Kamis, 18 Februari 2016

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Inilah Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina - Saat ini dunia peternakan burung terus berkembang, semakin hari semakin banyak burung breder atau peternak burung yang tumbuh di daerah. Burung saat ini menjadi komoditas bisnis yang menguntungkan. Hal tersebut terjadi bukan karena burung bisa menghasilkan sesuatu yang bisa dimakan seperti ayam. Bukan karena itu, melainkan kicauan burung yang indah membuat orang ingin memilikinya sehingga lama kelamaan menjadi komoditas perdagangan yang menguntungkan. Salah satunya lovebird, burung yang banyak digemari oleh peternak untuk di pelihara. Terkait dengan lovebird, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara membedakan lovebird jantan dan betina.

cara membuat lovebird ngekek panjang,membedakan lovebird jantan dan betina umur 2 bulan,cara menjodohkan lovebird,cara ternak lovebird,cara membedakan lovebird jantan dan betina dewasa,

Baca juga: Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Usia Anakan dan Dewasa

Menjadi peternak burung bukanlah perkara yang mudah karena ada banyak hal yang harus kamu pahami terkait dengan burung. Tak terkecuali dengan lovebird yang perlu dipahami. Satu hal yang penting harus Anda perhatikan adalah cara membedakan burung lovebird jantan dan betina. Tentunya mengetahui perbedaan antara lovebird jantan dan betina tidak bisa diabaikan karena jika sampai salah memilih burung bisa fatal. Apa jadinya jika Anda membeli burung lovebird jantan dengan lovebird jantan, tentunya mereka tidak bisa berkembangbiak dan Anda rugi karena tidak bisa budi daya lovebird yang pastinya sangat menguntungkan. Oleh sebab itulah cara membedakan lovebird jantan dan betina sangat penting.

Burung lovebird saat ini banyak dibudidaya karena banyak diajukan dalam berbagai ajang lomba burung berkicau. Keindahan suaranya menyihir semua orang. Tentang lomba burung lovebird, sebenarnya lovebird jantan atau betina untuk lomba, bagi pemula banyak yang bertanya-tanya tentang hal ini. Lovebird yang digunakan untuk lomba adalah lovebird betina. Lovebird betina ini memiliki gacor yang sangat menarik jika dirawat dengan baik dan ketawa yang lebih lama. Maka mengurus burung lovebird supaya gacor tidaklah mudah. Perlu perawatan yang tepat supaya gacor dan bisa memenangkan lomba. Kembali pada masalah cara membedakan lovebird jantan dan betina yang akan dibahas sebentar lagi.

cara membuat lovebird ngekek panjang,membedakan lovebird jantan dan betina umur 2 bulan,cara menjodohkan lovebird,cara ternak lovebird,cara membedakan lovebird jantan dan betina dewasa,

Membedakan burung lovebird jantan dan betina akan membantu Anda dalam budidaya burung lovebird. Burung lovebird jantan digunakan untuk lomba suara kicau burung sedangkan lovebird betina untuk mengawinkan lovebird jantan supaya dapat memiliki keturunan yang tentunya menguntungkan sebagai komoditas bisnis. Tanpa perlu basa-basi lagi, inilah cara membedakan lovebird jantan dan betina yang benar. Namun membedakan lovebird jantan dan betina anakan memang agak sulit.

Perbedaan lovebird jantan dan betina dapat dilihat dengan dua cara, yaitu secara kasat mata dan tes DNA. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membedakan lovebird jantan dan betina. Perbedaan lovebird jantan dan betina berdasarkan penampakan luarnya dibedakan menjadi 3 yaitu, kelompok lovebird fimorfik yaitu kelompok burung yang jenis kelaminnya dapat dilihat atau dibedakan dengan jelas. Selain itu, ada juga kelompok lovebird intermediate yaitu kelompok burung yang kelaminnya sulit dibedakan dan penampakan burungnya. Sedangkan kelompok lovebird kacamata yaitu jenis lovebird yang jenis kelaminnya tidak konsisten, sangat sulit dibedakan.

cara membuat lovebird ngekek panjang,membedakan lovebird jantan dan betina umur 2 bulan,cara menjodohkan lovebird,cara ternak lovebird,cara membedakan lovebird jantan dan betina dewasa,

Jenis lovebird ketiga ini memang sangat sulit dibedakan jenis kelaminnya. Harus jeli dalam melihat. Perbedaan jenis kelamin ini bisa dilihat dari luarnya.

Berikut Ini Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

1. Dari penampakan luar

Cara membedakan lovebird jantan dan betina dari luar bisa dilihat dari beberapa hal, antara lain lovebird jantan memiliki bagian kepala yang lebih kecil di bagian atas, paruh lovebird jantan terlihat lebih kecil dan kering, tubuhnya berukuran lebih kecil pada kelompok sejenisnya, supit urung lebih keras dan terletak lebih dekat dengan pangkal ekor. Selain itu, saat bertengger, lovebird jantan kakinya lebih rapat, ketika Anda memegangnya, lovebird jantan akan terasa lebih ringan atau tidak berisi. Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang lain bisa dilihat ketika birahi. Ia akan meloloh yaitu mengangguk-anggukkan kepala seperti akan mengeluarkan makanan dari paruh, ngekek atau tertawanya lebih pendek, lebih agresif dan gesit.

Cara membedakan lovebird jantan dan betina dapat dengan mudah dilihat dengan mudah, tapi bagi pemula terkadang sulit membedakannya meski sudah tahu perbedaannya. Lovebird betina memiliki jarak kaki yang lebih luas ketika sedang bertengger. Namun memang tidak udah membedakannya. Karena tidak ada ukuran pasti untuk cara membedakan lovebird jantan dan betina karena semuanya relatif.

2. Melalui tes DNA

Ketika sudah bingung membedakan mana lovebird jantan dan betina maka cara membedakan lovebird jantan dan betina yang paling mudah adalah dengan uji tes DNA, yaitu dengan mengambil sedikit bagian bulunya. Cara ini terbilang paling mudah namun cukup ribet karena harus uji DNA. Kalau Anda sudah lihai pasti dapat dengan mudah menemukan mana lovebird yang betina atau jantan.

Demikian ulasan mengenai cara membedakan lovebird jantan dan betina. Sekarang Anda bisa membedakan mana lovebird jantan mana yang betina.