Kamis, 18 Februari 2016

Mengamati Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

Mengamati Perbedaan Pleci Jantan dan Betina - Burung pleci adalah salah satu burung kicau yang banyak penggemarnya. Bagi pemula, melihat perbedaan pleci jantan dan betina mungkin masih sulit, karena burung pleci tidak mudah diidentifikasi jenisnya jika dilihat dari fisik saja. Butuh pengamatan terhadap tingkah lakunya sehingga dapat menyimpulkan jenis pleci apakah jantan atau betina. Meskipun tidak mudah dilihat dari segi fisik, tetapi ada fisik umum yang bisa menjadi panduan.

perbedaan pleci jantan dan betina dari suaranya,perbedaan pleci jantan dan betina dada putih,perbedaan pleci jantan dan betina dari suara,perbedaan pleci jantan dan betina kepala hitam,

Baca juga: Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina Dilihat dari Semua Aspek

Tahukah Anda bahwa burung pleci termasuk burung monomorphic. Artinya, burung ini cenderung memiliki bentuk, struktur, dan warna yang sama, baik pleci jantan maupun pleci betina. Jadi, memang tidak semudah itu melihat perbedaan pleci jantan dan betina, apalagi bagi pemula. Bukan salah manusianya, tetapi memang sudah lahiriah bahwa burung pleci terlahir monomorphic. Tetapi tidak usah cemas, karena jika diamati dengan mendalam dan detil, maka ada beberapa karakteristik yang cukup menjadi acuan dalam membedakannya.

Cara Melihat Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

Nah, simaklah beberapa perbedaan pleci jantan dan betina berikut ini yang akan membantu Anda dalam mengidentifikasi jenis kelamin pleci kesayangan Anda.

• Badan

Perbedaan pleci jantan dan betina pada badannya adalah jika pada pleci betina cenderung bulat dan lebih pendek dibandingkan dengan pleci jantan. Kemudian pleci jantan tentunya lebih panjang ukuran badannya.

perbedaan pleci jantan dan betina dari suaranya,perbedaan pleci jantan dan betina dada putih,perbedaan pleci jantan dan betina dari suara,perbedaan pleci jantan dan betina kepala hitam,

• Kepala

Kepala burung pleci jantan bulat dan besar. Ini bisa Anda perhatikan, sedangkan burung pleci betina kepalanya kecil.

• Warna bulu

Perbedaan pleci jantan dan betina jika dilihat dari warna bulunya, maka bulu pleci jantan lebih tajam. Berbeda dengan pleci betina yang warna bulunya cenderung lebih kusam.

• Paruh

Melihat perbedaannya, maka paruh burung pleci yang betina justru lebih panjang jika dibandingkan dengan pleci jantan. Hal ini berkebalikan dengan ukuran tubuh, karena tubuh pleci betina justru lebih pendek.

• Ekor

Jika diperhatikan dari bentuk ekornya, perbedaan pleci jantan dan betina dapat terlihat. Jadi ekor pleci jantan memiliki ukuran yang cenderung lebih panjang dibandingkan dengan pleci betina. Selain itu, bentuk ekor jantan seolah membentuk huruf V, sedangkan pada betina cenderung rata.

• Klep mata

Klep mata adalah suatu ciri fisik yang bisa kita lihat. Pada burung pleci jantan, klep matanya putus-putus dan pada bagian bawah lebih tebal, sebaliknya jika pada pleci betina maka klep matanya tebal, bulat, dan tidak putus-putus.

• Bola mata

Perbedaan pleci jantan dan betina bisa dilihat dari bola mata. Pada burung pleci jantan, bola matanya menyerupai seperti kacamata berwarna putih tebal dan tajam. Bola mata pada burung pleci betina ukurannya normal dan seolah seperti kaca mata tipis.

• Pen

Pen atau dubur pleci jantan maupun betina memiliki ciri fisik yang berbeda. Jika pada pleci jantan lebih panjang dan banyak bulu-bulunya, sebaliknya pada pleci betina lebih pendek dan bulu-bulunya jarang.

perbedaan pleci jantan dan betina dari suaranya,perbedaan pleci jantan dan betina dada putih,perbedaan pleci jantan dan betina dari suara,perbedaan pleci jantan dan betina kepala hitam,

Setelah mengidentifikasi perbedaan pleci jantan dan betina berdasarkan ciri fisik, maka selanjutnya adalah mengamati dari tingkah laku burung pleci.

• Burung Pleci Jantan

Pada umumnya, pleci jantan lebih agresif dan lincah dalam gerakannya. Ketika Anda memandikan burung pleci, pada pleci jantan pupil matanya akan mengecil serta bulu di kepalanya akan seperti jambul.

• Burung Pleci Betina

Berbeda dengan pleci jantan, maka perbedaan pleci jantan dan betina juga bisa diamati dari pergerakannya, karena pada pleci betina lebih tenang atau diam.

Perbedaan pleci jantan dan betina dari suaranya adalah pada pleci jantan lebih lantang. Untuk burung yang biasanya dipertunjukkan suaranya adalah pleci jantan. Tetapi jika ingin memelihara, akan lebih baik jika jantan sekaligus betina. Hal ini karena suara betina akan memacu suara jantan agar lebih lantang. Jadi ketika sang jantan mendengar suara betina, maka akan menyahut dengan suara yang cukup lantang. Jadi selain ada perbedaan pleci jantan dan betina, ternyata antara pleci jantan saling melengkapi satu sama lain.

Berdasarkan hal tersebut, pleci betina dapat dijadikan sebagai pancingan agar mendapatkan suara pleci jantan yang lantang dan merdu. Perbedaan pleci jantan dan betina saat kita amati dari depan, adalah pada tenggorokan terdapat warna hitam, sedangkan pada burung pleci betina tidak. Jadi ketika keduanya sedang bertengger berjejeran hal ini akan terlihat.