Kamis, 18 Februari 2016

Bagaimana Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Dengan Mudah?

Cara membedakan pleci jantan dan betina mungkin untuk sebagian para penggemar burung yang masih pemula akan terlihat cukup kesulitan. Hal ini dikarenakan perilaku dari burung pleci ini dapat diketahui dalam waktu yang cukup lama. Karena memang harus diperhatikan terlebih dahulu tentang perilaku mereka yang baru dapat diketahui dengan pasti. Pembeda perilakunya memang cukup kentara untuk pleci. Pleci jantan biasanya lebih aktif dibandingkan dengan pleci betina.

cara memilih pleci ombyokan,makanan pleci,suara pleci jantan,pleci jantan or betina,cara membedakan kenari jantan dan betina,cara membedakan ciblek jantan dan betina,

Baca juga: Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Ketika menentukan jenis kelamin dari burung pleci ini dapat dikatakan tidak mudah. Karena pleci sendiri merupakan salah satu jenis burung yang memiliki bentuk, warna serta struktur yang sama baik jantan maupun betina. Cara membedakan pleci jantan dan betina juga dapat dilihat dari perilakunya. Biasanya untuk pleci jantan lebih cerewet dibandingkan pleci betina. Sehingga untuk penggemar pleci pemula biasanya cukup sulit membedakannya karena harus diperhatikan terlebih dahulu perilakunya ketika dipelihara.

Memang untuk para pemula yang baru mengenal pleci akan mengalami kesulitan dalam menentukan jenis kelaminnya. Terlebih ketika akan memilih pleci ombyokan. Cara memilih pleci ombyokan memang harus dilakukan dengan tepat agar jumlah betina dan jantannya dapat seimbang. Cara membedakan pleci jantan dan betina dengan pengamatan perilaku memang dapat dikatakan cukup sulit juga mengingat hanya beberapa orang saja yang dapat memahaminya.

cara memilih pleci ombyokan,makanan pleci,suara pleci jantan,pleci jantan or betina,cara membedakan kenari jantan dan betina,cara membedakan ciblek jantan dan betina,

Tips Mudah Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina

Cara membedakan pleci jantan dan betina untuk pemula memang biasanya menggunakan pengamatan secara fisik. Namun pengamatan secara fisik ini juga harus diperhatikan dengan lebih spesifik mengingat pleci ini memiliki warna, bentuk dan struktur yang serupa antara jantan dan betina. Namun ketika Anda ingin mencoba membeli pleci Anda dapat mencoba beberapa tahapan yang dapat membantu membedakan pleci betina dan jantan.

Ketika Anda ingin mencoba cara membedakan pleci jantan dan betina ketika ingin membelinya di pasaran, Anda dapat melakukan pengecekan pada tenggorokan dari pleci tersebut. Biasanya untuk pleci jantan, akan memiliki warna hitam yang terletak pada rongga bagian kanan dan kiri tubuhnya. Berbeda dengan pleci betina yang memiliki warna merah muda pada bagian yang sama. 

Suara pleci jantan juga dapat digunakan sebagai pembeda antara jantan dan betina. Di mana biasanya pleci jantan ini memiliki suara yang lebih nyaring dibandingkan dengan suara pleci betina. Tidak mengherankan jika banyak sekali pleci jantan dipilih sebagai burung yang dapat diikutsertakan dalam lomba berkicau. Cara membedakan pleci jantan dan betina ini tentunya juga dapat Anda pahami ketika sebelum membeli pleci jantan atau betina.

cara memilih pleci ombyokan,makanan pleci,suara pleci jantan,pleci jantan or betina,cara membedakan kenari jantan dan betina,cara membedakan ciblek jantan dan betina,

Cara membedakan pleci jantan dan betina juga dapat Anda lakukan secara fisik. Ketika Anda tengah memperhatikan bulu pada pleci, sebaiknya Anda memastikan warna bulu pleci untuk dapat membedakan pleci jantan dan betina. Untuk pleci jantan biasanya memiliki warna bulu yang lebih pekat. Berbeda dengan pleci betina yang cenderung memiliki warna bulu yang terlihat kusam dan tidak pekat. 

Jika Anda ingin membedakan secara lebih detail tentang pleci jantan dan betina ini, Anda dapat mencoba mengamati bagian dubur dari pleci tersebut. Cara membedakan pleci jantan dan betina ini cukup ampuh dilakukan karena perbedaannya cukup terlihat dengan jelas. Untuk pleci jantan biasanya memiliki dubur yang lebih panjang dengan bulu yang cukup banyak serta memiliki bentuk yang lebih vertikal. Berbeda dengan pleci betina yang memiliki dubur kecil dan sedikit bulu. 

Anda juga dapat mengamati pada bagian klep mata pada bagian bawah pleci. Cara membedakan pleci jantan dan betina juga cukup mudah dilakukan. Karena jika Anda mengamati dengan detail tentunya akan membuat lebih jelas perbedaannya. Untuk pleci jantan sendiri memiliki klep mata bagian bawah yang lebih tebal dan tampak putus-putus. Berbeda dengan pleci betina yang memiliki klep mata lebih tebal dan juga tidak putus-putus.

Sebenarnya ketika Anda ingin memutuskan untuk sekadar menyalurkan hobi merawat pleci mungkin untuk jenis kelamin tidak begitu diperlukan. Berbeda jika Anda tengah mencoba melakukan budi daya pleci ini yang tentunya harus mengetahui jenis kelaminnya. Dengan cara membedakan pleci jantan dan betina di atas tentunya dapat diharapkan untuk membantu Anda membedakannya. 

Cara membedakan pleci jantan dan betina memang sebaiknya dilakukan sehingga akan memudahkan Anda ketika ingin mengambil keputusan ketika ingin menggunakan burung pleci untuk ikut serta dalam lomba berkicau, sekadar peliharaan atau untuk budi daya atau beternak pleci. Dengan begitu tentunya akan memudahkan Anda dalam merawat pleci itu sesuai kebutuhan Anda.