Kamis, 10 Maret 2016

Perbedaan RNA dan DNA dalam Biologi

Perbedaan RNA dan DNA dalam Biologi - RNA dan DNA merupakan rangkaian yang terdapat dalam tubuh manusia. Keduanya berbeda, untuk memahaminya maka simaklah penjelasan mengenai perbedaan RNA dan DNA. Sebenarnya perbedaannya sangat banyak dan jelas sehingga Anda akan mudah membedakannya. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah DNA tapi mungkin tidak dengan RNA. RNA masih terdengar begitu asing di telinga. Mungkin hanya pelajar atau mereka yang berkecimpung dalam dunia kedokteran yang memahaminya. Kedua istilah ini memang kurang umum untuk dijadikan perbincangan publik. Namun untuk menambah pengetahuan, ada baiknya Anda memahami perbedaan RNA dan DNA secara umum. Apalagi bagi Anda, siswa atau yang tertarik dengan pelajaran Biologi.

perbedaan rna dan dna dalam bentuk tabel,tahapan sintesis protein,perbedaan fungsi rna dan dna,perbedaan rna dan dna pdf,jelaskan perbedaan dna dan rna,sebutkan perbedaan antara dna dan rna,

Baca juga: Perbedaan Save dan Save As dalam Penyimpanan File Komputer

Sebelum mengupas habis perbedaan RNA dan DNA, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian RNA dan DNA. RNA dan DNA merupakan dua hal yang saling terhubung satu sama lain, meski berbeda. RNA adalah singkatan dari Ribonucleic Acis (Asam ribonukleat) yaitu jenis asam nukleat yang memiliki peranan penting dalam penyaluran informasi dari DNA ke RNA. Sistem informasi tersebut digunakan untuk proses sintesis protein. Baik DNA maupun RNA, keduanya tersusun atas makromolekul yang sederhana. Keduanya penting untuk pewarisan sifat dan metabolisme tubuh. Sampai di sini saja, sebenarnya sudah terlihat perbedaan RNA dan DNA.

Tentunya perbedaan RNA dan DNA masih begitu banyak dan luas. Namun sebelumnya pahami terlebih dahulu tentang masing-masing, RNA dan DNA. DNA memiliki kepanjangan dari Deoxyribonucleic Acid atau asam deoksiribosa nukleat. Setiap makhluk hidup memiliki DNA atau asam deoksiribosa nukleat. Asam tersebut sangat penting karena menjadi semacam kode genetic suatu makhluk hidup sehingga menentukan bagaimana bentuk makhluk hidup tersebut kelak.

perbedaan rna dan dna dalam bentuk tabel,tahapan sintesis protein,perbedaan fungsi rna dan dna,perbedaan rna dan dna pdf,jelaskan perbedaan dna dan rna,sebutkan perbedaan antara dna dan rna,

Perbedaan antara DNA dan RNA sangat mudah dilihat jika sudah memahami peranan masing-masing keduanya. DNA menyimpan kode dalam sel tubuh guna membentuk RNA. DNA sendiri memiliki bentuk rantai ganda atau double helix yang terdiri dari 5 karbon, purin, primidin dan gugus fosfat. Masih terkait dengan perbedaan RNA dan DNA, sekarang ketahui tentang RNA, apa itu RNA dan fungsinya. Kepanjangan dari RNA adalah Ribonucleic Acid atau asam Ribonucleat. Sama halnya dengan DNA, semua makhluk hidup memiliki RNA. Tapi RNA tidak membentuk rantai ganda, hanya terdiri dari satu pita. RNA ini tersusun atas adenine, sitosin, guanine, dan urasil. 

Jika terjadi sesuatu seperti mutagen pada RNA maka akan mempengaruhi DNA dan menyebabkan masalah kesehatan tubuh. Masih sangat jauh untuk lebih mendalami perbedaan RNA dan DNA maka ketahui terlebih dahulu apa fungsi RNA. RNA memiliki fungsi untuk menyimpan dan menyalurkan informasi genetika, sintesis protein, meregulasi sekaligus menduplikasi gen.

Adapun Perbedaan RNA dan DNA Secara Rinci

1. Rantai nukleotida

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perbedaan RNA dan DNA terletak pada rantai nukleotida. Perbedaan rantai diantara keduanya menjadi perbedaan yang khas dan mudah dilihat antara RNA dan DNA. Pada DNA rantai nukleotidanya ganda atau double helix sedangkan pada RNA rantainya hanya satu saja atau single standed. Perbedaan jumlah rantai ini menjadi hal yang paling mudah dipahami.

2. Basa Pirimidin

Perbedaan RNA dan DNA selanjutnya adalah kandungan basa diantara keduanya. Kandungan basa diantara keduanya sungguh berbeda, hal tersebut pun menjadi perbedaan yang harus dikenali. Basa pada DNA mengandung sitosin dan timin sedangkan pada RNA mengandung sitosin dan urasil. Namun keduanya sama-sama mengandung sitosin.

3. Kandungan gula pentose dalam RNA dan DNA serta ukuran diantara RNA dan DNA

Perbedaan RNA dan DNA tak lepas dari kandungan gula pentose dalam RNA dan DNA. Gula pentose dalam DNA mengandung deoksirikbisa sedangkan pada RNA mengandung ribose. Selain itu, ukuran RNA dan DNA pun berbeda. Ukuran DNA termasuk besar dan merupakan bagian kromosom sedangkan RNA relatif lebih kecil.

4. Letak RNA dan DNA serta jenisnya

Letak RNA sebagian besar terletak pada bagian inti, meski ada pula yang dibagian plastid dan mitokondria tumbuhan sedangkan RNA terletak pada sitoplasma. Selain itu, perbedaan RNA dan DNA juga dapat dilihat dari jenis RNA dan DNA. RNA memiliki jenis mRNA, TRNA, dan RRNA sedangkan DNA hanya memiliki jenis DNA saja.

Selain keempat hal yang telah dijabarkan di atas, perbedaan RNA dan DNA adalah terletak pada fungsinya. DNA berfungsi dalam hal pengendalian factor keturunan dan sintesis darah sedangkan RNA sendiri berhubungan terhadap sintesis protein, kecepatan dan perubahan kadar sintesis protein. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda.