Rabu, 06 April 2016

5 Perbedaan Novel dan Cerpen

5 Perbedaan Novel dan Cerpen - Apa saja perbedaan novel dan cerpen? Cerpen dan novel sebenarnya merupakan hal yang sering dijumpai pada pelajaran bahasa Indonesia. Cerpen dan novel juga sama-sama berisi mengenai cerita-cerita dan tujuannya adalah sebagai hiburan. Pada dasarnya cerpen sendiri sering disebut dengan cerita pendek, dimana cerita-cerita pada cerpen memang mirip dengan cerita-cerita novel. Meskipun demikian, pada dasarnya cerita novel dan cerita cerpen kebanyakan bukan cerita kejadian nyata atau fiksi. Namun dengan membacanya orang bisa menjadi terbawa alur atau suasana. Meskipun ada persamaan, akan tetapi cerpen dan novel mempunyai perbedaan novel dan cerpen yang signifikan atau detail.

perbedaan novel dan cerpen secara umum,pengertian novel dan cerpen,perbedaan antara apresiasi novel dan cerpen,tabel perbedaan cerpen dan novel,perbedaan prosa dan puisi,persamaan novel dan cerpen,

Baca juga: Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri Beserta Contohnya

Berikut Adalah Beberapa Indikator yang Bisa Digunakan Untuk Mengidentifikasi Perbedaan Novel dan Cerpen

1. Perbedaan dilihat dari segi pengertian

Dilihat dari pengertian cerpen dan novel terlebih dahulu memang berbeda. Pengertian novel merupakan karya fiksi prosa ditulis secara naratif sehingga biasanya novel berbentuk cerita. Kata novel juga berasal dari kata novella Italia yang artinya sepotong berita atau sebuah kisah. Sedangkan perbedaan novel dan cerpen dari pengertiannya, pengertian cerpen atau disebut dengan cerita pendek merupakan suatu bentuk prosa naratif fiktif yang karya tulis ceritanya dibuat pendek dan cenderung padat.

2. Perbedaan novel dan cerpen dilihat dari alur dan pengaruhnya

Alur sama saja dengan jalan cerita, sehingga bagaimana cara memainkan bahasa agar cerita tersebut dapat dikemas menjadi menarik. Apabila dilihat dari alurnya, maka novel mempunyai alur cerita lebih kompleks dari pada cerpen. Bahkan halaman dari novel bisa mencapai puluhan atau ratusan lebih. Sehingga alur cerita pada novel dibuat menjadi lebih panjang, rumit namun lebih luas. Sedangkan perbedaan novel dan cerpen lainnya, alur cerpen dibuat menjadi lebih sederhana, sehingga memunculkan ruang gerak yang relatif terbatas.

3. Pengaruh konflik dan penokohan

Perbedaan novel dengan cerpen jika dilihat dari konflik serta penokohannya. Pengaruh konflik pada novel biasanya akan merubah nasib tokoh cerita tersebut. Sedangkan konflik yang terjadi di cerpen biasanya tidak akan merubah nasib tokoh tersebut. Perbedaan novel dan cerpen lainnya yaitu pada segi penokohannya. Penokohan pada novel ini biasanya karakter tokohnya disampaikan secara lebih detail. Sedangkan karakter pada cerpen disampaikan yang penting dan tidak terlalu detail. Selain itu, novel juga memunculkan banyak tokoh dengan berbagai karakter. Sedangkan cerpen hanya menampilkan beberapa tokoh saja.

4. Perbedaan novel dan cerpen dari segi latar

Latar di sini sama saja dengan tempat terjadinya cerita tersebut, latar juga disebut dengan setting dalam pelajaran bahasa Indonesia yang kaitannya dengan drama. Drama pun berbeda dengan cerpen serta novel, perbedaan drama dan cerpen sangat detail dan mudah untuk membedakannya. Biasanya latar dari novel lebih luas dan dalam jangka waktu cukup lama. Sedangkan latar pada cerpen cukup dilukiskan secara terbatas dan sebentar. Latar pada novel bisa terdiri dari banyak latar sedangkan bisanya pada cerpen hanya terdiri dari beberapa latar.

5. Perbedaan novel dan cerpen dari segi perwatakan tokoh

Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari perwatakan tokoh. Pada umumnya novel akan membuka sedikit demi sedikit perwatakan tokoh tersebut. Pada cerita novel, perwatakan tokoh muncul secara perlahan di beberapa bagian dari cerita dan lingkungan tokoh yang ada dalam cerita. Sedangkan cerpen perwatakannya akan ditampilkan dengan singkat dan terarah. Sehingga dengan membaca satu kali, Anda sudah bisa melihat jelas setiap tokoh mempunyai watak yang bagaimana. Perbedaan novel dan cerpen pada perwatakan tokoh ini hanya terletak pada kemunculan watak para tokoh.

perbedaan novel dan cerpen secara umum,pengertian novel dan cerpen,perbedaan antara apresiasi novel dan cerpen,tabel perbedaan cerpen dan novel,perbedaan prosa dan puisi,persamaan novel dan cerpen,

Perbedaan novel dan cerpen juga terlihat dari konflik yang dipaparkan tidak hanya terdiri dari satu namun bisa lebih. Faktor itu pula yang membuat alur novel lebih terperinci dan kadang bercabang-cabang. Sedangkan untuk konflik cerpen, terdiri dari satu konflik saja, biasanya berpusat di satu klimaks. Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa novel dan cerpen adalah 2 hal yang berbeda dilihat dari berbagai sisi meskipun terdapat sedikit kesamaan. Demikian penjelasan mengenai perbedaan novel dan cerpen yang mudah dan detail.