Wednesday, February 17, 2016

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Dari Fisik dan Perilaku

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Dari Fisik dan Perilaku - Burung kicau di Indonesia sangatlah beragam. Banyak penggemarnya yang rela memelihara sampai beberapa pasang burung kicau. Banyaknya pergelaran burung kicau juga menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap burung kicau di Indonesia cukup tinggi. Salah satu yang akan dibahas di sini adalah lovebird. Mempunyai lovebird tentunya juga memungkinkan kita untuk tahu perbedaan lovebird jantan dan betina. Jika masih pemula memang tergolong sulit membedakannya secara sekilas. Tetapi ada rumus-rumus untuk membedakan jenis lovebird ini.

perbedaan lovebird jantan dan betina saat birahi,lovebird jantan atau betina untuk lomba,perbedaan lovebird jantan dan betina anakan,perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino,

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Dengan Mudah?

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Dari Ciri Fisik

Fisik adalah suatu hal yang terlihat. Jadi mencari perbedaan lovebird jantan dan betina dari ciri fisik akan mempermudah Anda dalam membedakannya.

• Ukuran Tubuh

Secara umum, ukuran tubuh lovebird betina justru lebih besar jika dibandingkan dengan lovebird jantan, begitu juga dalam perbedaan lovebird jantan dan betina anakan. Apabila Anda menggenggam burung lovebird, maka burung betina terasa lebih berisi. Namun, perbedaan lovebird jantan dan betina bisa dilihat dari kepalanya, dimana betina justru lebih kecil.

• Bentuk Paruh dan sayap

Untuk paruhnya, burung lovebird betina justru lebih lebar dibandingkan dengan yang jantan. Paruh betina lebih basah sedangkan paruh jantan cenderung kering. Selanjutnya adalah dari sayapnya. Jika sayap burung betina terbuka karena untuk membuat sarang, sayap burung jantan terlihat menyilang.

• Ekor

Perbedaan lovebird jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk ekornya. Apabila burung yang jantan bentuk ekornya adalah lebih cenderung seperti huruf V, lain halnya jika lovebird betina, bentuk ekornya adalah menyerupai huruf U

perbedaan lovebird jantan dan betina saat birahi,lovebird jantan atau betina untuk lomba,perbedaan lovebird jantan dan betina anakan,perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino,

• Panggul

Burung lovebird betina nantinya akan bertelur, sehingga ukuran panggulnya secara otomatis juga terlihat lebih lebar. Tentu menjadi perbedaan yang bisa kita lihat juga, karena sudah lahiriah bahwa yang bertelur adalah burung betina.

• Jarak antara kaki

Perbedaan lovebird jantan dan betina dengan jarak kaki ini bisa dilihat ketika kedua burung ini sedang bertengger. Jika yang betina jarak kakinya lebih lebar atau lebih ngangkang dibandingkan yang jantan.
Nah, itulah beberapa perbedaan lovebird jantan dan betina berdasarkan ciri fisik yang dimiliki oleh kedua jenis burung tersebut. Selain ciri fisik, bisa juga diidentifikasi dengan ciri perilakunya. Hal ini cukup memudahkan Anda sebagai salah satu cara ternak lovebird.

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Dari Perilaku

Ciri perilaku kadang justru lebih mudah kita lihat, karena ini sebagai kebiasaan-kebiasaan masing-masing burung setiap harinya. Jadi, perbedaan jenis lovebird tersebut tidak hanya berdasarkan ciri fisik saja, perilaku pun bisa kita lihat dengan mata telanjang.

• Membuat sarang

Pada perbedaan lovebird jantan dan betina berdasarkan bentuk sayap, sayap burung betina lebih terbuka karena memudahkan dalam membuat sarang. Ternyata, yang lebih rajin dalam pembuatan sarang serta membawa bahan-bahannya adalah burung betina juga. Lovebird betina juga terkesan lebih melindungi sarang apalagi jika di dalam sarang terdapat anak-anaknya. Jika ada benda asing di dalam sarang maka lovebird betina akan mematuk-matuk dengan paruhnya.

perbedaan lovebird jantan dan betina saat birahi,lovebird jantan atau betina untuk lomba,perbedaan lovebird jantan dan betina anakan,perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino,

• Ketika sudah berjodoh

Ciri atau tanda kedewasaan lovebird bisa kita lihat dari burung jantan yang agresif. Dia merasa sudah ingin memberi makan untuk anak-anaknya, jadi dia akan berusaha melolohkan makanan pada paruh betina. Kemudian lovebird betina akan membuka-buka sayapnya. Ini adalah perbedaan lovebird jantan dan betina yang bisa dilihat dengan jelas ketika lovebird jantan dan betina memang sudah dewasa.

• Sifat Aktif atau Pemalas

Ketika sedang makan, lovebird jantan lebih aktif jika dibandingkan dengan lovebird betina. Lovebird betina cenderung bermalas-malasan. Biasanya perbedaan lovebird jantan dan betina yang ini juga mudah diamati. Jadi, secara umum lovebird betina adalah lebih tenang sedangkan lovebird jantan aktif dan agresif.

• Caranya Ngekek

Tahukah Anda bahwa perbedaan antara burung lovebird jantan dan betina pada ngekeknya lovebird jantan ternyata lebih pendek dibandingkan dengan lovebird betina.

Itulah beberapa perbedaan lovebird jantan dan betina secara umum yang bisa menjadi pemahaman kita bersama. Bagi yang sudah berpengalaman dalam memelihara lovebird, ciri tersebut sudah menjadi halnya biasa mereka ketahui, tetapi bagi yang masih pemula memang membutuhkan panduan. Tetapi ciri tersebut hanya secara umum saja, jadi tidak menutup kemungkinan nantinya terdapat sedikit perbedaan.