Kamis, 10 Maret 2016

Perbedaan Save dan Save As dalam Penyimpanan File Komputer

Perbedaan Save dan Save As dalam Penyimpanan File Komputer - Komputer merupakan alat untuk mengolah file. Terdapat berbagai macam pengolahan file dengan berbagai software atau aplikasi dalam komputer seperti Microsoft Word, Microsoft Power Point, Corel Draw dan sebagainya. Dari software tersebut, ada dua menu yang hampir sama yaitu Save dan Save As. Pada kesempatan kali ini, Anda akan mempelajari mengenai perbedaan Save dan Save As. Save dan Save As, pastilah Anda sering melihatnya dan bagi pengguna komputer aktif pasti sering melihatnya.

perbedaan save dan save as pada microsoft excel,perbedaan save dan save as pada microsoft word 2007,perbedaan save dan save as pada komputer,perbedaan save dan save as pada microsoft word,

Baca juga: Mengenali Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder dengan Cermat

Mungkin banyak yang masih belum tahu apa perbedaan Save dan Save As pada komputer. Oleh sebab itu, simaklah artikel ini dengan baik supaya mengetahui perbedaan Save dan Save As dengan baik. Dalam sistem komputer ketika Anda hendak menyimpan file yang sedang Anda kerjakan, Anda memiliki dua menu yang dapat digunakan untuk menyimpan. Save dan Save As keduanya sama fungsinya. Perbedaan Save dan Save As sebetulnya sangat mudah dipahami, apalagi jika sudah dipraktikkan sehingga Anda tidak hanya belajar teori. Sebaiknya untuk mudah memahaminya Anda belajar mengoperasikan Microsoft Word.

Belajar membuat file dengan Microsoft Word dan pelajari cara menyimpan file tersebut. Anda akan belajar secara langsung perbedaan Save dan Save As pada Microsoft Word. Microsoft Word adalah program komputer paling mudah, jadi bagi pemula kuasai terlebih dahulu program tersebut dan barulah belajar cara mengoperasikan dan perbedaan Save dan Save As pada program lain. Cara menjalankan perintah Save dan Save As pada setiap generasi windows dan program berbeda-beda. Misalnya ketika Anda menggunakan windows XP (meski sekarang sudah tidak ada secara resmi) dengan windows 7, 8 bahkan 10 pastinya berbeda.

perbedaan save dan save as pada microsoft excel,perbedaan save dan save as pada microsoft word 2007,perbedaan save dan save as pada komputer,perbedaan save dan save as pada microsoft word,

Hal tersebut diatas program yang ada di dalamnya pun mengalami inovasi. Oleh karena itulah, mengenal perbedaan Save dan Save As sangat penting. Misalnya saja, tampilan Microsoft Word pada windows XP dan windows 7 berbeda sehingga cara mengoperasikannya pun berbeda, termasuk kedua menu untuk menyimpan tersebut. Tidak hanya pada Microsoft Word, namun pada program lain seperti Power Point, Excel dan sebagainya. Namun pada dasarnya perbedaan Save dan Save As sama dalam setiap program. Menengok pada pengoperasian atau cara menggunakan menu Save dan Save As pada program berbeda generasi sebelum membahas lebih lanjut mengenai perbedaan Save dan Save As. 

Pada windows XP tampilannya cenderung kuno dan terlihat ribet sehingga untuk menggunakan menu Save ataupun Save As, pilih menu file terlebih dahulu, kemudian baru klik Save atau Save As. Sedangkan jika Anda menggunakan windows 7 atau tingkatan yang lebih tinggi, cenderung lebih sederhana, Anda cukup mengklik menu pada bagian pojok kiri program yang Anda buka (misal Microsoft Word) dan pilih menu Save atau Save As. Tidak ada perbedaan Save dan Save As yang begitu mencolok, meski nanti dalam langkah selanjutnya tetap berbeda.

Menu Save

Pertama kenali terlebih dahulu menu Save. Save berasal dari bahasa Inggris yang berarti simpan. Jadi ketika Anda menyimpan menu ini berarti Anda sedang menyimpan sebuah file. Lantas, apa perbedaan Save dan Save As? Save digunakan untuk menyimpan file yang sudah Anda buat sebelumnya dan disimpan kembali dengan nama file yang sama. Misalnya Anda sudah membuat sebuah dokumen laporan perjalanan kemudian menyimpannya dalam sebuah folder dengan nama “LAPORAN”, kemudian suatu ketika Anda mengeditnya dan menyimpannya lagi dengan nama file yang sama. Nah, menu yang Anda gunakan adalah Save, bukan Save As. Sampe disini perbedaan Save dan Save As sudah dimengerti bukan?

Save As

Dari menu Save As ini Anda sudah bisa memahami perbedaan Save dan Save As. Save As dalam bahasa Indonesia berarti “simpan sebagai”. Save As digunakan untuk menyimpan dokumen yang baru saja Anda buat. Misalnya Anda sedang baru saja membuat file laporan kerja, kemudian barulah disimpan dengan menggunakan menu Save As dan berilah nama file pekerjaan Anda. Simpan file Anda pada folder atau tempat yang mudah Anda ingat supaya tidak lupa.

Jadi intinya, perbedaan Save dan Save As adalah cara menyimpan untuk dokumen atau file yang sudah dibuat sebelumnya atau dokumen baru. Jika dokumen tersebut sudah dibuat sebelumnya dan diedit lalu disimpan dengan nama file yang sama maka gunakan menu Save. Sedangkan menu Save As digunakan untuk menyimpan dokumen yang baru dibuat dan berilah nama file tersebut.