Selasa, 05 April 2016

Dasar-Dasar Perbedaan Negara Maju dan Berkembang

Dasar-Dasar Perbedaan Negara Maju dan Berkembang, jelaskan perbedaan antara negara maju dan berkembang? Pertanyaan tersebut seringkali dipertanyakan kepada siswa yang sedang belajar ilmu ekonomi. Pada dasarnya, terdapat perbedaan negara maju dan berkembang yang cukup signifikan. Terdapat indikator-indikator tertentu yang digunakan untuk menentukan negara maju dan negara berkembang dari suatu negara. Salah satu indikator tersebut adalah ciri-ciri negara maju dan negara berkembang. Melihat ciri perbedaan negara maju dan berkembang saja, Anda akan mengerti negara Indonesia bagian dari negara maju atau negara berkembang. Karena pada dasarnya setiap negara menjalankan pembangunannya dengan adanya sumber daya yang dimiliki.

ciri ciri negara maju dan berkembang,perbedaan negara maju dan berkembang ips,perbedaan negara maju dan berkembang dari sudut pembangunan,persamaan negara maju dan berkembang,

Baca juga: 5 Perbedaan Novel dan Cerpen

Berikut Ini adalah Indikator Indikator yang Digunakan Guna Mengetahui Perbedaan Negara Maju dan Berkembang

1. Pendapatan perkapita yang relatif tinggi

Negara maju adalah negara yang mempunyai pendapatan perkapitanya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara berkembang. Pendapatan per kapita cukup tinggi inilah yang menggambarkan standar hidup masyarakat yang baik. Perbedaan negara maju dan berkembang, lainnya adalah dalam negara berkembang, pendapatan per kapitanya relatif lebih rendah. Menurut bank dunia, negara berkembang mempunyai pendapatan perkapita menengah ke bawah sekitar US$876-3,465. Sedangkan negara yang maju mempunyai pendapatan per kapita sekitar US$3,466-10,275.

2. Rendahnya tingkat pengangguran

Ciri ciri negara maju juga ditandai dengan tingkat pengangguran yang relatif lebih rendah. Hal ini disebabkan semua sumber ekonomi dapat dimanfaatkan lebih maksimal. Pada umumnya pengangguran yang ada di negara maju yakni pengangguran friksional atau karena peralihan tenaga kerja. Dimana pekerjaan dialihkan dari pekerjaan satu ke pekerjaan lainya. Perbedaan negara maju dan berkembang pada tingkat pengangguran, maka di negara berkembang penganggurannya lebih banyak. Hal ini disebabkan karena lapangan pekerjaan yang sempit dan jenis pengangguran pada negara berkembang adalah terselubung.

3. Kegiatan ekonomi utama dalam sektor industri dan jasa

Perbedaan negara maju dan berkembang juga bisa dilihat juga dari jenis kegiatan ekonomi utama di dalam sektor industri dan jasa. Memang semua negara maju dan negara berkembang mempunyai kegiatan utama seperti ini, namun jelas berbeda. Indikator negara maju dalam kegiatan ekonomi utama sektor industri dan jasa adalah mata pencahariannya. Di negara maju, masyarakat bekerja di dalam bidang industri serta jasa. Misalnya industri pesawat, mobil dan lainnya. Sedangkan mata pencaharian di negara berkembang yaitu mengandalkan sektor primer antara lain pertanian, perhutanan, perikanan serta pertambangan.

4. Rendahnya laju pertumbuhan penduduk

Perbedaan negara maju dan berkembang dilihat dari rendah atau tingginya pertumbuhan penduduk di negara tersebut. Ciri-ciri kependudukan di negara maju yakni mempunyai laju pertumbuhan penduduk yang rendah. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya angka kelahiran serta kematian bayi. Keadaan ini disebabkan oleh kesadaran tentang kemajuan fasilitas kesehatan, perencanaan keluarga, penunaian usia nikah, partisipasi wanita di dalam dunia kerja tinggi dan lainnya. Sedangkan perbedaan negara maju dan berkembang lainnya adalah negara berkembang laju pertumbuhannya relatif lebih tinggi. Hal ini dibuktikan dari angka kelahiran serta kematian bayi yang tinggi. Selain itu, hal tersebut dipicu karena kurangnya kesadaran mengenai perencanaan keluarga dan terbatasnya peran wanita di dunia kerja.

5. Tingkat pendidikan

Perbedaan negara maju dan berkembang selanjutnya dilihat dari tingkat pendidikan, dimana di negara maju, tingkat pendidikan masyarakatnya sangat tinggi. Hampir semua penduduk dapat membaca serta menulis. Pemerintah dapat memberikan jaminan pendidikan yang layak dan gratis kepada semua lapisan masyarakatnya. Serta fasilitas pendidikan di negara maju pun juga sudah tersedia cukup lengkap. Perbedaan negara maju dan berkembang ditingkat pendidikan, di negara berkembang lebih rendah pendidikannya. Hal ini bisa disebabkan karena terbatasnya fasilitas kesehatan dan pendidikan untuk pembangunan sumber daya manusia.

Sudah cukup jelas bukan, mengenai perbedaan negara maju dan berkembang? Sebenarnya di belahan dunia ini banyak negara-negara yang masuk kategori negara maju, misalnya saja negara Jepang. Sedangkan Indonesia sendiri masih di dalam negara yang berkembang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa negara maju merupakan negara yang memiliki tingkat ekonomi dan masyarakat sudah mapan. Sedangkan negara berkembang mempunyai tingkat ekonomi dan masyarakat yang masih berkembang. Demikian penjelasan mengenai perbedaan negara maju dan berkembang, terima kasih.