Saturday, April 9, 2016

3 Perbedaan Unsur dan Senyawa yang Paling Pokok

Perbedaan Unsur dan Senyawa Paling Pokok - Dalam pembelajaran IPA Kimia sering kita mendengar istilah unsur dan senyawa. Namun, sudah tahukah Anda apa saja perbedaan unsur dan senyawa? Terkadang istilah unsur dan senyawa ini sering kali diartikan sama padahal sudah sangat jelas bahwa unsur dan kimia mempunyai perbedaan yang sangat jelas. Untuk memperdalam pemahaman kita mengenai unsur dan senyawa, dalam pembahasan kali ini akan diberikan perbedaan yang mendasar antara unsur dan senyawa. Diharapkan setelah mengetahui perbedaan unsur dan senyawa kita menjadi lebih paham dan bisa dengan jelas mengerti mana yang merupakan unsur dan mana yang merupakan senyawa.


perbedaan senyawa dengan campuran,contoh unsur dan senyawa,perbedaan unsur senyawa dan campuran beserta contohnya,perbedaan molekul unsur dan molekul senyawa beserta contohnya,

Baca juga: 5 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Yang Paling Mudah

Perbedaan Unsur dan Senyawa Dari Segi Pengertian

Sebelum membahas mengenai perbedaan unsur dan senyawa yang pokok, maka kita harus mengetahui pengertian unsur dan senyawa agar lebih mudah dalam melihat perbedaannya. Pengertian unsur dan senyawa tentu saja berbeda. Unsur merupakan zat kimia yang hanya terdiri dari satu jenis atom saja. Dalam ilmu kimia dikenal ada 118 unsur yang dibagi menjadi beberapa bagian penting. Jumlah unsur ini sudah dirangkum dalam tabel periodik. Contoh dari unsur di antaranya yaitu emas, hidrogen, platinum, alumunium, besi, dan berbagai jenis lainnya. Ada dua jenis unsur yaitu unsur logam dan unsur non logam.

Lalu, apa bedanya unsur dan senyawa? Untuk melihat perbedaan unsur dan senyawa dari segi pengertiannya maka perlu dibahas pula pengertian dari senyawa. Biasanya banyak orang yang salah dalam mengartikan senyawa. Senyawa merupakan gabungan dari beberapa atom atau unsur yang membangun sebuah zat baru. Satu senyawa minimal terdapat dua unsur atau atom, contohnya yaitu H2O, NHO3, dan berbagai senyawa lainnya. Ingat bedakan antara senyawa dan molekul, molekul merupakan bagian dari senyawa. Molekul bisa dikatakan sebagai susunan unsur yang hanya terdiri dari satu atom saja, misalnya O2, N2, H2, dan P4.
Perbedaan Unsur dan Senyawa Yang Paling Pokok

Ada Tiga Hal Pokok yang Menjadi Perbedaan Unsur dan Senyawa

1. Zat penyusun

Perbedaan unsur dan senyawa yang pertama yaitu zat penyusunnya. Zat penyusun antara unsur dan senyawa sangatlah berbeda, dimana perbedaannya yaitu unsur hanya menggunakan satu zat saja atau zat tunggal yang bersifat murni. Sedangkan senyawa disusun atas unsur-unsur yang berbeda dengan jumlah yang berbeda pula. Zat penyusun antara unsur dan senyawa ini juga bisa dijadikan sebagai persamaan unsur dan senyawa. Persamaannya yaitu sama-sama tersusun atas atom yang terbentuk secara alami.

2. Sifatnya

Perbedaan unsur dan senyawa yang kedua yaitu dalam hal sifatnya. Sifat unsur dan senyawa bisa dikenali dari zat penyusunnya. Unsur mempunyai sifat yang lebih sederhana dibandingkan dengan senyawa dan unsur tidak bisa dipisah-pisahkan lagi karena unsur merupakan zat tunggal yang murni. Sedangkan senyawa mempunyai sifat bisa dipisahkan berdasarkan zat penyusunnya. Proses pemisahan senyawa ini bisa dilakukan dengan berbagai cara yang dikenal sebagai proses kimia pemisahan zat. Sifat lain dari senyawa yaitu senyawa mempunyai sifat yang tidak sama dengan sifat dari unsur yang menyusun dalam senyawa tersebut. Misalnya saja senyawa H2O yang terdiri dari unsur hidrogen dan oksigen. Sifat H2O ini berbeda dengan sifat hidrogen dan oksigen yang membentuknya.

3. Proses terbentuknya

Perbedaan unsur dan senyawa yang terakhir yaitu dalam proses pembentukannya. Unsur terbentuk karena proses alami yang terjadi pada alam. Sedangkan senyawa terbentuk karena adanya proses kimia yang membuat unsur saling menyatu. Perbedaan unsur dan senyawa serta contohnya bisa diperhatikan pada proses pembentukan H2O. Dalam pembentukan H2O ini terjadi proses pengembunan di udara kemudian jadilah H2O atau air yang berupa air embun.

Dari ketiga perbedaan unsur dan senyawa ini tentunya kita semakin paham bahwa antara unsur dan senyawa adalah dua hal yang sangat berbeda. Mulai dari sekarang bedakanlah mana unsur dan mana yang senyawa. Pada intinya unsur dan senyawa adalah molekul yang ada di alam semesta ini, hanya saja keduanya mempunyai perbedaan dalam zat penyusun, sifat, dan proses terbentuknya. Cermati ketiga perbedaan unsur dan senyawa untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam dunia ilmu kimia.