Jumat, 19 Februari 2016

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina Dilihat dari Semua Aspek

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina Dilihat dari Semua Aspek - Para pencinta burung kicauan tentunya harus tahu apa saja perbedaan jalak suren jantan dan betina. Pengetahuan mengenai perbedaan ini akan sangat menolong Anda ketika akan membeli burung jalak suren. Burung jalak suren sendiri merupakan salah satu burung jalak yang mempunyai kicauan yang khas dan unik. Selain itu, bentuk tubuh dan warna bulu burung jalak ini juga cenderung berbeda dengan jalak tipe lainnya. Jalak suren secara umum mempunyai paruh yang berwarna kuning tua atau orange dengan bagian ujungnya berwarna lebih cerah. Bagian mata burung jalak suren juga mempunyai bulu berwarna orange.

perbedaan jalak suren jantan dan betina anakan,perbedaan jalak suren jantan dan betina trotol,perbedaan jalak suren jantan dan betina trotolan,perbedaan jalak suren jantan dan betina lengkap,

Baca juga: 8 Cara Melihat Perbedaan Murai Jantan dan Betina yang Trotol

Ciri umum jalak suren yang lainnya yaitu bisa dilihat dari jambulnya yang tidak terlalu panjang. Jambul jalak suren berwarna hitam sampai ke bagian punggung dan leher. Pada bagian sayap dan ekornya juga mempunyai bulu berwarna hitam. Sedangkan pada bagian dada sampai perut dan di bagian pipi bulunya berwarna putih. Secara umum perbedaan jalak suren jantan dan betina hampir tidak terlihat, burung jalak suren jantan dan betina terlihat sama saja. Tidak perlu khawatir karena sebenarnya burung jalak suren jantan dan betina bisa dilihat perbedaannya dengan melihat beberapa aspek yang ada.

Perbedaan jalak suren jantan dan betina bisa dilihat dari tiga aspek yaitu bentuk fisik, tingkah laku, dan suara kicauannya. Bagi orang awam yang tidak terlalu paham tentang jalak suren tentu akan merasa asing dan sulit untuk membedakan jalak suren jantan dan jalak suren betina. Banyak yang bertanya-tanya jalak suren jantan dan betina bagus mana? Tentu saja keduanya bagus, tapi jika Anda ingin merawat jalak suren untuk lomba lebih baik pilih yang jantan karena jalak suren jantan lebih berani dan mudah gacor dibandingkan yang betina.

perbedaan jalak suren jantan dan betina anakan,perbedaan jalak suren jantan dan betina trotol,perbedaan jalak suren jantan dan betina trotolan,perbedaan jalak suren jantan dan betina lengkap,

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina Dilihat Dari Kicauan

Untuk membedakan burung jalak suren jantan dan betina sebenarnya bisa dilakukan dengan hanya mendengarkan suara kicauannya saja. Perbedaan jalak suren jantan dan betina dari segi kicauannya akan sangat jelas dibedakan jika burung sudah gacor dan sering berkicau. Biasanya burung jalak jantan lebih sering mengeluarkan kicauan yang monoton. Sedangkan burung jalak betina suara kicauannya lebih variatif dibandingkan burung jalak suren betina. Namun yang lebih sering berkicau adalah burung jalak suren jantan bukan burung jalak suren betina.

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina Dilihat Dari Tingkah Laku

Anda juga bisa mengamati perbedaan jalak suren jantan dan betina dari tingkah laku kedua burung. Tingkah laku burung jalak suren jantan biasanya lebih lincah dan aktif. Jalak suren jantan biasanya akan sering meloncat-loncat dalam sarangnya dan tidak bertingkah lebih aktif. Sedangkan burung jalak suren betina tingkah lakunya cenderung pendiam dan tidak suka melompat-lompat. Anda bisa melihat perbedaan tingkah laku ini setelah beberapa hari dimasukkan dalam kandang yang sama.

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina Dilihat Dari Bentuk Fisiknya

Cara melihat perbedaan jalak suren jantan dan betina lengkap bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Berikut ini perbedaan jalak suren jantan dan betina dari segi fisik:

1. Ukuran tubuh

Ukuran tubuh jalak suren jantan dan jalak suren betina jika diperhatikan dengan seksama cukup berbeda. Perbedaan jalak suren jantan dan betina dari ukuran tubuhnya yaitu jalak suren jantan lebih panjang dan besar dibandingkan jalak suren betina.

2. Bentuk ekor

Perbedaan jalak suren jantan dan betina muda juga bisa dilihat dari bentuk ekornya. Ekor jalak suren jantan lebih panjang dibandingkan burung jalak suren betina.

perbedaan jalak suren jantan dan betina anakan,perbedaan jalak suren jantan dan betina trotol,perbedaan jalak suren jantan dan betina trotolan,perbedaan jalak suren jantan dan betina lengkap,

3. Warna paruh dan bulu

Warna bulu dan paruh jalak suren jantan dan betina juga berbeda. Biasanya warna bulu jalak suren jantan lebih pekat dengan warna paruh bagian ujungnya lebih cerah.

4. Bulu di bagian dubur

Cara paling mudah melihat perbedaan jalak suren jantan dan betina adalah dengan melihat bulu yang ada di bagian dubur burung. Dubur burung jantan mempunyai bulu berwarna biru atau ungu gelap. Anda bisa melihat bulu ini setelah burung berumur 10 bulan.

Untuk pemula, sangat mudah untuk membedakan burung jalak suren jantan dan betina dari bentuk fisiknya. Perbedaan jalak suren jantan dan betina dari segi kicauan dan tingkah laku bisa diamati setelah burung jalak lama di pelihara di rumah. Anda akan bisa langsung mengenali jalak suren jantan dan betina setelah memelihara burung jalak suren dalam waktu yang lama dan sering berinteraksi dengan dunia burung. Maka dari itu, jangan salah pilih burung jalak suren jantan dan betina agar Anda tidak merasa rugi.