Kamis, 18 Februari 2016

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Usia Anakan dan Dewasa

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Usia Anakan dan Dewasa - Bagaimana mengetahui perbedaan kenari jantan dan betina? Bagi Anda pecinta burung kicauan khususnya kenari, tentu pengetahuan mengenai perbedaan jenis kelamin burung kenari penting untuk dipahami. Sebab untuk merawat kenari juara tentunya Anda harus memilih kenari jantan agar bisa memenangkan lomba kicauan burung. Sebenarnya bagi Anda yang sudah memahami betul karakteristik burung kenari, tentunya sudah paham mana kenari betina dan mana kenari yang jantan. Berbeda halnya untuk para pemula yang masih bingung membedakan jenis kelamin pada burung kenari.

perbedaan kenari jantan dan betina dari ekor,perbedaan kenari jantan dan betina umur 2 bulan dan 4 bulan,perbedaan kenari jantan dan betina dewasa,perbedaan kenari jantan dan betina bakalan,
Baca juga: Cara Membedakan Cendet Jantan dan Betina Dengan Mudah
Burung kenari saat ini memang tengah menjadi primadona sebab banyak digemari para pencinta burung kicauan. Sebelum Anda membeli burung kenari, ada baiknya untuk mengetahui apa perbedaan kenari jantan dan betina terlebih dulu. Hal ini bertujuan agar Anda lebih mudah dalam merawat burung kenari kesayangan yang akan dipilih. Untuk orang yang masih awam, tentu kesulitan untuk mengetahui perbedaan burung kenari jantan dan betina. Nah, agar Anda bisa mengetahuinya perlu mengenali ciri-ciri kenari jantan dan betina.

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Usia Anakan

Perbedaan ciri-ciri kenari jantan dan betina sebenarnya sudah bisa dilihat dari usia anakan kenari. Saat usia kenari anakan atau masih diloloh, maka burung kenari jantan biasanya mempunyai ukuran tubuh lebih panjang dan besar daripada burung kenari betina. Perbedaan kenari jantan dan betina berikutnya untuk kenari jantan yang masih muda umumnya mempunyai warna bulu lebih cerah daripada kenari berkelamin betina di bagian kepalanya.

Perbedaan kenari jantan dan betina usia anakan sendiri, untuk kenari jantan biasanya mempunyai bentuk kepala lebih pipih. Sementara pada kenari betina, kepalanya berbentuk sedikit lebih bulat. Perbedaan kenari jantan dan betina lainnya, pada anakan burung kenari jantan jika ia dipisahkan terhadap induknya maka ia pun aktif belajar bunyi atau ngeriwik, berbeda dengan kenari betina yang umumnya lebih pendiam. Kenari jantan berusia muda mempunyai kloaka berbentuk lebih tegak lurus dan menonjol. Sementara kenari betina memiliki bentuk kloaka yang lebih rata.

perbedaan kenari jantan dan betina dari ekor,perbedaan kenari jantan dan betina umur 2 bulan dan 4 bulan,perbedaan kenari jantan dan betina dewasa,perbedaan kenari jantan dan betina bakalan,

Perbedaan Kenari Jantan dan betina Usia Dewasa

Untuk membedakan antara kenari berkelamin jantan dan betina, kita bisa melihatnya di usia dewasa. Adapun perbedaan kenari jantan dan betina usia dewasa adalah sebagai berikut:

1. Kenari jantan berusia dewasa biasanya mempunyai bunyi lebih ngeroll dan keras. Perbedaan kenari jantan dan betina dari suaranya, pada kelamin betina sendiri lebih cenderung diam. Akan tetapi ada pula kenari betina dengan suara lebih ngeroll, hanya saja suaranya terputus-putus berbeda halnya pada kenari jantan. Hal inilah yang membuat kenari jantan umumnya lebih banyak dipelihara untuk dilombakan. 

2. Perbedaan kenari jantan dan betina pada usia dewasa sama seperti di usia anakan, di mana kloaka pada kenari jantan lebih tegak lurus dan menonjol, berbeda dengan kenari betina yang lebih rata atau datar. 

3. Perbedaan kenari jantan dan juga betina berikutnya adalah kenari dewasa berkelamin jantan mempunyai tubuh lebih panjang dan ramping, sementara pada kenari betina memiliki bentuk tubuh yang lebih pendek dan bulat.

4. Perbedaan kenari jantan dan betina terdapat pada matanya, di mana mata pada burung kenari jantan berusia dewasa lebih sejajar dengan posisi paruhnya, berbeda dengan mata burung kenari betina yang terletak lebih tinggi di atas paruh. 

5. Bentuk kepala juga menjadi salah satu perbedaan kenari jantan dan betina yang bisa dikenali, dimana bentuk kepala burung kenari berkelamin jantan pada usia dewasa berbentuk lebih pipih dibandingkan kenari betina yang lebih bulat bentuk kepalanya.

Sebenarnya membedakan antara burung kenari berkelamin jantan dan betina tidak serumit yang Anda bayangkan, terlebih lagi untuk Anda yang berpengalaman pastinya lebih mudah bagaimana membedakan keduanya. Bagi para pemula, Anda pun tak perlu khawatir sebab bisa melihat ciri-ciri perbedaan kenari jantan dan betina di atas sebagai patokan untuk mengenali burung kenari jantan dan betina. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah merawat burung kenari yang Anda inginkan. Demikian ulasan perbedaan burung kenari berkelamin betina dan jantan untuk Anda pelajari, semoga bermanfaat!