Kamis, 18 Februari 2016

Cara Membedakan Cendet Jantan dan Betina Dengan Mudah

Membedakan cendet jantan dan betina dengan mudah - Burung cendet biasa dikenal sebagai burung toet atau pentet yaitu sejenis burung kicau dengan variasi suara kicauan yang begitu indah. Burung ini memiliki suara khas dengan warna bulu yang indah berukuran pas sebagai sejenis burung kicau, jadi wajar jika burung yang satu ini tengah menjadi primadona bagi para pencinta burung kicau. Burung cendet merupakan sejenis burung agresif bersifat teritorial, di mana burung ini akan bertarung demi merebut wilayah kekuasaannya.

perbedaan cendet jantan dan betina dewasa,membedakan cendet jantan dan betina trotolan,membedakan cendet jantan dan betina dewasa,cara membedakan cendet jantan dan betina saat masih kecil,

Baca juga: Mengamati Perbedaan Pleci Jantan dan Betina


Selain itu, tak jarang juga bila burung ini akan menggigit ketika kita memegangnya terlebih lagi untuk sejenis burung cendet liar yang berada di alam. Akan tetapi keagresifan burung tersebut hilang bila kita memeliharanya sedari dini. Nah, untuk membedakan cendet jantan dan betina sendiri sebenarnya tidaklah sulit. Burung ini memiliki panjang tubuh berukuran 20 sampai 25 cm, berciri khas paruh mengait. Untuk Anda yang masih belum mengetahui ciri-ciri cendet jantan dan betina, kami akan membagikan cara membedakannya di bawah.

Untuk memelihara jenis burung cendet ini, Anda tentunya harus memilih jenis burung berkelamin jantan pada burung cendet. Umumnya untuk membedakan cendet jantan dan betina itu sendiri, Anda bisa melihat dari bentuk postur tubuh, suaranya hingga variasi gacorannya. Bagi Anda yang masih bingung mengenai bagaimana cara membedakan cendet jantan dan betina.
perbedaan cendet jantan dan betina dewasa,membedakan cendet jantan dan betina trotolan,membedakan cendet jantan dan betina dewasa,cara membedakan cendet jantan dan betina saat masih kecil,

Berikut Ini Kami Ulas Perbedaannya

1. Warna Bulu Pipi

Untuk membedakan cendet jantan dan betina, Anda harus memperhatikan warna bulu pada burung cendet itu sendiri. Untuk burung cendet berkelamin jantan, biasanya pada bulu bagian pipinya berwarna hitam lebih tegas dan mencolok. Adapun perbedaan cendet jantan dan betina pada warna bulunya ini, untuk warna pipi burung cendet betina ini berwarna hitam lebih samar atau semu.

2. Warna Bulu Kepala

Cara membedakan cendet jantan dan betina yang kedua adalah dengan melihat warna pada bulu kepalanya. Untuk cendet berkelamin jantan sendiri bulu kepala hingga tengkuk kepalanya memiliki ciri berwarna hitam lebih pekat. Namun umumnya dapat terlihat pada jenis burung cendet dewasa. Sementara membedakan cendet jantan dan betina pada burung cendet betinanya warna bulu kepala terdapat warna hitam memudar di area tengkuk kepalanya.

perbedaan cendet jantan dan betina dewasa,membedakan cendet jantan dan betina trotolan,membedakan cendet jantan dan betina dewasa,cara membedakan cendet jantan dan betina saat masih kecil,

3. Bentuk Kepala

Anda juga bisa membedakan cendet jantan dan betina dengan melihat bentuk kepala burung cendet. Pada cendet jantan, bentuk kepalanya cenderung lebih ceper dan datar. Sementara membedakan cendet jantan dan betina untuk betinanya sendiri bentuk kepalanya cenderung tampak menggelembung atau bulat.

4. Warna Ekor

Membedakan cendet jantan dan betina pada bagian warna ekornya ini, untuk cendet berkelamin jantan sendiri ketika masih anakan ekornya berwarna hitam. Sementara untuk cendet betina sendiri, ketika masih anakan warna hitam di bagian ekornya terlihat lebih samar atau bahkan tidak terlihat.

5. Supit

Cara membedakan cendet jantan dan betina selanjutnya adalah dilihat pada bagian supit, Pada burung cendet jantan biasanya bentuk supitnya terlihat lebih panjang dan kecil, dengan motif garis pada bulunya terlihat tak beraturan. Sementara untuk cendet betina sendiri bentuk supit terlihat lebih besar bermotif bulu dengan garis teratur seperti gambar bunga atau kembang.

6. Karakter

Jika dilihat dari karakternya sendiri, burung cendet berkelamin jantan ini lebih galak dan agresif sebab memiliki sifat teritori tadi. Hal ini berbeda dengan karakter pada cendet betina yang kurang agresif.

7. Paruh

Membedakan cendet jantan dan betina berikutnya adalah dengan melihat bentuk paruhnya. Pada burung cendet jantan, bentuk paruhnya terlihat lebih tebal di bagian ujungnya. Sementara untuk cendet betina bentuk paruhnya lebih tipis.

8. Anus

Berbeda halnya dengan cendet berkelamin jantan, pada cendet betina bagian anusnya biasanya terlihat sedikit lebih lebar dan terdapat belahan.

Jika Anda menyimak ulasan di atas, tentunya kini Anda bisa mendapatkan acuan atau referensi ketika membedakan cendet jantan dan betina. Perbedaan tersebut dilihat berdasarkan pengalaman yang telah dilakukan para pencinta burung kicauan khususnya bagi pencinta burung cendet. Jadi, dengan melihat ulasan di atas Anda bisa memilih mana burung cendet yang jantan dan mana yang betina!