di antara keduanya, ketahui terlebih dahulu pengertian dari teks laporan ataupun teks deskripsi.

perbedaan teks deskripsi dan teks laporan beserta contohnya,contoh teks laporan dan teks deskripsi,ciri struktur teks laporan yang baik dan benar,persamaan teks laporan dan teks deskripsi,

Baca juga: Perbedaan Tulang Rawan dan Tulang Keras serta Fungsinya

Inilah Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi

Teks laporan merupakan hasil tertulis dari sebuah kegiatan atau pengamatan yang telah dilakukan. Tujuan pembuatannya adalah untuk memberikan informasi mengenai apa yang sudah diamati dan dilihat kepada orang lain. Ada banyak contoh teks laporan dan teks deskripsi untuk membantu Anda agar lebih paham apa itu teks laporan dan teks deskripsi. Teks laporan umumnya berdasarkan dari hasil observasi, misalnya saja teks laporan mengenai bunga mawar. Untuk isinya yaitu membahas mengenai bunga mawar secara umum. Isi tersebut tidak membahas bunga mawar secara mendetail karena bukan teks deskripsi. 

Perbedaan teks laporan dan teks deskripsi dapat dilihat dari beberapa poin utama seperti isi dari teks tersebut. Teks laporan umumnya merupakan teks klarifikasi yang menjelaskan mengenai suatu hal secara umum. Walaupun banyak yang menyamakan antara teks laporan dan teks deskripsi, pada kenyataannya keduanya adalah berbeda. Namun banyak orang yang tidak tahu mengenai perbedaan teks laporan dan teks deskripsi tersebut. Perbedaan tersebut juga dapat dilihat dari sifatnya, di mana teks laporan bersifat umum atau universal. Sementara sifat teks deskripsi lebih cenderung khusus atau unik.

Perbedaan sifat teks laporan dan teks deskripsi tersebut harus Anda ingat agar tidak tertukar. Teks laporan lebih mengutamakan klasifikasi atau pengelompokan sesuai dengan ciri-cirinya. Teks laporan juga memiliki struktur berisi pernyataan umum atau klasifikasi yang ada di awal paragraf. Di mana pada tiap-tiap paragrafnya berisi aspek yang akan dilaporkan. Struktur juga merupakan perbedaan teks laporan dan teks deskripsi yang penting untuk Anda perhatikan. Teks laporan bersifat fakta dan objektif, hasilnya ditulis secara lengkap dan sempurna. 

Sementara teks deskripsi merupakan teks yang isinya menggambarkan mengenai suatu objek yang disampaikan secara mendetail. Pembaca teks deskripsi akan lebih mudah untuk merasakan atau merasa sedang ikut andil dalam apa yang dipaparkan di dalam teks tersebut. Itulah perbedaan teks laporan dan teks deskripsi, dapat dilihat dari isinya. Teks deskripsi umumnya memaparkan keadaan secara khusus, mendetail dan juga unik. Secara umum, teks deskripsi merupakan kebalikan dari teks laporan. Dalam teks deskripsi lebih mengutamakan keterkaitan isi secara menyeluruh dengan bagian-bagiannya.

Dar Uraian Tersebut Dapat Ditarik Kesimpulan Mengenai Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi

1. Sifat

Teks laporan bersifat global atau universal sementara teks deskripsi bersifat individual dan juga unik.

2. Isi

Isi dari keduanya juga merupakan perbedaan teks laporan dan teks deskripsi yang penting untuk diperhatikan. Teks laporan lebih mengutamakan pengelompokan atau klasifikasi, sesuai dengan ciri-cirinya. Sementara teks deskripsi mengutamakan uraian secara mendetail, mengenai ciri-ciri dan keadaan suatu hal pada tempat dan waktu tertentu.

3. Hubungan

Perbedaan teks laporan dan teks deskripsi berikutnya yaitu keterkaitan hubungannya. Yang mana teks laporan berkaitan dengan hubungan antara kelas dan sub-kelas yang ada. Sementara pada teks deskripsi hanya berhubungan antara keseluruhan dan bagian-bagiannya.

4. Hasil penulisan

Perbedaan teks laporan dan teks deskripsi selanjutnya yaitu terletak pada hasil penulisan. Hasil penulisan teks laporan berdasarkan fakta atau penelitian yang sudah dilakukan. Sementara teks deskripsi berisi tentang subjektivitas dan opini, berbanding terbalik dengan teks laporan.

Struktur teks laporan dan teks deskripsi juga berbeda, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Teks laporan memiliki struktur mengenai pernyataan umum atau klasifikasi yang ada di awal paragraf. Pada tiap paragrafnya terdapat aspek-aspek yang akan dilaporkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan. Sementara teks deskripsi, setiap paragrafnya menggambarkan suatu hal tertentu dengan sangat jelas dan terperinci. Pembaca akan merasa hanyut dan ikut merasakan apa yang disampaikan dalam teks deskripsi. Itulah perbedaan teks laporan dan teks deskripsi secara garis besar yang dapat Anda ketahui.